8 Cara Mengembalikan Indra Penciuman dan Perasa yang Hilang Akibat Infeksi Covid-19

Selasa, 06 Juli 2021 17:22 Penulis: Puput Saputro
8 Cara Mengembalikan Indra Penciuman dan Perasa yang Hilang Akibat Infeksi Covid-19
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Hilangnya indra penciuman dan perasa bisa jadi salah satu gejala seseorang terinfeksi virus corona covid-19. Meski tak separah gejala lain seperti demam atau sesak napas, hilangnya kemampuan indra tersebut tentu sangat mengganggu. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat infeksi covid-19, sebagai langkah antisipasi.

Sampai saat ini, kasus covid-19 diketahui terus meningkat. Terbukti, rumah sakit penuh dengan pasien dalam berbagai kondisi. Menjaga daya tahan tubuh disebut jadi satu hal penting untuk bisa sembuh. Namun tak bisa dipungkiri, hilangnya indra perasa dan penciuman justru membuat terganggunya nafsu makan. Hal ini tentu berdampak pada terganggunya sistem daya tahan tubuh.

Maka dari itu, sangat penting untuk bisa mengatasi gejala hilang indra penciuman dan perasa. Dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat covid-19.

1. Mencoba Makanan Bercita Rasa Kuat

Salah satu cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat covid-19 adalah dengan mencoba makanan bercita rasa kuat. Seperti yang kita tahu, beberapa jenis makanan atau bahan mempunyai cita rasa yang kuat. Dengan mencoba mencicipi beberapa di antaranya, diyakini bisa jadi semacam stimulan untuk lidah.

Beberapa jenis makanan bercita rasa kuat yang bisa dicoba, antara lain lemon, jeruk nipis, atau buah-buahan asam lainnya. Selain itu, kalian juga bisa mencoba menyicip makanan kaya rempah yang umumnya bercita rasa kuat.

2. Makan Sedikit Tapi Sering

Selain menyicip makanan bercita rasa kuat, mengatur waktu dan porsi makan juga jadi hal yang patut dicoba. Saat kehilangan indera perasa, sebaiknya kalian menerapkan pola makan sedikit tapi sering. Terlebih, hilangnya indra perasa seringkali juga dibarengi dengan munculnya mual. Sehingga, membatasi makanan juga dapat sekaligus mengatasi rasa mual tersebut.

Kalian bisa terapkan intensitas makan tiap 2-4 jam sekali. Selain terkait porsi dan waktu, jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan gizi. Pastikan, jenis makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

 

3. Mengonsumsi Makanan Favorit

Mengonsumsi makanan favorit juga bisa jadi cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat covid-19. Pasalnya, lidah kita lebih terbiasa dengan cita rasa makanan tersebut. Mengonsumsi makanan favorit juga dapat mengurangi efek hilang nafsu makan.

Namun karena indra perasa yang melemah, kalian bisa menyiasati dengan memperkuat rasanya. Jadi, semisal kalian cenderung menyukai makanan asin, kalian bisa menambahkan garam lebih banyak. Begitu pula jika menyukai makanan manis, kalian bisa menambahkan gula.

 

4. Perbanyak Air Putih

Sudah jadi rahasia umum, kalau minum banyak air putih akan berdampak positif untuk kesehatan. Ternyata, minum air putih juga bisa membantu mengembalikan indra perasa yang hilang akibat terinfeksi covid-19. Alasannya, karena saat kita kekurangan air, mulut akan terasa kering. Hal ini dapat memperparah kondisi indra perasa yang hilang. Jadi, jaga terus asupan air putih saat terinfeksi virus covid-19.

 

5. Menggunakan Larutan Air Garam

Selama ini air larutan garam sudah sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah mulut dan gigi. Ada satu lagi manfaat larutan air garam yang perlu kalian tahu, yaitu bisa jadi satu cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat covid-19.

Caranya cukup mudah, larutkan garam dengan air. Kemudian, bilas rongga hidung menggunakan larutan air garam tersebut. Sebelumnya, cara ini juga seringkali telah dilakukan banyak orang untuk mengatasi gangguan indra penciuman karena alergi.

6. Berhenti Merokok

Kita semua tentu paham, merokok jadi satu kegiatan yang bisa membahayakan kesehatan. Ternyata, salah satu dampak buruk merokok ialah bisa menyebabkan gangguan kepekaan dalam penciuman. Artinya berhenti merokok bisa jadi satu langkah bijak untuk mengusahakan kembalinya indra penciuman karena covid-19.

7. Menggunakan Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial juga dipercaya bisa membantu mempercepat proses pemulihan indra penciuman. Minyak esensial atau minyak atsiri merupakan senyawa yang diperoleh dari hasil ekstraksi tumbuhan, yang kemudian diproses penyulingan. Secara umum, minyak esensial dikenal punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Untuk membantu mengembalikan indra penciuman, kalian bisa memanfaatkan minyak esensial. Caranya, cukup dengan menghirup minyak esensial selama 20-40 detik. Lakukan secara berulang 2-3 kali dalam sehari.

 

8. Memfokuskan Fungsi Indra yang Lain

Saat indra penciuman dan perasa terganggu, kalian bisa memfokuskan diri pada fungsi indra lain seperti penglihatan dan pendengaran. Tujuannya, agar nafsu makan tetap terjaga. Dengan fokus pada indra-indra yang berfungsi kalian tetap akan merasakan tekstur dari makanan, serta warna atau penampilannya. Dengan begitu, meski kehilangan kemampuan merasakan dan mencium aroma, makanan tetap akan tampak menggugah selera.

Itulah di antaranya 8 cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat covid-19. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kalian yang sedang dalam kondisi melawan covid-19!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI