8 Wisata Film Indonesia yang Memanjakan Mata Sekaligus Instagenic

Selasa, 07 Januari 2020 14:14 Penulis: Wuri Anggarini
8 Wisata Film Indonesia yang Memanjakan Mata Sekaligus Instagenic
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Ngobrolin soal film Indonesia memang bisa menghadirkan euforia tersendiri. Selain industri perfilman yang sedang produktif menggelontorkan karya selama beberapa tahun terakhir, kualitasnya pun semakin teruji. Banyak film yang menghadirkan alur cerita kuat hingga akting para pemain yang mengesankan.

Pengalaman nonton film pun semakin terasa saat visual dimanjakan oleh lokasi syuting yang dibuat semaksimal mungkin sesuai setting latar belakang waktu ceritanya. Ingin nostalgia pengalaman nonton film favorit jadi terasa lebih nyata? Gampang! Yuk, kunjungi beberapa lokasi wisata film Indonesia paling keren ini!

1. Studio Alam Gamplong, Yogyakarta

(c) Instagram/gamplong studio(c) Instagram/gamplong studio

Lokasi wisata film Indonesia yang satu ini semakin dikenal sejak menjadi set salah satu film yang paling banyak diperbincangkan tahun 2019, BUMI MANUSIA. Studio yang berada di Desa Wisata Gamplong, sekitar 16 km dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta awalnya digunakan sebagai lokasi syuting film SULTAN AGUNG: TAHTA, PERJUANGAN, DAN CINTA yang juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Sebagai lokasi wisata film Indonesia, Studio Alam Gamplong dipenuhi dengan bangunan replika zaman penjajahan Belanda. Studio yang dibangun oleh Hanung Bramantyo ini memang sengaja dibuat sebagai setting pembuatan film dengan latar belakang kolosal. Karena itu, kamu bakal disambut dengan berbagai replika bersejarah seperti Benteng Batavia lengkap dengan jembatan ungkit khas Belanda, Kampung Pecinan di masa lalu, sampai set kota modern di era kolonial yang disetting dengan apik. Spot wisata film Indonesia ini bisa jadi alternatif destinasi liburan yang beda saat berkunjung ke Yogyakarta.

2. Rumah Ibu, Pangalengan, Bandung

Mau menjajal wisata film Indonesia yang sedikit berbeda? Coba saja uji nyali di Rumah Ibu yang menjadi lokasi syuting salah satu film horor Indonesia paling mencekam, PENGABDI SETAN, yang disutradarai oleh Joko Anwar. Rumah Ibu benar-benar ada, bukan lokasi yang sengaja dibuat. Spot tersebut terletak di Kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung.

Selama perjalanan menuju lokasi wisata film Indonesia yang satu ini, kamu bakal dimanjakan dengan hamparan kebun teh hijau nan asri. Nah, Rumah Ibu sendiri terletak di antara kebun teh cantik tersebut. Untuk masuk ke sana, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10 ribu. Setelah itu, siapkan diri memasuki petualangan di Rumah Ibu yang sesungguhnya!

Menurut cerita, Rumah Ibu ini sudah ada sejak zaman Belanda dan menjadi tempat peristirahatan mandor kebun teh yang ada di sekitarnya. Auranya yang mencekam membuat rumah ini memang cocok menjadi lokasi wisata film Indonesia buat yang ingin uji nyali. Berminat berkunjung ke sana?

3. Infinite Studio, Batam

(c) Instagram/infinitestudiosbatam(c) Instagram/infinitestudiosbatam

Tahu nggak sih kalau Indonesia ternyata punya studio film yang katanya terbesar di Asia Tenggara? Yup, datang saja ke Infinite Studio, Batam, jika ingin merasakan pengalaman wisata film Indonesia yang lebih luar biasa. Infinite Studio nggak hanya menjadi lokasi syuting film dari dalam negeri saja karena levelnya sudah mendunia. Banyak karya yang sudah dihasilkan dari studio ini, seperti BUFFALO BOYS, BLACKHAT, THE NIGHT COMES FOR US, hingga HEADSHOT.

Memasuki lokasi wisata film Indonesia yang satu ini, kamu akan disambut dengan berbagai poster film yang dibuat di tempat tersebut. Selanjutnya, ada sederet set dengan tema beragam yang bisa dijumpai di sana. Sayangnya, waktu berkunjung ke Infinite Studio nggak bisa dilakukan setiap hari. Ada saatnya studio ditutup untuk umum karena keperluan proses produksi film yang sedang berlangsung. Kalau berminat datang ke sana, pastikan kamu update terus informasinya lewat akun media sosial mereka, ya!

4. Pantai Tarimbang, Sumba Timur

Jika ingin merasakan wisata film Indonesia sambil menikmati keindahan alamnya, Pantai Tarimbang yang terletak di Sumba Timur bisa jadi destinasi yang pas nih. Sumba memang dikenal sebagai salah satu hidden gems yang menawarkan panorama alam menakjubkan. Nah, Pantai Tarimbang dikenal sebagai salah satu lokasi syuting film PENDEKAR TONGKAT EMAS yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Christine Hakim.

Lokasi wisata film Indonesia yang satu ini terletak di Kecamatan Tabundung, sebelah selatan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Saat berkunjung ke sana, siap-siap dibuat terpesona dengan kombinasi pasir putih dari birunya air laut. Kawasan sekitar pantai dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membuat panoramanya terlihat semakin menakjubkan.

5. Pantai Liang, Maluku Tengah

Ada lagi pantai cantik lainnya yang menjadi lokasi wisata film Indonesia yang layak dikunjungi. Jangan lupa mampir ke Pantai Liang yang terletak di Maluku Tengah. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Ambon, Maluku, spot yang satu ini pernah menjadi lokasi syuting film CAHAYA DARI TIMUR: BETA MALUKU.

Panorama alami nan cantik bisa kamu temukan saat berkunjung ke wisata film Indonesia yang satu ini. Hamparan pasir putih sepanjang pantai dan deburan ombak tenang dengan air jernih kebiruan menciptakan suasana liburan yang begitu damai. Ada beberapa daya tarik yang nggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sini. Misalnya saja dermaga kayu sederhana sepanjang 200 meter yang bisa jadi spot foto Instagenic. Di sini, kamu bisa menanti matahari terbenam atau melihat ikan kecil berenang.

Jika ingin berkeliling pulau sambil menikmati pemandangan di sekitar wisata film Indonesia tersebut, kamu bisa menyewa sampan dengan hitungan biaya sewa per jam. Sementara jika ingin melanjutkan petualangan ke Pulau Seram, pengunjung bisa menyewa boat yang tersedia.

6. Benteng Van Der Wijck, Kebumen

(c) Shutterstock/Tirta Ajie Irawan(c) Shutterstock/Tirta Ajie Irawan

Bagi yang pernah menonton film THE RAID 2: BERANDAL, mungkin masih ingat dengan scene yang satu ini. Ada sebuah adegan di mana Iko Uwais berkelahi dengan lawannya di halaman penjara dengan latar belakang hujan dan tanah berlumpur. Nah, tahu nggak sih kalau adegan tersebut dilakukan di Benteng Van Der Wijck, yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah?

Selain bisa mengunjungi wisata film Indonesia, kamu juga dapat menikmati pengalaman wisata sejarah saat berkunjung ke benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun sejak abad ke-18 tersebut. Bagian paling unik dari benteng ini adalah kereta mini yang bisa digunakan berkeliling dan menikmati pemandangan dari atas benteng. Seru banget, deh!

7. Rumah Sejarah Marga Tjia, Singkawang

Singkawang juga jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi buat yang ingin melakukan wisata film Indonesia. Salah satunya adalah Rumah Sejarah Marga Tjia yang sempat menjadi latar dalam film ARUNA DAN LIDAHNYA yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Oka Antara, Nicholas Saputra, dan Hannah Al Rashid.

Spot wisata film Indonesia yang satu ini termasuk dalam cagar budaya di Singkawang, Kalimantan Barat. Menurut sejarah, rumah ini sudah berdiri sejak tahun 1902. Meskipun sudah berdiri lebih dari 100 tahun, tapi bangunannya tetap kokoh dan selalu menjadi daya tarik wisata utama di Singkawang. Bangunannya menggunakan desain arsitektur kuno khas China yang membuat nuansa budaya terasa kental di sana. Selain jalan-jalan mengelilingi Rumah Sejarah Marga Tjia, jangan lupa cicipi choipan seperti adegan yang ada dalam film tersebut.

8. Kompleks Susteran Fransiskanes, Semarang

Pernah nonton AVE MARYAM yang dibintangi oleh Maudy Koesnaedi dan Chicco Jerikho? Menceritakan tentang kehidupan pastur dan biarawati, ternyata salah satu lokasi syuting film tersebut adalah Kompleks Susteran Fransiskanes, Semarang. Tempat ini memang bukan wisata film Indonesia yang dibuka untuk umum, tapi kamu bisa tetap mengunjunginya dengan meminta izin terlebih dulu.

Begitu memasuki kompleks biara ini, kamu akan disambut dengan bangunan khas era kolonial yang memiliki gaya arsitektur gotik dan klasik. Jika diabadikan dengan kamera, pastinya bisa menciptakan foto-foto Instagenic nan cantik yang memenuhi feed media sosial kamu.

Itu tadi beberapa rekomendasi wisata film Indonesia yang nggak hanya memanjakan mata saat memandangnya, tapi juga Instagenic karena bisa menghiasi postingan media sosial kamu. Jadi, lokasi mana dulu yang ingin kamu kunjungi nih?

 

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI