7 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Sayang Jika Dilewatkan, Berbagai Genre Termasuk Anime

Minggu, 20 Februari 2022 11:44
7 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Sayang Jika Dilewatkan, Berbagai Genre Termasuk Anime
Rekomendasi film Jepang Terbaik (credit: idmb)


Kapanlagi Plus - Tak hanya kartun atau animenya saja, industri perfilman Jepang ternyata juga menarik untuk diikuti. Ada beberapa rekomendasi film Jepang terbaik yang sempat mencuri perhatian pada masa penayangannya. Bahkan tak sampai di situ saja, beberapa film terbaik dari Jepang juga ada yang masih jadi bahan perbincangan sampai saat ini.

Rekomendasi film Jepang terbaik mempunyai cerita yang menarik dan seru untuk ditonton. Film Jepang kerap menyelipkan unsur sejarah hingga budaya dan kebiasaan masyarakat Jepang sehari-hari. Inilah yang membuat film-film Jepang unik dan menarik untuk disimak. Selain itu, aksi dan pesona para aktor aktrisnya juga tak kalah memesona jika dibanding pemain film hollywood atau Korea.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi film Jepang yang sayang untuk dilewatkan.

1. SHOPLIFTERS

SHOPLIFTERS menjadi salah satu rekomendasi film Jepang yang wajib kalian tonton. Film ini merupakan karya sutradara terkenal Hirokazu Koreeda yang memang dikenal sebagai spesialis pembuat film tema keluarga. Begitu pula dengan SHOPLIFTERS yang mengangkat cerita tentang kehidupan keluarga miskin di pinggiran kota Tokyo.

Film SHOPLIFTERS bercerita tentang satu keluarga yang karena saking miskinnya, harus mencuri untuk sekadar bertahan hidup. Sebuah kisah keluarga pilu yang bisa membuat penonton turut merasa ngilu sekaligus sedih. Cerita dan pengambilan gambar yang indah telah mengantarkan SHOPLIFTERS memenangi penghargaan Palme d'Or pada Cannes Film Festival 2018,

2. HONEY LEMON SODA

Rekomendasi film Jepang terbaik berikutnya masih terbilang baru karena baru dirilis pada 2021 lalu. Film berjudul HONEY LEMON SODA ini berkisah tentang dua tokoh sepasang kekasih bernama Uka Ishimori dan Kai Miura. HONEY LEMON SODA menggambarkan romantisme masa remaja.  

Dikisahkan, di sebuah sekolah terdapat seorang murid perempuan pemalu bernama Uka. Di masa lalu, Uka mempunyai sebuah trauma yang membelenggu dirinya. Di sekolah yang sama terdapat murid laki-laki berambut kuning segar seperti lemon. Dia adalah Kai Miura. Berkebalikan dengan Uka, Kai merupakan murid populer di sekolahnya. 

Walaupun punya sifat yang berbeda, ternyata kedua murid ini justru saling memendam rasa suka. Hingga akhirnya, keduanya menjalin hubungan spesial. Untuk tahu cerita lebih lanjutnya, langsung saja tonton HONEY LEMON SODA.

3. WHAT DID YOU EAT YESTERDAY?

Sebuah film Jepang berjudul WHAT DID YOU EAT YESTERDAY? juga patut masuk ke dalam daftar tontonan. WHAT DID YOU EAT YESTERDAY? bercerita tentang pasangan gay bernama Kakei Shiro dan Yabuki Kenji. Kakei Shiro adalah seorang pengacara, sedangkan Yabuki Kenji merupakan seorang penata rambut. Keduanya punya tradisi untuk makan bersama.

Kakei Shiro dan Tabuki Kenji tak pernah mengungkap hubungan mereka pada siapapun. Bahkan, termasuk pada orangtua Kakei Shiro yang mengetahui bahwa anaknya seorang gay. Lantas, apakah rahasia mereka akan terbongkar? Dan bagaimana kelanjutan hubungan mereka? Kalau penasaran, langsung saja tonton WHAT DID YOU EAT YESTERDAY?

4. MY TOMMOROW, YOUR YESTERDAY

Rekomendasi film Jepang yang keempat berjudul My TOMMOROW, YOUR YESTERDAY. Film My TOMMOROW, YOUR YESTERDAY bercerita tentang kehidupan dua karakter utama yang menjalani hidup di dua waktu berbeda. Kedua karakter ini, hanya akan bertemu tiap lima tahun sekali.

Namun sayangnya, pertemuan yang langka itu jadi hal yang justru memilukan. Sebab, apapun usaha yang mereka lakukan, mereka tak akan pernah bisa bersatu. Terdengar menyedihkan bukan? Ya, kalau memutuskan menonton film Jepang ini, patikan untuk menyediakan tisu. Pasalnya, cerita My TOMMOROW, YOUR YESTERDAY yang sedih dijamin bakal membawa hatimu ikutan sedih sekaligus nyesek.

5. MY NEIGHBOR TORORO

Sudah jadi rahasia umum kalau industri perfilman Jepang terkenal dengan animenya. Maka dari itu, rasanya tak akan lengkap membahas rekomendasi film Jepang tanpa memasukkan anime di dalamnya. Nah, salah satu anime yang wajib banget ditonton adalah MY NEIGHBOR TORORO.

Diproduksi oleh studio Gibli pada 1988 silam, sampai sekarang MY NEIGHBOR TORORO masih jadi salah satu anime terbaik sepanjang masa. Karakter rekaan Tororo yang lucu juga masih menjadi ikon anime Jepang paling populer. 

MY NEIGHBOR TORORO bercerita tentang dua anak perempuan, Satsuki dan Mei yang baru saja pindah ke sebuah desa. Di dekatnya, Mei berjumpa dengan Tororo makhluk misterius sekaligus ajaib yang jenaka. Satsuki akhirnya juga berjumpa dengan Tororo. Hingga akhirnya, Satsuki dan Mei dengan Totoro berteman dan melakukan banyak hal-hal ajaib bersama.

6. SPIRITED AWAY

Film animasi produksi studio Gibli lainnya yang tak kalah populer adalah SPIRITED AWAY. Film animasi ini juga termasuk salah satu film terlaris sepanjang masa di perfilman Jepang. Tak sampai disitu, SPIRITED AWAY juga pernah memenangkan kategori Best Animated Feature pada ajang pengharfaan Oscar.

SPIRITED AWAY punya cerita yang tak kalah menarik dibandingkan MY NEIGHBOR TORORO. Anime ini berkisah tentang petualangan seorang anak perempuan bernama Chihiro. Namun petualangan Chihiro berbeda dengan petualangan lainnya. Misi Chihiro adalah untuk mengubah kembali kedua orang tuanya yang dikutuk menjadi seekor babi akibat sifatnya yang terlalu serakah. Kira-kira berhasilkan Cihiro melakukannya?

7. KIMI NO NAWA

Film Anime yang masih tergolong baru dan patut masuk ke jajaran rekomendasi film Jepang terbaik adalah KIMI NO NAWA atau YOUR NAME. Film yang dirilis 2016 silam ini mempunyai genre romantis dan fantasi. KIMI NO NAWA bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Mitsuha Miyamizu yang secara ajaib dan tiba-tiba  bertukar tubuh dengan laki-laki bernama  Taki Tachibana.

Padahal, Mitsuha dan Taki tidak saling mengenal. Mereka juga tinggal berjauhan, Taki tinggal di Tokyo, sementara Miyamizu tinggal di sebuah desa. Mereka pun akhirnya mencari satu sama lain. Namun di tengah pencarian itu, mereka menjumpai sebuah misteri besar yang perlahan terungkap terkait pertukaran tubuh mereka. 

Itulah di antaranya sederet rekomendasi film Jepang terbaik yang wajib kalian tonton. Gimana, kira-kira tertarik nonton yang mana?

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI