5 Manfaat Mengonsumsi Daging Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

5 Manfaat Mengonsumsi Daging Merah Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat daging merah (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Daging memang menjadi makanan yang sangat disukai oleh berbagai kalangan. Karena itulah banyak sekali olahan daging yang bisa kita buat sendiri di rumah. Selain memiliki rasa yang enak ternyata manfaat daging merah untuk tubuh begitu beragam loh KLovers.

Dan manfaat-manfaat tersebut tentu baik untuk memberikan kesehatan pada tubuh. Mengonsumsi daging dengan cara dan takaran yang baik memang akan sangat bagus sekali untuk kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaat mengonsumsi daging untuk kesehatan tubuh?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat mengonsumsi daging merah untuk kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Manfaat mengonsumsi daging merah yang pertama yaitu dapat menjaga metabolisme di dalam tubuh. Hal ini karena di dalam daging merah terdapat kandungan mineral berupa zat besi yang sangat tinggi. Dan zat besi merupakan salah satu kandungan mineral yang berperan penting dalam membentuk metabolisme di dalam tubuh.

Selain itu tubuh sangat membutuhkan kandungan zat besi. Hal ini karena zat besi membentuk hemoglobin dalam sel darah merah, yang berfungsi mengedarkan oksigen dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat melakukan fungsinya secara normal dan terjauh dari darah rendah atau anemia.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pembentukan Tulang dan Otot

Manfaat mengonsumsi daging merah yang selanjutnya yaitu dapat membantu pembentukan tulang dan juga otot. Hal ini karena di dalam daging merah memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kita tahu bahwa manfaat protein memang sangat banyak, salah satunya yaitu membantu pembentukan tulang serta otot pada tubuh.

Selain itu kandungan vitamin D yang ada pada daging merah juga dapat membantu pembentukan tulang serta gigi. Sehingga bila kedua kandungan ini disatukan maka akan memberikan kita sebuah nutrisi yang baik untuk tulang, otot, dan juga gigi.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain itu, manfaat mengonsumsi daging merah yaitu dapat menurunkan berat badan. Bila kalian berpikir bahwa mengonsumsi daging merah akan membuat tubuh gemuk, hal tersebut tidak 100% benar ya KLovers. Bila kalian mengonsumsi daging merah dengan cara dan takaran yang benar maka akan mampu menjadi makanan yang baik untuk seseorang yang sedang diet.

Hal ini karena kandungan lemak pada daging merah. Salah satu jenis lemak sehat yang terdapat pada daging merah adalah conjugated linoleic acid (CLA), yang memberikan peran dalam menurun berat badan.

4. Kesehatan Otak

Ternyata selain ikan, daging merah juga mampu memberikan kesehatan pada otak kita loh KLovers. Hal ini karena kandungan vitamin B6 dan juga B12 yang terdapat pada daging merah. Vitamin ini B6 berperan dalam proses produksi serotonin dan norepinephrine yang berfungsi untuk menjaga suasana hati dan membantu otak mengendalikan stres.

Vitamin B6 juga berfungsi untuk menunjang produksi hormon melatonin yang berguna untuk mengatur jam tidur dan waktu istirahat tubuh. Bila istirahat cukup maka otak dapat berfungsi dengan baik. Lalu kandungan vitamin B12 berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi.

Hal ini karena vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan mielin, yang merupakan lapisan pelindung saraf otak. Bila kedua kandungan vitamin ini disatukan maka akan memberikan kesehatan yang baik bagi otak kita.

5. Anti Kanker

Dan manfaat mengonsumsi daging merah yang terakhir yaitu menjadi anti kanker. Hal ini karena di dalam daging merah terdapat kandungan asam linoleat yang memiliki banyak sekali antioksidan. Dan antioksidan ini berfungsi untuk memberikan kekuatan pada daya tahan tubuh kita, serta dapat menangkal radikal bebas.

Radikal bebas merupakan sebuah zat asing yang dapat merusak sistem syaraf pada tubuh. Dan bila sistem syaraf ini menyerang tubuh maka akan terserang virus hingga kanker. Itulah mengapa untuk mencegah hal tersebut, tubuh membutuhkan banyak antioksidan yang bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan sehat, salah satunya yaitu daging merah.

Itulah 5 manfaat daging merah untuk kesehatan tubuh. Tetapi perlu diingat bahwa, walaupun daging merah memiliki banyak manfaat tidak akan baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Karena hal tersebut karena akan menimbulkan sebuah penyakit pada tubuh kita. Kalian bisa mengonsumsi daging merah dengan olahan dan juga takaran yang tepat, agar tubuh dapat menerima manfaat tersebut dengan baik.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending