7 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Pemula Agar Lebih Open Minded

Senin, 14 November 2022 13:22
7 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Pemula Agar Lebih Open Minded
Rekomendasi Buku Filsafat (Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Rekomendasi buku filsafat untuk pemula sering dicari oleh orang-orang yang ingin belajar berpikir kritis. Dengan begitu, seseorang jadi punya kemampuan untuk menunjukkan kualitas positif dalam menghadapi masalah, mengutarakan pemikiran, hingga menanggapi pendapat orang lain.

Sekarang ini, sudah banyak rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang bisa kalian temukan. Biasanya, buku semacam ini memiliki gaya bahasa dan analogi yang mudah dipahami. Padahal, filsafat cenderung identik dengan pembahasan yang berat.

Nah, bagi kalian yang ingin menemukan rekomendasi buku filsafat untuk pemula, tak ada salahnya untuk menyimak sejumlah ulasan di bawah ini.

 

1. Dunia Sophie - Jostein Gaarder

Dunia Sophie bukanlah buku yang asing bagi orang-orang yang belajar filsafat. Wajar jika judul ini juga menjadi rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang sering direkomendasikan. Secara garis besar, novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Sophie. Dia bertemu dengan pria misterius bernama Alberto Knox. Pertemuan itu bisa dikatakan sebagai awal mula bagi Sophie untuk mempelajari filsafat.

Melalui penggambaran aktivitas tokoh tersebut, pembaca akan mendapatkan ajaran dan nilai-nilai filsafat. Kalian pun akan mendapat banyak ajaran filsafat abad pertengahan sekaligus keasyikan Sophie dalam mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benaknya. Pada beberapa bagian, mungkin kalian akan menemukan hal yang tidak masuk akal, tapi pada keseluruhan buku ini cukup mudah dipahami.

 

2. Filosofi Teras - Henry Manampiring

Selain judul sebelumnya, ada Filosofi Teras yang juga cukup sering disodorkan sebagai rekomendasi buku filsafat untuk pemula. Kalian akan menemukan penjelasan mengenai Stoisisme atau filosofi Stoa yang merupakan mazhab filsafat dalam menemukan akar masalah dan solusi dari banyaknya emosi negatif. Hal ini berkaitan survei kekhawatiran nasional yang semakin masif.

Melalui Stoisisme atau Filosofi Teras ini, pembaca akan diarahkan dalam mengatasi emosi negatif. Sebagai manusia yang memiliki banyak masalah atau kekhawatiran, ajaran ini cocok untuk diikuti agar lebih tangguh dalam menjalani kehidupan. Apalagi, buku ini memiliki bahasa yang mudah dipahami, tak seperti buku filsafat yang biasanya dianggap berat. Filosofi Teras ini menggunakan analogi kejadian di kehidupan sehari-hari yang tentu saja lebih memudahkan pembaca.

 

3. Dari Socrates ke Satre - T. Z. Lavine

Selanjutnya, ada rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang berjudul Dari Socrates ke Satre. Buku yang ditulis oleh T. Z. Lavine ini cocok bagi kalian yang mengenal pemikiran para filsuf dari zaman ke zaman. Kalian akan menemukan pembahasan tentang filsafat barat di era Plato hingga akhirnya pada saat paham Marxisme mulai mendominasi sepertiga dunia.

Secara garis besar, buku ini berisi tentang pembahasan kehidupan filsuf Barat dalam lingkungan historis dan intelektual yang memengaruhi pandangan dan pemikiran para filsafat tersebut. Isinya yang runtut membuat buku ini cocok dibaca oleh kalian yang baru mempelajari filsafat.

 

4. Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa - Setyo Hajar Dewantoro

Rekomendasi buku filsafat untuk pemula selanjutnya adalah Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa. Buku yang ditulis oleh Setyo Hajar Dewantoro ini mengandung banyak pelajaran bagaimana agar seseorang menjalani hidup tenteram, damai, dan tenang dalam menghadapi sebuah masalah.

Judul "Suwung" merujuk pada arti kosong. Oleh karena itu, buku ini juga memiliki penjelasan mengenai teknik meditasi, seperti meditasi air suci dan penyembuhan diri agar kehidupan yang dijalani menjadi lebih bahagia. Bagaimana, tertarik untuk membacanya?

 

5. Philosophy 101 - Paul Kleinman

Masih ada lagi rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang bisa kalian baca. Buku yang berjudul Philosophy 101 ini berisi kajian filsafat secara ringkas dan ringan sehingga mudah untuk dipahami. Oleh karena itu, buku ini cocok untuk pemula yang ingin menemukan kursus jalur cepat mengenai filsafat.

Karena bisa memberikan pemahaman dengan baik, buku ini layak disebut sebagai pengantar ilmu filsafat secara umum sekaligus perkembangan pemikirannya.

 

6. Sejarah Filsafat - A. C. Grayling

The History of Philosophy atau Sejarah Filsafat juga menjadi salah satu rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang sayang untuk dilewatkan. Kalian akan menemukan beberapa penjelasan mengenai sejarah perkembangan aliran filsafat dari berbagai negara. Kelebihan buku ini terletak pada gaya bahasa yang mudah dipahami.

Saat membaca, kalian akan diantar untuk memahami filsafat di zaman Buddha, Konfusius, dan Socrates melalui penangkapan pikiran Eropa oleh agama Kristen, dari Renaisans dan Pencerahan hingga Mill, Nietzsche, Sartre dan, akhirnya, filsafat hari ini. Secara praktis, buku ini akan membantu kalian dalam memahami sejarah perkembangan pemikiran filsafat yang berdasar pada penelitian dan survei yang mendukung.

 

7. Madilog - Tan Malaka

Bagi kalian yang tertarik dengan sosok Tan Malaka, tokoh penting Indonesia yang memiliki gagasan tentang kebangsaan, Madilog menjadi buku yang cocok untuk kalian baca. Apalagi, dia juga menjadi orang pertama yang menulis konsep Republik Indonesia dalam buku berjudul Naar de Republiek Indonesia tahun 1925. Selanjutnya, buku ini juga menginspirasi Ir. Soekarno dalam memulai perjuangan.

Tak heran, jika ini juga disodorkan kepada kalian saat ingin mencari rekomendasi buku filsafat untuk pemula. Buku yang dahulu sempat dilarang ini akan membantu kalian untuk berpikir kritis, rasional, serta penuh pertimbangan.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku filsafat untuk pemula agar lebih open minded.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI