7 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Pemula yang Ingin Belajar Berpikir Kritis

Selasa, 25 Oktober 2022 20:44
7 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Pemula yang Ingin Belajar Berpikir Kritis
(Credit: goodreads.com/mizanstore.com)


Kapanlagi Plus - Filsafat sering kali dianggap sebagai teori yang mendasari alam pikiran manusia. Oleh karena itu, terkadang ilmu ini juga dianggap rumit dan sulit dipahami. Meski begitu, tetap ada yang penasaran dan mulai mencari rekomendasi buku filsafat.

Jika belum pernah mempelajari sebelumnya, alangkah lebih baik jika kalian mencoba untuk membaca rekomendasi buku filsafat untuk pemula. Buku filsafat untuk pemula biasanya memiliki gaya pembahasan yang cukup mudah dipahami.

Nah, jika penasaran dengan rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang ingin belajar berpikir kritis, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Filosofi Teras - Henry Manampiring

Jika kalian seorang pemula yang sedang mencari rekomendasi buku filsafat, silakan baca Filosofi Teras. Awalnya, kalian akan menemukan pembahasan mengenai survei kekhawatiran nasional yang semakin masif. Selanjutnya, pemaparan Stoisisme atau filosofi Stoa juga akan kalian temukan dalam buku ini. Filosofi tersebut disebut mazhab filsafat dalam menemukan akar masalah dan solusi dari banyaknya emosi negatif.

Stoisisme atau dalam buku ini disebut Filosofi Teras merupakan filsafat Yunani-Romawi Kuno yang dapat membantu seseorang dalam mengatasi emosi negatif. Dengan begitu, kalian akan jadi manusia yang lebih tangguh dalam menjalani kehidupan yang tentu saja memiliki banyak permasalahan. Tak seperti buku filsafat lain yang dianggap berat, Filosofi Teras menggunakan analogi kejadian di kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasanya pun cukup mudah dipahami.

 

2. Dunia Sophie - Jostein Gaarder

Saat bicara soal rekomendasi buku filsafat, Dunia Sophie menjadi salah satu judul yang banyak disebutkan. Wajar jika mungkin kalian pun sudah tak asing lagi mendengarnya. Saking populernya, buku ini juga diterjemahkan ke dalam 53 bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia. Dunia Sophie merupakan novel yang berkisah tentang seorang gadis remaja bernama Sophie. Kemudian, dia bertemu dengan seorang pria misterius bernama Alberto Knox.

Pertemuan itu membuat Sophie mulai mengenal, memahami nilai-nilai, dan menerapkan filsafat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kalian bisa cukup mudah menangkap pengetahuan mengenai filsafat melalui tokoh ini. Pelajaran yang bisa kalian dapatkan antara lain, filsafat abad pertengahan dan cara Sophie mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benaknya. Bagaimana, tertarik membacanya?

 

3. Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa - Setyo Hajar Dewantoro

Selanjutnya, ada rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang berjudul Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa. Saat membacanya, kalian akan menemukan banyak pelajaran mengenai hidup tenteram, damai, dan tetap tenang dalam menghadapi sebuah masalah.

Suwung sebagai judul buku berarti kosong. Kalian juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai teknik meditasi, seperti meditasi air suci dan penyembuhan diri agar kehidupan yang dijalani menjadi lebih bahagia.

 

4. Pengantar Filsafat - K. Bertens, Johanis Ohoitimur, Mikhael Dua

Pengantar Filsafat merupakan rekomendasi buku filsafat yang cocok bagi kalian yang ingin mulai mempelajarinya secara umum. Seperti judulnya, buku ini akan mengantarkan kalian ke arah belajar yang lebih serius lagi.

Meski begitu, buku ini juga berisi penjelasan mengenai pandangan filsafat secara komprehensif. Selain itu, penjelasannya pun mudah dipahami karena materi dan bahasanya cukup ringan. Oleh karena itu, buku ini disebut cocok bagi pemula yang berniat mendalami filsafat.

 

5. Sejarah Filsafat - A. C. Grayling

Setelah mempelajari pengantar filsafat, tak ada salahnya bagi kalian untuk membaca Sejarah Filsafat. Rekomendasi buku filsafat ini berisi penjelasan mengenai sejarah perkembangan aliran filsafat dari berbagai negara. Kalian akan diajak menelusuri berbagai zaman, mulai dari zaman Buddha, Konfusius, dan Socrates melalui penangkapan pikiran Eropa oleh agama Kristen, dari Renaisans dan Pencerahan hingga Mill, Nietzsche, Sartre dan, akhirnya, filsafat hari ini.

Tak hanya itu, kalian juga akan menemukan penjelasan mengenai tradisi filosofis besar India, Cina, dunia Persia-Arab, dan lain sebagainya. Pembahasan dalam buku ini dikemas dengan cukup ringan sehingga mudah untuk dipahami.

 

6. Philosophy 101 - Paul Kleinman

Bicara soal rekomendasi buku filsafat, Philosophy 101 jelas menjadi judul yang cocok untuk kalian baca. Jika buku filsafat biasanya dianggap agak berat dan membosankan, buku ini justru memuat kajian filsafat secara ringkas dan ringan.

Saat membaca buku ini, kalian bisa dibilang seperti sedang menempuh kursus jalur cepat. Karena gaya dan bahasa yang ringan, buku ini bisa memberikan pemahaman dengan baik.

 

7. Dari Socrates ke Satre - T. Z. Lavine

Masih ada lagi rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang tak boleh kalian lewatkan. Buku yang berjudul From Socrates to Satre (Dari Socrates ke Satre) ini berisi pembahasan yang bisa kalian anggap sebagai pengantar untuk mengenal pemikiran para filsuf dari zaman ke zaman. Kalian akan diajak untuk memahami perkembangan filsafat barat di era Plato hingga paham Marxisme yang mulai mendominasi sepertiga dunia.

Secara garis besar, kalian akan menemukan bahasan mengenai kehidupan filsuf Barat dalam lingkungan historis dan intelektual yang akhirnya berpengaruh pada pandangan dan pemikiran para filsafat tersebut. Buku ini cocok bagi kalian yang ingin mulai mengenal pemikiran para filsuf secara runtut.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku filsafat untuk pemula yang ingin belajar berpikir kritis.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI