8 Wisata Kuliner Khas Lombok yang Siap Bikin Lidahmu Bergoyang Karena Kelezatannya

Selasa, 14 Januari 2020 18:48 Penulis: Iwan Tantomi
8 Wisata Kuliner Khas Lombok yang Siap Bikin Lidahmu Bergoyang Karena Kelezatannya
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Bicara pariwisata, Lombok masih menjadi salah satu primadona di Indonesia. Sejak beberapa tahun terakhir, Lombok terus membenahi diri untuk menarik lebih banyak wisatawan. Mulai infrastruktur pariwisata yang terus dipersolek, hingga promo wisata yang makin gencar dan masif.

Hasilnya, Lombok kian diminati banyak wisatawan. Terlebih keindahan alam bawah lautnya tak perlu diragukan lagi. Biota laut yang kaya, ditambah air laut yang jernih, membuat Lombok kini menjadi tujuan favorit wisata bahari.

Menariknya, selain alam bawah laut, keindahan daratan Lombok juga tak kalah menyita perhatian. Tak sedikit pendaki yang ketagihan menapaki tingginya Gunung Rinjani. Bukan itu saja, Lombok juga aktif mengadakan parade maupun festival kebudayaan, sehingga makin menambah ragam atraksi wisatanya.

Wisatawan pun dibikin makin senang dengan kelezatan kuliner-kuliner Lombok. Biar liburanmu ke Lombok makin sempurna, berikut wisata kuliner khas Lombok yang siap membuat lidahmu bergoyang karena kelezatannya.

1. Sate Rembiga

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Ada yang bilang Lombok itu gudangnya kuliner sate yang betul-betul menggoyang lidah. Tak salah memang, khususnya untuk sate berbahan sapi. Salah satu jenis sate sapi yang wajib banget dicoba saat liburan ke Lombok adalah Sate Rembiga.

Namanya diambil dari sebuah daerah di Selaparang, Mataram, yaitu Kelurahan Rembiga. Nah, yang bikin spesial dari Sate Rembiga adalah daging sapi yang dijadikan sate lebih dulu diolah, tepatnya ditumbuk dan direndam dalam bumbu khas. Rempah-rempah dalam bumbu tersebut, antara lain cabai merah kering, terasi, bawang putih dan gula merah.

Selama dua jam lamanya, daging sapi untuk Sate Rembiga direndam. Baru setelah itu, sate dipanggang dan disajikan tanpa tambahan bumbu apapun. Kamu bisa menikmati lezatnya Sate Rembiga dengan wisata kuliner khas Lombok di Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, Kota Mataram.

2. Sayur Ares

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Di awal kamu mungkin tak menyangka jika bahan dasar Sayur Ares adalah pelepah pisang. Namun jangan salah. Soal citarasa Sayur Ares mampu menambah selera makan, hingga bisa-bisa tambah nasi berulang kali. Ini karena Sayur Ares merupakan sajian khas masyarakat Desa Sasak.

Meski begitu, bukan sembarang pelepah pisang yang dipakai. Orang Sasak membuatnya dari pelepah pisang Kepok maupun Raja. Bahan tersebut kemudian diolah menggunakan bumbu kare.

Selain pelepah pisang, Sayur Ares kadang juga dibikin dari nangka atau papaya muda. Kamu bisa menemukan Sayur Ares ini di Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang, Kota Mataram.

3. Bebalung

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Bebalung atau balung merupakan nama daerah untuk tulang. Hidangan ini memang menghadirkan tulang sapi sebagai bahan utamanya. Namun, bukan sekadar tulang, Bebalung juga berselimut daging yang empuk dan lembut untuk disantap, karena dibuat dari bagian iga sapi.

Soal rasa nggak perlu diragukan lagi. Bebalung punya citarasa gurih dari kaldu iga sapi. Selain sapi, Bebalung juga berbahan dasar iga kuda. Di Lombok sajian ini dipercaya bisa meningkatkan stamina lho. Kamu bisa mendapatkannya di Depot Kelebet Mataram, yang terkenal dengan kelezatan menu Bebalungnya.

4. Sate Ikan Tanjung

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Punya pantai yang beragam, Lombok juga kaya akan sumber daya laut. Itulah kenapa banyak sekali kuliner berbahan dasar makanan laut yang begitu menggugah selera di Lombok. Salah satunya adalah Sate Ikan Tanjung. Berasal dari Desa Tanjung, sate ini dibuat dari bahan dasar adonan ikan.

Sementara bumbunya adalah kencur, laos, jahe, kemiri, santan kelapa, serta jeruk limau. Semua rempah tersebut dicampur jadi satu, sehingga saat dibakar Sate Ikan Tanjung ini mengeluarkan aroma yang sedap. Apalagi saat dibakar, sate tersebut masih dilumuri dengan bumbu rempah super pedas, sehingga benar-benar mantap untuk dilahap.

Kerennya lagi, sate ini konon sudah ada sejak tahun 1970, sehingga boleh dibilang Sate Ikan Tanjung termasuk salah satu kuliner legendaris khas Lombok.

5. Beberuk Terong

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Sebagai penyempurna wisata kuliner khas Lombok, Beberuk Terong menjadi menu yang tak boleh luput untuk disantap. Boleh dibilang sayuran ini merupakan pendamping wajib makan beragam sajian lezat lainnya, seperti Ayam Taliwang maupun Ikan Bakar.

Apalagi Beberuk Terong dibikin dari jenis terong gelantik yang renyah. Alhasil, saat diolah dengan beragam bumbu, seperti cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, gula pasir, garam, hingga terasi bakar yang dipungkasi dengan guyuran minyak panas, membuat citarasanya tak hanya segar, tetapi benar-benar nendang.

Selain itu, kamu juga bisa memilih, mau terong yang mentah maupun dibakar. Yang jelas, dua-duanya begitu enak, dan tersaji di banyak restoran atau rumah makan yang menjual kuliner khas Lombok, semacam Ayam Taliwang maupung Ikan Bakar, baik di Mataram maupun di seantero Lombok.

6. Ayam Taliwang

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Kurang sempurna rasanya jalan-jalan ke Lombok tanpa mencoba Ayam Taliwang. Ikon kuliner Lombok ini begitu menggugah selera, hingga sanggup bikin kamu tambah nasi lebih banyak saat melahapnya. Sajian ini berupa ayam bakar yang dihidangkan dengan bumbu khas Taliwang bercitarasa pedas.

Hidangannya makin mantap dengan plecing kangkung yang cukup segar. Buat kamu yang belum tahu, Ayam Taliwang ini merupakan kuliner asli masyarakat Desa Sasak yang jago meramu makanan lezat dan super pedas. Namun, justru popular dari daerah Karang Taliwang, Mataram.

Ada banyak tempat makan Ayam Taliwang yang tersebar di Lombok, tetapi jika ingin yang benar-benar nendang banget, kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Pak Udin atau Rumah Makan HM Bahran Moerad di Kota Mataram.

7. Sate Bulayak

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Salah satu kuliner khas Lombok lainnya yang wajib banget dicoba adalah Sate Bulayak. Secara umum sate ini menggunakan tiga jenis bahan, yaitu daging ayam, daging sapi dan jeroan. Pembeda dari sajian ini justru dari pendampingnya. Lontong di Sate Bulayak tak dibungkus menggunakan daun pisang, melainkan dililit menggunakan daun enau atau aren. Makanan itulah yang kemudian disebut sebagai bulayak di Lombok.

Selain itu, bumbu Sate Bulayak juga berbeda dengan sate pada umumnya. Di Lombok, bumbu Sate Bulayak dibuat dari bumbu kacang yang dimasak dengan santan. Beragam rempah juga ditambahkan, seperti ketumbar, jintan, bawang hingga cabai.

Bukan itu saja, bumbu Sate Bulayak juga cenderung lebih cair, tetapi rasanya sanggup bikin lidahnya bergoyang karena kelezatannya. Di Lombok, kamu bisa menemukan Sate Bulayak dengan mudah di area Narmada, Lombok Barat.

8. Nasi Balap Puyung

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Dari namanya saja cukup unik, tak salah jika kuliner satu ini selalu diburu banyak orang, baik masyarakat lokal maupun wisatawan. Di Lombok, Nasi Balap Puyung banyak diburu untuk sarapan. Seperti namanya, nasi tersebut asalnya dari Kampung Puyung, Jenggat, Lombok Tengah.

Uniknya, penjual pertama kuliner ini sudah mengenalkan Nasi Balap Puyung sejak 1990an lho. Namun, kini kamu bisa dengan mudah menemukan Nasi Balap Puyung di Kota Mataram. Seporsi Nasi Balap Puyung berisi nasi putih bertabur suwiran daging ayam bumbu pedas. Selain itu, juga berisi kedelai goreng, oseng buncis, telur bacem maupun telur asin yang bisa kamu pilih sesuai selera, hingga kering kentang yang begitu menggugah selera.

Bayangkan, membacanya saja sudah bikin menelan ludah, apalagi mencobanya langsung? Makanya, jangan sampai melewatkan untuk wisata kuliner khas Lombok, saat liburan ke sana. Dijamin, beragam kelezatan kuliner khas Lombok bakal bikin agenda liburanmu di sana jauh lebih bermakna.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI