8 Wisata Pantai di Malang yang Wajib Kamu Kunjungi

Kamis, 04 Juli 2019 14:23 Penulis: Editor KapanLagi.com
8 Wisata Pantai di Malang yang Wajib Kamu Kunjungi
sc:pantainesia.com


Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang berwisata adalah agenda wajib di setiap tahun atau bahkan setiap bulan. Terdapat berbagai macam tempat wisata yang tentunya membuat KLovers melupakan segala rutinitas yang membosankan. Nah, KLovers pasti berpikir wisata pantai yang menarik hanya di seputar Bali. Tapi tahukah KLovers bahwa wisata pantai Malang menyajikan pantai sebagai wisata utama yang enggak kalah loh dengan pantai-pantai di daerah lain.

Terdapat banyak pantai di daerah Malang yang sudah terkenal hingga mancanegara, pantai-pantai tersebut mayoritas berada di bagian selatan Malang, dari pantai-pantai tersebut sudah banyak yang dapat KLovers kunjungi. Namun, masih terdapat banyak pantai yang belum terjamah oleh manusia dan tentunya bersih dari sampah. Nah, jika KLovers penasaran, simak rangkuman berikut tentang wisata pantai di Malang. Dilansir dari liputan6.com terdapat 7 pantai yang menjadi destinasi wisata utama di daerah Malang.

 

1. Pantai Balekambang

Wisata pantai Malang yang sudah cukup terkenal yang pertama adalah Pantai Balekambang. Lokasinya berada di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini juga sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa karena hampir mirip Tanah Lot yang ada di Bali.

Jika KLovers berkunjung ke sana maka KLovers akan melihat bagunan yang menjorok ke arah laut, bangunan tersebut adalah pura yang lazim kita temui di Bali. Banyak fasilitas yang bisa KLovers nikmati di sana seperti wisata kuliner, penginapan, toko oleh-oleh, camping ground, dan masih banyak lagi. Jika KLovers berkunjung ke Malang, jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini. KLovers juga enggak perlu khawatir tentang harga tiket, cukup membayar Rp15.000/orang KLovers dapat menikmati keindahan pantai sepuasnya.

2. Pantai Ngeliyep

Pantai Ngliyep berlokasi di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Di sini KLovers bisa menikmati hamparan pasir putih yang lembut dan deru ombak yang cukup tenang. Suasana pantai ini juga tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai menikmati udara pantai di sana.

Selain pesona pasir putihnya, di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil bernama Gunung Kombang. Pulau ini bisa dicapai dengan jembatan yang sudah disediakan. Gunung Kombang juga bisa menjadi spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam. Pada setiap tahunya, tepatnya pada hari-hari perayaan Maulid Nabi maka akan digelar upacara adat yang disebut Labuhan Gunung Kombang yang juga menarik untuk disaksikan. Bagi KLovers yang ingin berkunjung tidak perlu risau akan merogoh kantong dalam-dalam. Jika hanya berwisata maka KLovers hanya perlu membayar Rp15.000 dan parkir Rp5.000 untuk roda dua sedangkan roda empat Rp10.000, untuk penginapan KLovers hanya perlu membayar Rp150.000/malam.

3. Pantai Tiga Warna

Wisata pantai Malang yang satu ini juga jangan sampai KLovers lewatkan. Hamparan pasir putih dengan dikelilingi hijaunya pepohonan, serta birunya laut menjadi perpaduan yang memanjakan mata. Ombak di Pantai Tiga Warna juga tergolong tidak terlalu besar, sehingga KLovers bisa bermain air di sana.

Di pantai ini KLovers juga bisa melakukan kegiatan snorkeling menikmati biota laut yang beragam di sana. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan camping di area Pantai Tiga Warna untuk menikmati suasana malam di pantai. Khusus pantai ini KLovers lebih baik berkunjung dengan rombongan 8-10 orang agar biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Biaya yang KLovers perlukan adalah Rp100.000 untuk satu rombongan dan harus membayar lagi untuk biaya guide. Biaya tersebut hanya untuk 34 jam kunjungan.

4. Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Pantai Mbehi merupakan salah satu surga tersembunyi di Kota Malang. Wisata pantai Malang yang satu ini berada di balik hutan lindung, sehingga masih jarang yang mengunjungi pantai ini. Namun jangan khawatir dengan pemandangan yang di suguhkan di sini.

Di dekat Pantai Mbehi terdapat ceruk dengan air laut yang jernih dan mirip dengan kolam renang alami. Kolam ini sering disebut dengan Teluk Bidadari. KLovers bisa berenang di sana dan bermain air sepuasnya. Tidak jauh berbeda dengan Pantai Tiga Warna, harga tiket di pantai ini dipatok Rp100.000 untuk maksimal 10 orang, jika KLovers hanya berdua harganya tetap sama, untuk parkir berkisar antara Rp5.000-Rp10.000.

5. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Sewu, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Meski terkenal angker karena cerita yang beredar di masyarakat, pantai ini memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pantai ini bernama Goa Cina karena di salah satu sudut pantai terdapat gua yang diyakini warga sekitar sebagai petilasan atau tempat bertapa seorang keturunan Tionghoa.

Pantai ini memiliki tiga pulau karang yang ada di pesisir. Suasana pantai Goa Cina juga masih cukup asri dan tenang, sehingga cocok untuk Klovers yang ingin bersantai di sana. Selain itu, banyak pohon yang tumbuh di sekitaran pantai, akan menambah suasana sejuk dan cocok untuk piknik bersama keluarga. Harga tiket masuk sangat murah, hanya Rp4.000/orang dan Rp5.000 untuk retribusi parkir.

6. Pantai Jonggring Saloka

Pantai Jonggring Saloka cukup terkenal dengan fenomena 

watu ngebros, yaitu fenomena semburan air yang muncul dari sela bebatuan karang. Semburan tersebut adalah hasil pertemuan ombak selatan dan utara yang menghasilkan suara gemuruh cukup besar.

Lokasi dari Pantai Jonggring Saloka ini berada di Desa Mentaraman, Donomulyo, Malang. Pantai ini juga cukup sulit untuk di kunjungi, sehingga masih belum banyak wisatawan yang datang ke sini. Namun wisata pantai Malang yang satu ini tidak akan mengecewakan dan pastinya memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjungnya. Jika KLovers berkunjung ke pantai ini maka KLovers hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp5.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat.

7. Pantai Watu Leter

Wisata pantai Malang yang satu ini juga menjadi salah satu habitat penyu abu-abu. Jika KLovers beruntung, KLovers bisa menjumpai penyu abu-abu di sana. Kondisi ombak yang tenang dan pasir pantai yang lembut, membuat pantai ini cocok sebagai pelestarian penyu.

Selain itu di Pantai Watu Leter terdapat batuan karang di pesisir pantainya. Batu karang ini yang menjadi asal-usul nama Pantai Watu Leter. Pantai ini berlokasi di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasuki pantai ini hanya sebesar Rp10.000, biaya tersebut untuk perawatan fasilitas pantai.

8. Pantai Sendiki

Wisata pantai Malang yang wajib KLovers kunjungi selanjutnya adalah Pantai Sendiki. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Ketika KLovers mengunjungi pantai ini maka yang perlu disiapkan adalah tenaga yang ekstra. Akses menuju pantai ini lumayan sulit, namun masih dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat. Saat sampai di loket maka KLovers harus menaiki puluhan anak tangga agar sampai ke Pantai Sendiki

Pantai ini terletak di balik bukit, dengan garis pantai memanjang, pasir putih bersih, dan juga pepohonan yang cukup beragam. KLovers akan betah berada disini karena suasananya yang lumayan sepi. Bagi KLovers yang gemar camping maka pantai ini adalah tempat yang cocok, namun jika KLovers berkunjung bersama keluarga dan malas membawa tenda, KLovers dapat menyewa rumah pohon dengan bentuk unik dan juga nyaman tentunya. Biaya yang perlu KLovers keluarkan hanya Rp10.000/orang dan retribusi parkir sebesar Rp10.000, jika KLovers ingin camping biayanya hanya Rp40.000/malam.

Nah, itulah beberapa wisata pantai Malang yang wajib KLovers kunjungi saat travelling ke Malang. Rekomendasi pantai di atas tidak akan mengecewakan KLovers. Tunggu apalagi? tentukan tanggal kunjungan KLovers dan jangan lupa ajak teman atau kerabat KLovers agar liburan KLovers lebih menyenangkan dan jangan lupa jaga kebersihan tempat yang KLovers kunjungi.

Penulis: Aljihadi Fathoni

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI