7 Tips Memilih Tempat Belanja Online Aman dan Terjamin

Jum'at, 28 Desember 2018 00:01 Penulis: Winda Carmelita
7 Tips Memilih Tempat Belanja Online Aman dan Terjamin
© videoblocks.com

Kapanlagi Plus - Riset teranyar Google dan Temasek Holding yang dirilis pada 27 November 2018 lalu menyatakan nilai e-commerce nasional Indonesia melonjak drastis hingga USD12,2 miliar. Padahal, pada tahun 2015 nilainya baru USD1,7 miliar. Fakta ini semakin mengukuhkan posisi e-commerce sebagai kontributor terbesar penggerak ekonomi digital nasional.

Maka, wajar jika banyak pihak menilai belanja online adalah gaya hidup terkini masyarakat modern. Berburu promo, kode voucher seperti voucher Bukalapak, hingga potongan harga jadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan menyenangkan ini. Apalagi, kehadiran festival belanja seperti 11.11 dan Harbolnas juga membuat hasrat belanja semakin menguat.

Namun, ternyata masih ada sebagian orang yang ragu untuk membeli sesuatu secara online. Pengalaman bertemu dengan penjual yang tidak ramah, barang sampai terlambat, barang rusak atau tidak sesuai pesanan, sampai penipuan kerap menjadi alasan mengapa mereka lebih nyaman berbelanja langsung di toko.

Jika Anda ingin meyakinkan keluarga, teman, atau kerabat untuk mulai belanja online lagi, maka sampaikan 7 tips memilih tempat belanja online yang aman dan terjamin berikut ini.

Punya reputasi baik

Untuk mengetahui apakah tempat belanja online ini punya reputasi baik, Anda bisa berbekal rating aplikasi Android di Google PlayStore. Bisa juga dengan googling dan mengetikkan nama e-commerce tersebut. Sebagai contoh, beberapa e-commerce teratas di Indonesia adalah Tokopedia, Lazada, Shopee, BliBli, dan Bukalapak.

Tampilan situs atau aplikasi tampak profesional

© shutterstock.com© shutterstock.com

Ini juga bisa menjadi tips untuk mengetahui apakah tempat belanja online itu aman. Dengan tampilan yang profesional, selain membuat Anda mudah melakukan transaksi, juga memberikan citra positif pada perusahaan e-commerce tersebut. Anda juga lebih percaya pada apa yang dilihat kan? Meski pepatah berkata ‘Don't judge a book by its cover,' tetapi dalam belanja online orang justru menilai sesuatu dari tampilannya.

Review positif dari pengguna

Nah, dalam dunia maya, review positif itu sangat berarti. Tidak hanya meyakinkan orang untuk berbelanja di suatu toko, tetapi juga mendorong orang untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang ditawarkan oleh penjual. Jika teman Anda bingung mulai belanja online di mana, rekomendasikan saja aplikasi aggregator diskon seperti Shopback untuk mengetahui daftar tempat belanja populer.

Punya penawaran promo menarik

© videoblocks.com© videoblocks.com

Siapa yang tergiur dengan promo menarik? Ajak teman atau keluarga mengecek promo Bukalapak terbaru di ShopBack. Bisa saja ada beberapa voucher Bukalapak yang menarik perhatian mereka dan mendorong untuk berbelanja langsung di situs atau aplikasi tersebut. Ini sekaligus membuktikan bahwa belanja online murah tetap aman karena tahu harus mencari rekomendasi promo ke mana.

Harga yang ditawarkan masuk akal

Memang sudah jadi rahasia umum bahwa harga barang yang dijual online itu jauh lebih murah daripada di toko ritel. Namun, murah bukan berarti murahan. Meski di bawah harga pasaran, nilai yang ditawarkan masih masuk akal dan kualitas produk juga tetap terjaga. Jadi, jangan sampai teman atau keluarga Anda terlalu bergembira karena menemukan penawaran sangat murah tanpa mengecek lebih dulu.

Beragam pilihan metode pembayaran

Tempat belanja online yang aman pasti punya beragam pilihan metode pembayaran. Misalnya, setelah mengaplikasikan voucher Bukalapak, Anda akan dialihkan pada halaman pembayaran. Lalu, Anda dapat memilih satu dari sekian metode pembayaran. Misalnya, Anda bisa membayar dengan BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks, kartu debit/kredit berlogo VISA/MasterCard, transfer bank/ATM, hingga pembayaran di gerai Indomaret.

Jaminan 100% uang kembali ke saldo BukaDompet pembeli menjadi tambahan keamanan jika pelapak tidak mengirim barang Anda dalam waktu 2x24 jam setelah pembayaran.

Bisa pilih ekspedisi sesuai keinginan

Selain ragam pilihan metode pembayaran, pilihan ekspedisi juga menjadi faktor penentu apakah tempat belanja online itu aman, hemat  dan terjamin. Misalnya saja Bukalapak punya beberapa jenis opsi ekspedisi tergantung kecepatan pengiriman. Untuk pengiriman cepat dan same day, bisa menggunakan Go-Send atau Grab. Untuk ekspres dan reguler, antara lain JNE, TIKI, J&T, dan SiCepat.

Nah, setelah Anda mengemukakan 7 tips memilih tempat belanja online kepada teman atau keluarga, ajak mereka untuk menggunakan voucher Bukalapak yang diperoleh dari aplikasi promo, diskon, dan kode voucher seperti Shopback. Ayo, bantu mereka memperoleh pengalaman belanja online yang aman, terjamin, dan menyenangkan!

(kpl/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI