7 Tips Menjaga Tumbuh Kembang Anak Saat di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

7 Tips Menjaga Tumbuh Kembang Anak Saat di Tengah Pandemi Corona Covid-19
Ilustasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Pandemi corona covid-19 yang terjadi saat ini membuat kita beserta keluarga harus melakukan social distancing di rumah. Walaupun begitu, menjaga tumbuh kembang anak saat melakukan social distancing di rumah harus tetap di lakukan. Banyak sekali kegiatan yang dapat di lakukan untuk menjaga tumbuh kembang anak selama berada di rumah.

Kalian bisa membuat sebuah agenda harian rutin untuk membantu tumbuh kembang anak selama pandemi terjadi. Banyak sekali kekhawatiran yang terjadi kepada orang tua, keluar dan masyarakat sekitar yang mungkin saja membuat si kecil bingung dengan situasi tersebut. Untuk itu, lakukan beberapa beberapa cara ini agar kalian tetap dapat menjaga tumbuh kembang anak selama social distancing di rumah karena virus corona.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 tips menjaga tumbuh kembang anak di tengah pandemi corona covid-19 yang dapat dilakukan.

 

1. Jadwal Makan dan Gizi

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga tumbuh kembang anak saat social distancing di rumah adalah membuat jadwal makan disertai dengan asupan gizi yang seimbang. Dalam situasi saat ini, memberikan makanan yang terbaik dan mengurangi konsumsi makanan dari luar adalah sebuah keputusan yang bijak.

Kalian dapat membuat jadwal makan harian untuk anak disertai dengan asupan gizi yang seimbang. Saat ini sudah banyak sekali resep-resep online yang memberikan sajian untuk makanan anak yang sehat dan juga bergizi.

Kalian juga dapat membuat cemilan-cemilan sehat selama mereka melakukan social distancing di rumah. Selain dapat membantu tumbuh kembang anak, kita juga dapat menghabiskan waktu dengan mencoba resep-resep sehat saat social distancing.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Memberikan Vitamin

Setelah membuat jadwal makan dan memperhatikan gizi sang anak, kita juga wajib memberikan asupan vitamin untuk anak. Bukan hanya untuk menambah metabolisme dalam tubuh, vitamin juga baik untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Banyak sekali vitamin yang dapat di berikan, seperti suplemen buah dan sayur serta minyak ikan. Kita juga dapat memberikan buah-buahan sebagai cemilan harian untuk menambah vitamin dalam tubuh anak.

3. Aktivitas Fisik Dalam Rumah

Melakukan social distancing di rumah memang sangat membosankan, apalagi untuk anak yang memang harus banyak melakukan aktivitas di alam bebas. Tetapi dalam kondisi seperti ini, tidak mungkin melakukan hal tersebut karena hanya akan membahayakan buah hati saja.

Untuk itu, baik bagi kita tetap mengizinkan anak untuk melakukan aktivitas di dalam rumah saat social distancing berlangsung. Walaupun akan menjadi sebuah kesibukan ekstra untuk kita, tetapi membiarkan anak tetap aktif akan membantu menjaga tumbuh kembang anak saat social distancing berlangsung.

Kalian juga dapat ikut serta sesekali saat anak melakukan aktivitas fisik mereka, atau bisa memberikan ide kreatif lainnya pada anak untuk menambah aktivitas mereka di dalam rumah.

4. Berjemur

Sudah banyak sekali himbauan bahwa ada baiknya kita melakukan kegiatan berjemur saat jam 10 pagi. Lakukanlah cara ini secara rutin bersama anak untuk membantu tumbuh kembang mereka. Bukan hanya dapat membunuh virus-virus beserta bakteri saja, nyatanya sinar matahari juga baik untuk tulang loh.

Dan hal ini dapat menjadi salah satu kegiatan rutin untuk menjaga tumbuh kembang anak selama social distancing di rumah. Tak perlu lama-lama, cukup 10 hingga 15 menit saja. Kalian juga dapat mengajak anak berjemur di pekarangan rumah sambil bermain puzzle atau membacakan buku cerita, agar anak tak merasa bosan atau malas untuk melakukan kegiatan berjemur.

5. Jam Tidur

Dalam situasi seperti ini, mengatur jam tidur siang maupun tidur malam sangat baik dalam menjaga tumbuh kembang anak di saat social distancing. Tidur siang sendiri memiliki banyak manfaat seperti, meningkatkan kreativitas anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, meningkatkan daya ingat dan memperbaiki suasana menjadi baik.

Tetapi jangan terlalu lama ya, cukup 1 jam saja karena bila terlalu lama anak bisa tidak tidur pada malam harinya. Kita juga harus mengatur tidur anak pada malam hari, karena tidur terlalu malam membuat metabolisme dalam tubuh tidak bekerja secara maksimal. Dan hal tersebut sangat tidak baik dalam menjaga tumbuh kembang anak saat social distancing.

6. Tidak Terlalu Memaksa Dalam Belajar

Memaksakan anak untuk terlalu banyak belajar dapat membuat mereka merasa cemas, dan hal ini tidak baik untuk di lakukan dalam menjaga tumbuh kembang anak saat social distancing di rumah. Belajar merupakan hal yang banyak menghabiskan tenaga dalam berpikir. Bila mereka di paksa untuk terus belajar dalam kondisi seperti ini, maka hal tersebut akan menimbulkan kecemasan bagi anak.

Belajar adalah hal yang penting, tetapi tidak untuk terus dilakukan dengan paksaan ya KLovers. Karena hal tersebut tidak baik dalam menjaga tumbuh kembang anak saat social distancing di rumah.

7. Menghabiskan waktu bersama

Cara untuk menjaga tumbuh kembang anak saat social distancing yang terakhir adalah dengan menghabiskan waktu bersama. Dalam situasi seperti ini, menghabiskan waktu bersama anak adalah cara terbaik untuk meningkatkan tumbuh kembang dalam diri anak. Kalian juga dapat membuat daftar apa saja yang harus dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama anak selama social distancing di rumah.

Banyak hal yang dapat di lakukan untuk menghabiskan waktu bersama, seperti bermain puzzle bersama, membaca cerita sebelum tidur dan membuat kerajinan tangan. Atau kalian bisa membuat kue kering, mengajaknya bersih-bersih kamar, menonton film, atau bercerita bersama saat sore hari. Serta masih banyak lagi kegiatan positif yang dapat kalian lakukan bersama anak selama social distancing di rumah.

Itulah 7 tips menjaga tumbuh kembang anak saat social distancing di rumah. Tak hanya baik untuk tumbuh kembang anak, hal-hal di atas juga dapat di jadikan sebuah kegiatan rutin kalian selama social distancing. Semoga tips di atas juga dapat menjadi sebuah wawasan bagi para ibu, terutama untuk ibu-ibu muda. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending