7 Obat Cacing Alami yang Aman Dikonsumsi Anak - Orang Dewasa

Selasa, 03 Agustus 2021 18:11 Penulis: Dhia Amira
7 Obat Cacing Alami yang Aman Dikonsumsi Anak - Orang Dewasa
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Cacingan bisa terjadi oleh siapa aja, baik bagi anak-anak hingga orang dewasa. Tentu saja, cacingan bisa sangat mengganggu dan bisa berbahaya, terutama bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saat ini sudah ada beberapa jenis obat cacing yang bisa dikonsumsi. Namun selain itu, kalian juga bisa loh menghilangkan penyakit ini dengan obat cacing alami yang tentunya aman untuk dikonsumsi.

Kalian bisa menemukan obat cacing alami ini dari buah, sayuran, hingga rempah-rempah yang tentunya sangat sehat bagi tubuh. Namun, mengonsumsi obat cacing alami ini juga harus dengan takaran yang tepat ya KLovers, terutama pada anak-anak yang akan mengonsumsinya.

Kira-kira apa saja ya obat alami tersebut? Berikut ini ada 7 obat cacing alami yang aman dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa, yang telah dilansir oleh berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Air Kelapa

Obat cacing alami yang pertama yaitu ada obat cacing dari air kelapa. Ternyata obat cacing sangat baik loh dalam membersihkan racun dari sistem pencernaan dalam tubuh kalian. Bahkan selain mengonsumsi air kelapa, nyatanya minyak kelapa juga baik untuk menghilangkan cacingan, terutama pada anak.

Hal ini karena, dalam minyak kelapa terdapat kandungan berupa asam parasit dan anti bakteri yang mengakibatkan seseorang terkena cacingan. Terutama banyak dialami oleh anak-anak saat masa pertumbuhan. Cara mengonsumsinya juga mudah, kalian hanya perlu mengonsumsi air kelapa muda, ataupun memberikan 1-2 sendok makan minyak kelapa murni di pagi hari.

 

2. Nanas

Kemudian obat cacing alami yang lainnya yaitu ada buah nanas. Ya, buah yang memiliki rasa asam namun segar ini nyatanya dapat mengatasi masalah pencernaan akibat cacing loh KLovers. Ini karena, buah nanas mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain. Enzim ini dikenal dapat membantu dalam pemecahan protein dan memerangi cacingan.

Tak hanya dapat mengatasi cacingan saja, rutin mengonsumsi buah nanas pada takaran yang tepat bisa mengatasi sembelit pada anak ataupun orang dewasa. Sehingga pencernaan kembali lancar dan menghilangkan penyakit-penyakit lainnya yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

 

3. Kunyit

Kunyit memang menjadi salah satu rempah yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan jenis rempah satu ini memang sudah lama dipercaya sebagai jenis obat alami yang sangat baik untuk tubuh. Sehingga tidak heran bila, salah satu manfaat kunyit juga dapat mengatasi masalah cacingan.

Hal ini karena, di dalam kunyit terdapat kandungan berupa anti bakteri dan anti jamur yang bisa mengakibatkan cacingan di dalam tubuh. Selain itu, kunyit juga mengandung empat senyawa lain yang dapat membantu menyingkirkan cacing, dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh parasit pada usus.

 

4. Biji Labu

Sering dibuang secara sia-sia, ternyata biji labu menjadi salah satu obat cacing alami yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa loh KLovers. Hal ini karena, biji labu memiliki kandungan cucurbitacin yang memiliki sifat anti parasit. Sehingga kandungan ini mampu melumpuhkan parasit seperti cacing di dalam tubuh dengan baik dan efektif.

Cara mengonsumsinya juga cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu mencampurkan satu sendok makan biji labu panggang dengan setengah cangkir air dan santan. Minum campuran ini setiap pagi ketika perut kosong selama seminggu. Maka masalah pencernaan yang di akibatkan oleh parasit dapat di atasi dengan baik.

 

5. Bawang Putih

Kemudian ada pula bawang puting yang menjadi salah satu obat cacing alami untuk tubuh. Bawang putih memang menjadi salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya masalah pencernaan yang diakibatkan oleh parasit. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang membantu menyingkirkan cacing dari perut.

Cara mengonsumsi juga mudah, untuk anak-anak kalian hanya perlu mencampurkan bawang putih ke dalam makanan dalam takaran yang tepat. Bila untuk orang dewasa, kalian hanya perlu mengunyah bawang putih mentah atau mengonsumsi minuman teh yang dicampur beberapa siung bawang putih. Konsumsi setiap hari dalam perut kosong selama 1 minggu untuk menyembuhkan cacingan.

 

6. Petai

Selanjutnya ada petai yang menjadi obat cacing alami. Petai di sini menjadi petai biasa dan juga petai cina. Hal ini karena petai cina memiliki efek detoksifikasi yang tak hanya mengeluarkan racun, namun juga dapat membasmi cacingan.

Selain itu, petai cina juga memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang berperan penting dalam mengeluarkan cacing di dalam tubuh. Cara mendapatkan khasiatnya cukup mudah, kalian hanya perlu mengonsumsi petai cina secara langsung dan rutin untuk mengatasi cacingan.

 

7. Wortel

Dan yang terakhir yaitu, ada obat cacing alami dari wortel. Sayuran yang begitu populer untuk menyehatkan mata ini, nyatanya dapat menyembuhkan cacingan di dalam tubuh loh KLovers. Hal ini karena, wortel kaya akan serat yang mampu membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan meningkatkan pergerakan usus.

Sehingga dengan mengonsumsi wortel juga dapat mendorong cacing parasit keluar dari usus. Kalian bisa mengonsumsi wortel secara langsung sebanyak dua kali sehari sebagai obat cacing alami. Bisa dijadikan jus ataupun sup hangat yang segar.

Itulah 7 obat cacing alami yang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Makanan alami ini tak hanya baik untuk menghilangkan cacingan saja, namun juga dapat menjadi makanan yang sehat untuk tubuh.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI