7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kamu Bahagia hingga Awet Muda

Penulis: Editor Kapanlagi.com

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kamu Bahagia hingga Awet Muda ilustrasi tubuh sehat (credit: shutterstock)

Kapanlagi.com - Saat ini kita telah memasuki bulan Ramadhan. Dan tentunya di bulan Ramadhan, sebagai umat islam kita melakukan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Dari terbit fajar sampai terbenam matahari, kita berpuasa menahan diri dari makan dan minum. Tak hanya itu, kita juga belajar untuk menahan diri dari segala hal-hal buruk yang dapat membatalkan puasa.

Terlepas dari menahan makan atau minum, puasa sendiri memberikan banyak manfaat bagi kita. Selain mendapatkan pahala, ternyata puasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, apa saja manfaatnya? Berikut 7 manfaat puasa bagi kesehatan.

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

ilustrasi menurunkan penyakit jantung (credit: shutterstock)

Manfaat pertama puasa bagi tubuh kita yakni meningkatkan kesehatan jantung. Dilansir dari alodokter, menurut sebuah penelitian, mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58% lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak. Selain itu, berpuasa juga dapat membantu mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang kita tau, kedua hal itu adalah penyebab penyakit jantung.

Namun, tentu saja untuk mencegah penyakit jantung selain dengan berpuasa, kalian juga harus mengimbanginya dengan memerhatikan asupan makanan selama puasa.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tak hanya menurunkan resiko penyakit jantung, puasa juga dapat membantumu menurunkan berat badan. Selain memang berat badan akan turun karena kita tidak mendapatkan asupan kalori saat puasa, juga karena saat puasa tubuh akan membakar lemak yang diubahnya menjadi sumber energi. Termasuk lemak yang berlebih di sekitar organ, seperti ginjal maupun hati yang dapat mengganggu fungsi organ tersebut. Pembakaran lemak inilah yang dapat membantu menurunkan berat badan pada tubuh kita.

Terlebih, menurut para ahli, dalam jangka panjang, jika kita melakukan puasa dengan benar dan secara continue dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme secara keseluruhan.

3. Turunkan Gula Darah

Manfaat berpuasa selanjutnya yakni dapat membantu menurunkan gula darah. Dilansir dari doktersehat, puasa dapat menurunkan kadar gula darah lebih dari 30% di beberapa hari pertama yang mana bagi penderita yang memiliki kadar gula yang tinggi penurunan tersebut cukup signifikan. Namun, juga harus diperhatikan bahwa kadar gula di tubuh haruslah tetap stabil karena kelebihan ataupun kekurangan kadar gula darah dalam tubuh sama-sama tidak baik.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

ilustrasi bahagia (credit: shutterstock)

Selain memberikan manfaat secara fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Puasa dapat mencegah depresi dan juga gangguan kecemasan, selain itu menurut sebuah studi puasa dapat membuat tubuh memproduksi banyak endorphin atau hormon yang membuat bahagia. Sehingga dapat meningkatkan mood kita dan membuat kita merasa bahagia.

Namun, efek tersebut tak serta merta dirasakan saat menjalani puasa di hari pertama. Biasanya efek tersebut akan dirasakan sekitar 3-4 hari setelah berpuasa karena tubuh juga memerlukan adaptasi.

5. Membuang Racun Dalam Tubuh

Selanjutnya, puasa juga bermanfaat membuang racun dalam tubuh. Dengan tidak mengonsumsi apapun selama berpuasa, tubuh akan berkonsentrasi pada pembuangan racun karena kita memberikan kesempatan sistem pencernaan untuk beristirahat sejenak.

Selain itu, saat tubuh membakar lemak untuk dijadikan energi, ia juga sekaligus akan membakar racun berbahaya yang ada pada lemak yang tersisa.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain dari berpuasa yakni meningkatkan fungsi otak. Menurut ahli, puasa dapat menyebabkan pelepasan BDNF (brain-derived neurothropic factor) di otak yang mana dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak serta dapat meningkatkan fungsinya.

Terlebih, BDNF sendiri juga dapat melindungi sel-sel otak serta dapat mengurangi depresi sekaligus resiko terkena demensia atau pikun.

7. Awet Muda

Manfaat terakhir dan juga banyak diidam-idamkan banyak orang yakni awet muda. Dengan berpuasa tubuh kita akan menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolisme dalam tubuh, khususnya saluran pencernaan. Penghentian proses metabolisme inilah yang dapat menghambat penuaan dini. Selain itu, berpuasa juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh secara signifikan sekaligus meningkatkan antioksidan yang juga dapat membuat kita awet muda.

Itulah beberapa manfaat yang berguna bagi tubuh maupun mental kita saat berpuasa. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh saat berpuasa. Tak hanya mendapatkan pahala, namun juga tubuh yang sehat. Semoga Bermanfaat.

 

Penulis: Devi Puspita

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/mag/dev)

Rekomendasi
Trending