8 Jenis Ayam Petelur Paling Berkualitas, Favorit Bagi Peternak

Rabu, 27 Januari 2021 14:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Ayam Petelur Paling Berkualitas, Favorit Bagi Peternak
(credit: ayamkita.com)


Kapanlagi Plus - Memelihara ayam petelur memang banyak sekali manfaatnya. Hal ini bisa menyediakan bahan pangan berupa pasokan telur yang bisa langsung kalian konsumsi. Ayam petelur sendiri merupakan bagian dari jenis ayam betina yang sudah dewasa untuk kemudian dipelihara secara khusus dan diambil telurnya. Tak heran jika banyak orang yang kemudian tertarik untuk memilih membudidayakan ayam petelur untuk dikonsumsi maupun diperjual belikan.

Nah, maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang jenis ayam petelur yang perlu kalian ketahui. Secara umum, ayam petelur mempunyai ciri yakni bentuk tubuh yang ramping dan memanjang, daun telinga berwarna putih, tidak memiliki sifat mengeram dan mudah gugup serta kagetan. Ayam petelur banyak jenisnya dan berbeda-beda. Untuk lebih mengetahui secara lengkap, simak ulasannya berikut ini.

 

1. Jenis Ayam Petelur Sussex

Jenis ayam petelur yang pertama yaitu ayam sussex. Ayam ini memiliki karakteristik tenang, dan mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan baru. Kalian juga dengan mudah menemukan jenis ayam petelur ini dengan ciri-ciri mempunyai warna yang didominasi dengan warna putih dan hitam, mempunyai sisik dan kaki berwarna putih, mempunyai daun telinga merah, serta mempunyai cangkang telur bewarna putih. Ayam ini bisa bertelur sebanyak 250 per tahunnya dengan warna telur putih krem hingga coklat.

 

2. Jenis Ayam Petelur Coklat/Hibrida

Ayam petelur coklat menjadi salah satu jenis ayam petelur dengan kualitas bagus. Diketahui jenis ayam petelur ini dapat mencapai bobot sekitar 2 kg dengan menghasilkan rasa daging yang sangat enak. Jenis ayam hibrida tersebut memiliki sifat mengonsumsi pakannya yang sedikit, tetapi ayam petelur hibrida ini dapat menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak.

Tak heran jika banyak peternak yang membudidayakan jenis ayam ini. Ayam dengan ciri tubuh berwarna emas dan coklat serta ekor yang berwarna putih ini dapat bertelur sebanyak 280 an butir setiap tahunnya.

 

3. Jenis Ayam Petelur Putih

Selain jenis ayam petelur berwarna coklat, kalian juga bisa menemukan jenis ayam petelur berwarna putih. Jenis ayam yang satu ini identik dengan jengger ayam berwarna merah dan warna bulu yang putih dan bersih. Bahkan, saat bertelur pun, ayam ini juga menghasilkan telur yang begitu putih.

Ayam jenis ini merupakan ayam yang dimanfaatkan hanya pada telur nya saja dan tidak untuk memproduksi dagingnya. Diketahui jenis ayam petelur putih ini dapat menghasilkan telur hingga 260 butir per tahunnya.

 

4. Jenis Ayam Petelur Hamburg

Selanjutnya, jenis ayam petelur yang perlu kalian ketahui yaitu ayam hamburg. Ya, ayam petelur yang satu ini berasal dari Jerman dengan bulu mantel keren serta varian warna gelapnya. Meski begitu, kalian juga harus berhati-hati ya, karena jenis ayam petelur yang satu ini memiliki sifat agresif sehingga tidak ayam hamburg ini cocok berada di tempat terbuka. Hamburg menghasilkan sekitar 200 telur berukuran sedang, dengan cangkangnya yang putih mengkilap.

 

5. Ayam Petelur Plymouth Rock

Ayam peletlur playmounth rock menjadi salah satu jenis ayampetelur yang cukup produktif karena dapat menghasilkan telur dengan frekuensi dua hari sekali. Adapun ciri fisik dari jenis ayam ini yaitu memiliki tubuh berwarna abu-abu dengan garis-garis putih yang menyelubungi tubuh mereka. Jenis ayam ini tergolong jinak namun juga cukup lincah.  Ayam petelur jenis ini bisa bertelur hingga 200 telur pertahunnnya dengan warna putih dan ukuran yang kecil.

 

6. Ayam Petelur Maran

Ayam petelur maran hampir sama dengan jenis ayam plymouth rock, namun warna ayam ini didominasi oleh abu-abu gelap dengan aksen putih. Sementara telurnya berukuran sedang dan berwarna cokelat gelap. Kebanyakan orang memelihara jenis ayam ini karena diambil telurnya dan juga dagingnya. Untuk kandangnya sendiri, maran tak memerlukan halaman yang luas. Mereka tipikal induk yang lembut. Namun tetap saja, maran terbilang sulit untuk dijinakkan.

 

7. Jenis Ayam Petelur Ancoa

Jenis ayam petelur yang yang populer yaitu ayam ancoa. Ayam yang berasal dari Italia ini memiliki ciri fisik yang kuat serta agresif. Selain itu, bulu petelur ancoa ini berwarna hijau/hitam yang berbintik-bintik putih. Mempunyai mata berwarna merah, mempunyai sisik, paruh dan kaki berwarna kuning dan hitam, serta mempunyai daun telinga berwarna hitam. Biasanya, ayam petelur ini mempunyai jumlah telur sebanyak 250 butir pertahunnya.

 

8. Jenis Ayam Petelur Buff Orpington

Ayam petelur buff Orpington merupakan jenis ayam petelur yang berasal dari Inggris. Ayam ini juga terkenal jinak meskipun dibiarkan berada di sekitar halaman. Bahkan kalian bisa mengajari jenis ayam ini untuk melahap makanan dari tangan sendiri lho. Biasanya jenis ayam ini bisa bertelur hingga 180 an telur.

Itulah sederet jenis ayam petelur yang bisa kalian jadikan referensi untuk dibudidayakan. Semoga bermanfaat ya.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI