8 Rekomendasi Buku Ilmu Politik untuk Mahasiswa, Cocok Dibaca Calon Politisi Muda

Senin, 21 November 2022 13:55
8 Rekomendasi Buku Ilmu Politik untuk Mahasiswa, Cocok Dibaca Calon Politisi Muda
(Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Bagi mahasiswa ilmu politik atau para calon politisi muda, menemukan buku yang tepat untuk belajar tentu menjadi hal yang penting. Kalian perlu menemukan rekomendasi buku ilmu politik yang berkualitas dan menarik untuk dibaca.

Bagi pemula, ada pula beberapa rekomendasi buku ilmu politik yang gaya bahasanya mudah dipahami. Kalian juga bisa memulainya lewat dasar-dasar terlebih dahulu agar tak terlalu kesulitan dalam mencerna setiap materinya.

Nah, jika kalian sedang mencari rekomendasi buku ilmu politik untuk mahasiswa maupun calon politisi muda, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini.

 

1. Dasar-Dasar Ilmu Politik - Miriam Budiardjo

Saat bicara tentang rekomendasi buku ilmu politik, ada judul yang cukup sering disodorkan. Bagi pemula, buku Dasar-Dasar Ilmu Politik ini memang perlu dibaca. Tak heran jika kemudian buku ini juga cukup populer di kalangan, hubungan internasional, hukum, hingga ilmu pemerintahan. Bahkan bisa disebut sebagai salah satu buku yang wajib untuk dibaca.

Buku yang ditulis oleh Miriam Budiardjo ini berisi pemaparan tentang definisi ilmu politik, lingkup politik, partai, hubungan internasional hingga pemahaman mendalam mengenai pembagian kekuasaan maupun kewenangan. Bagaimana, tertarik untuk membacanya?

 

2. Etika Politik - Franz Magnis Suseno

Selanjutnya, ada rekomendasi buku ilmu politik yang ditulis oleh Franz Magnis Suseno. Buku yang berjudul Etika Politik ini akan memberikan pengetahuan baru yang disampaikan dengan cara sederhana.

Saat membacanya, kalian akan menemukan penjelasan tentang sistem pembagian kekuasaan, bentuk negara (dari lahirnya liberal negara hingga republik), maupun hak asasi manusia. Bagi kalian yang benar-benar tertarik dengan ilmu politik, buku ini jelas akan sangat menyenangkan. Apalagi bahasa yang dipakai juga mudah dipahami.

 

3. Politik Hukum di Indonesia - Prof. Dr. Moh. Mahfud MD

Selain ilmu politik murni, kalian juga perlu mengetahui tentang politik hukum ya, KLovers. Pasalnya, kedua hal ini cukup berkaitan. Buku yang berjudul Politik Hukum di Indonesia yang ditulis oleh Prof. Dr. Moh. Mahfud MD menjadi salah satu judul yang layak dibaca.

Rekomendasi buku ilmu politik yang satu ini menyajikan berbagai penjelasan dan penalaran kritis tentang sistem hukum di Indonesia khususnya mengenai demokrasi.

 

4. Filsafat Politik - Henry J. Schmandt

Tak hanya hukum, filsafat juga peran yang cukup penting dalam ilmu politik. Tak cukup dengan mempelajari perkembangan politik dari masa ke masa, kalian juga perlu membaca buku Filsafat Politik karya Henry J. Schmandt.

Dalam rekomendasi buku ilmu politik kali ini, kalian akan menemukan penjelasan mengenai kajian historis politik dari zaman Yunani hingga zaman modern, khususnya dalam perkembangan intelektual di dunia barat. Berbeda dengan buku filsafat politik yang biasanya kerap menggunakan bahasa yang terlalu akademis, buku ini justru memiliki gaya bahasa yang cukup mudah dipahami.

 

5. Republik - Plato

Meski sudah cukup lama, Republik karya Plato ini masih relevan untuk masuk daftar rekomendasi buku ilmu politik untuk kalian baca. Terlebih jika kalian merupakan mahasiswa ilmu politik. Pasalnya, secara teori buku ini masih begitu relevan.

Secara garis besar, buku ini berisi pembahasan mendalam tentang konsep politeia yang dalam bahasa Yunani disebut sebagai suatu cara hidup. Saat membacanya, kalian akan menemukan jawaban mengenai cara manusia bermasyarakat sekaligus bentuk negara yang menaungi masyarakat itu sendiri.

 

6. Manusia Indonesia - Mochtar Lubis

Selanjutnya, ada buku berjudul Manusia Indonesia sebagai rekomendasi buku ilmu politik yang layak kalian baca. Dalam buku yang berisi ceramah dari Mochtar Lubis pada tahun 1997 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta ini, kalian akan menemukan berbagai penjelasan tentang sifat orang Indonesia.

Materi ini sebenarnya sulit untuk dibahas mengingat bahwa bangsa Indonesia merupakan masyarakat majemuk. Namun, Mochtar Lubis tetap mengemukakan beberapa sifat, antara lain munafik atau hipokrit, enggan bertanggung jawab, bersikap feodal, artistik, dan lain sebagainya. Jika penasaran dengan penjelasan lebih lengkap, yuk langsung saja baca sendiri isinya.

 

7. Animal Farm - George Orwell

Selain buku-buku 'serius' di atas, kalian juga bisa membaca Animal Farm karya George Orwell. Novel yang berisi kisah politik satire ini tentu sangat menarik untuk dibaca. Kalian akan menemukan karakter yang diimajinasikan sebagai hewan, tapi memiliki sifat-sifat seperti manusia khususnya tokoh politik.

Buku ini juga disusun secara jelas, menyenangkan, dan tidak berbelit. Tentu sangat cocok dijadikan rekomendasi buku ilmu politik, terutama saat kalian sedang merasa suntuk. Melalui buku ini, kalian bisa mendapatkan hiburan sekaligus belajar tentang politik.

 

8. Laut Bercerita - Leila S. Chudori

Bukan dari buku teori atau akademis, rekomendasi buku ilmu politik kali ini berupa novel yang berjudul Laut Bercerita. Novel yang ditulis oleh Leila S. Chudori ini cocok bagi kalian yang penasaran dengan kondisi politik Indonesia di tahun 1998.

Secara garis besar, buku ini berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan sebuah aksi untuk membela hak rakyat. Namun, mereka malah terseret dalam kejaran intel. Kisah ini bisa menjadi perenungan ulang mengenai hilangnya para aktivis pada masa itu yang hingga sekarang tak ditemukan petunjuknya.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku ilmu politik untuk mahasiswa yang cocok dibaca oleh calon politisi muda.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI