8 Manfaat Konsumsi Daging untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Senin, 19 Juli 2021 17:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
8 Manfaat Konsumsi Daging untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Tak hanya berbagai olahan yang lezat, manfaat konsumsi daging juga faktor yang menjadikannya makanan idola. Oleh karena itu, daging hampir selalu ada dalam acara istimewa. Hal itu juga dipengaruhi oleh pandangan dua generasi yang lalu seperti orang tua dan kakek nenek kalian yang percaya bahwa daging merupakan makanan yang sehat dan penuh gizi.

Sayangnya, pandangan ini mulai bergeser. Banyak yang mulai meragukan manfaat konsumsi daging bagi kesehatan tubuh. Beberapa bahkan percaya, daging merupakan makanan yang justru bisa membahayakan. Kini, daging menjadi bahan makanan yang kontroversial.

Terdapat pandangan vegan yang ekstrem bahkan menyeru pihak berwenang untuk menghentikan konsumsi daging. Walaupun begitu, manfaat konsumsi daging tetap disarankan dengan batas jumlah tertentu. Agar tak ragu, silakan simak manfaat konsumsi daging yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Manfaat Konsumsi Daging

1. Sumber L-Carnitine yang Besar

L-Carnitine memiliki peran penting dalam memproduksi energi dengan membawa asam lemak ke dalam mitokondria di sel tubuh kalian. Selanjutnya, mitokondria bertindak sebagai pembakar lemak untuk menghasilkan energi yang dapat tubuh kalian gunakan dalam beraktivitas.

Selain itu, L-Carnitine juga berguna dalam berbagai proses dalam tubuh, seperti fungsi otak dan otot, serta pergerakan otot. Nah, L-Carnitine merupakan salah satu manfaat konsumsi daging yang bisa kalian dapatkan.

2. Antioksidan Glutathione

Glotathione merupakan manfaat konsumsi daging yang bisa kalian peroleh. Dalam hal ini, daging membantu menyiapkan master antioksidan sebagai glutathione. Secara umum, glutathione dianggap sebagai "antioksidan utama" yang berguna untuk memperlambat penuaan dan mengurangi risiko penyakit kronis dengan memperkuat sistem kekebalan.

3. Tinggi Protein

Kandungan protein yang tinggi merupakan manfaat konsumsi daging yang bisa kalian dapatkan. Protein tersebut bermanfaat bagi tubuh untuk untuk memperbaiki dan memperkuat tulang, kulit, dan membangun serta mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Selain itu, protein dapat membuat kalian merasa kenyang sehingga bisa mencegah makan berlebihan.

2. Manfaat Konsumsi Daging untuk Kesehatan

4. Membantu Meningkatkan Massa Otot

Seperti yang sudah disebut di atas, bahwa salah satu manfaat konsumsi daging, yaitu bisa membantu meningkatkan massa otot. Manfaat ini akan kalian dapatkan dengan mengonsumsinya sesuai porsi yang dianjurkan.

Daging sapi memiliki terbentuk dari banyak asam amino yang dapat merangsang dan meningkatkan serat otot, membuatnya lebih kuat, dan memperbaiki sel serta jaringannya. Tak hanya itu, asam amino juga sangat membantu untuk menutrisi kulit, rambut, dan kuku kalian.

5. Cegah Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi merupakan epidemi yang berkembang di seluruh dunia. Kekurangan gizi seharusnya tak jadi alasan kematian, tapi nyatanya anemia menjadi penyebab kematian setiap tahunnya. Namun, kalian bisa mendapatkan manfaat konsumsi daging sebagai usaha pencegahannya.

Kalian perlu mengonsumsi daging secara seimbang dengan gizi lain untuk mencegah anemia defisiensi zat besi. Terdapat dua jenis zat besi yang tersedia dalam makanan, yakni zat besi heme dan non-heme.

6. Mengandung Karnosin

Daging sapi merupakan sumber karnosin tertinggi bahkan mengandung 50 persen lebih tinggi dibanding unggas. Kalian perlu memasukkannya dalam daftar menu untuk mendapatkan manfaat konsumsi daging yang unggul bagi kesehatan. Karnosin mengurangi risiko bahaya dari proses glikasi yang melibatkan produk akhir glikasi lanjutan.

Bahaya glikasi perlu diwaspadai karena itu merupakan proses penuaan tubuh yang berpotensi menyebabkan aterosklerosis dan berbagai penyakit kronis lainnya. Selain itu, karnosin bisa membantu untuk mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga mencegah peroksidasi lipid di dalam sel.

3. Manfaat Konsumsi Daging Lainnya

7. Kaya Vitamin

Berbagai vitamin seperti rangkaian vitamin B, E, dan K merupakan manfaat konsumsi daging yang bisa kalian dapatkan. Dengan mengonsumsi daging sapi, kalian akan mendapat vitamin B12(cobalamin) yang merupakan nutrisi penting untuk perbaikan kulit, suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, dan mendorong regenerasi saraf. Perlu kalian ketahui bahwa kekurangan vitamin B12 bisa meningkatkan peluang depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Dan hebatnya, porsi 60z daging sapi menyediakan hampir 100 persen jumlah vitamin B12 yang disarankan.

8. Kaya Mineral

Daging sapi dapat menghindarkan kalian dari defisiensi mineral karena terdapat kandungan mineral yang tinggi di dalamnya. Mineral sangat berguna bagi tubuh karena berfungsi untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Itulah mengapa manfaat konsumsi daging tak boleh kalian lewatkan.

Selain mineral, terdapat juga kalsium yang berguna untuk meningkatkan impul saraf dan pembekuan darah. Magnesium di dalamnya juga bisa menjaga tulang dan hati, sedangkan potasiumnya bisa memaksimalkan membran sel tubuh.

KLovers, itulah sejumlah manfaat konsumsi daging yang bisa kalian dapatkan di tengah kontroversi bahaya daging bagi tubuh. Hal tersebut bisa kalian dapat dengan porsi terukur dan tak berlebihan.

(Sumber: Merdeka.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI