7 Rekomendasi Novel Islami Romantis yang Menyentuh Hati, Wajib Dibaca!

Jum'at, 28 Oktober 2022 11:22
7 Rekomendasi Novel Islami Romantis yang Menyentuh Hati, Wajib Dibaca!
(Credit: Instagram/goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Novel sering kali dianggap sebagai hiburan di waktu luang. Di Indonesia, cukup banyak rekomendasi novel Islami yang diproduksi. Biasanya novel itu berangkat dari realitas umat muslim dalam menjalani kehidupan.

Oleh karena itu, banyak pula rekomendasi novel Islami romantis. Relasi antara laki-laki dan perempuan yang mengarah ke hubungan asmara akan lebih menarik jika dikemas dengan nuansa agama islam.

Nah, jika kalian sedang bosan dan butuh hiburan yang inspiratif, tak ada salahnya menyimak informasi mengenai rekomendasi novel Islami romantis berikut ini.

 

1. Bidadari Bermata Bening - Habiburrahman El Shirazy

Bidadari Bermata Bening merupakan rekomendasi novel Islami karya Habiburrahman El Shirazy. Novel ini bercerita tentang seorang santriwati yang miskin bernama Ayna. Dia merupakan anak yang cerdas, sabar, dan kuat dalam menghadapi ujian hidup. Ternyata, dia menyimpan perasaan kepada Gus Afif yang akan melanjutkan pesantren.

Sayangnya, cintanya mengalami banyak rintangan karena dia terpaksa menikah dengan seorang konglomerat bernama Yoyok. Yoyok merupakan orang yang tak pernah beribadah, malah mabuk-mabukan dan korupsi. Ayna pun kabur dan hidup susah. Sementara itu, Gus Afif ternyata memilih hidup sederhana di Bogor. Bagaimana kisah mereka akan berlanjut?

 

2. Layangan Putus - Mommy ASF

Kalian pernah mendengar cerita viral tentang ibu dari 4 anak yang ditinggal menikah kembali oleh suaminya? Ya, kisah itu yang kemudian diangkat menjadi novel Layangan putus. Rekomendasi novel Islami ini bercerita tentang Kinan, remaja polos yang menemukan cinta di kota besar. Dia bertemu dan akhirnya menikah dengan Aris, lelaki mandiri dan tangguh.

Kinan pun melepaskan impiannya untuk menjadi wanita karier karena lebih memilih untuk merawat keluarga. Kinan menyimpan keinginannya untuk berkunjung ke Capadocia. Namun, dia malah mengetahui bahwa sang suami sudah pergi ke sana dengan perempuan lain? Lalu, apa yang terjadi dengan kisah mereka selanjutnya?

 

3. Ayat-Ayat Cinta - Habiburrahman El Shirazy

Bicara soal rekomendasi novel Islami, Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy jelas tak boleh dilewatkan. Novel yang memiliki setting di Universitas Al-Azhar, Mesir ini berkisah tentang perjalanan hidup Fahri. Sebagai lelaki yang cerdas, shalih, dan terpelajar, Fahri pun disukai banyak perempuan. Akhirnya, dia menjatuhkan pilihan kepada Aisyah.

Tak melulu kisah asmara, novel ini juga mengandung pesan toleransi. Selain itu, ada pula bagian yang mengangkat isu kekerasan terhadap perempuan.

 

4. Surga yang Tak Dirindukan - Asma Nadia

Selanjutnya, ada rekomendasi novel Islami yang berjudul Surga yang Tak Dirindukan. Novel ini berisi kisah tentang kehidupan dua perempuan yang memiliki karakter berbeda. Meski awalnya punya kehidupan yang berbeda dan tak saling kenal, mereka akhirnya dipertemukan karena menikahi laki-laki yang sama.

Perempuan pertama bernama Arini, seorang penulis yang cerdas dan shalih. Perempuan kedua bernama Mei Rose, seorang non muslim perawakan tionghoa yang hidup di bawah kerasnya penderitaan. Mereka berdua menikah dengan laki-laki bernama Andika Prasetya. Poligami menjadi isu besar yang diangkat dalam cerita ini.

 

5. Hijrah Itu Cinta - Abay Adhitya

Hijrah Itu Cinta juga menjadi salah satu rekomendasi novel Islami yang bisa kalian baca. Tokoh utama dalam novel ini bernama Senja dan Satria yang saling menyukai. Namun, Satria malah menjebak Senja di sebuah hotel. Untungnya, Senja berhasil kabur dan menghindari hal tak tak dia inginkan.

Suatu hari, Senja mendapatkan surat wasiat dari mendiang ayah kandungnya. Dalam surat itu tertulis tentang pertobatan dari perbuatan zina. Senja pun mengajak Satria untuk berhijrah. Namun, teman lamanya yang bernama Fajar tiba-tiba datang ke kehidupannya.

 

6. Shaf - Ima Madani

Jika kalian mencari rekomendasi novel Islami, silakan baca Shaf. Tokoh dalam novel ini bernama Shafira, seorang perempuan yang bekerja sebagai sekretaris Athaya Khalil Adnan. Menjalani pekerjaan itu, dia berada dalam stigma sebagai orang yang harus menuruti semua kemauan atasan.

Selain stigma negatif yang melekat pada profesinya, kesulitan Shafira bertambah karena karakter dan kebiasaan Athaya sangat kontradiksi dengan prinsip-prinsip Islam yang dia pegang. Lalu, bagaimana jika makhluk yang memiliki karakter bertolak belakang itu ternyata memiliki takdir yang sama?

 

7. Assalamualaikum Beijing! - Asma Nadia

Mengangkat ide cinta beda agama, rekomendasi novel Islami yang berjudul Assalamualaikum Beijing! ini cukup menarik untuk dibaca. Novel karya Asma Nadia ini berkisah tentang tokoh Zhongwen dan Asma yang saling jatuh cinta. Mereka saling mencintai, tapi terhalang dengan perbedaan keyakinan.

Selanjutnya, Zhongwen memutuskan untuk menjadi mualaf, tapi ada permasalahan lain yang muncul. Mungkin, kisah akan akan terasa relatable untuk kalian yang pernah mengalami kisah serupa.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi novel Islami romantis yang berangkat dari realitas kehidupan sehari-hari. Kisahnya yang dikemas secara menarik ini cocok jadi hiburan inspiratif untuk kalian yang memang sedang memiliki waktu luang.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI