9 Jenis Roti yang Perlu Kamu Tahu Namanya, Mulai dari Croissant hingga Sourdough

Rabu, 15 September 2021 17:35
9 Jenis Roti yang Perlu Kamu Tahu Namanya, Mulai dari Croissant hingga Sourdough
Ilustrasi roti © Pixabay/ 9nails

Kapanlagi Plus - Roti menjadi makanan utama yang sering dikonsumsi oleh orang Barat. Bahan utamanya yang terbuat dari tepung membuat rasa kenyang yang lebih tahan lama. Berbeda dengan di Indonesia, roti seringkali dianggap camilan karena yang dianggap makanan utama adalah nasi.

Meski begitu, roti juga bisa dijadikan alternatif buat yang lagi bosan mengonsumsi nasi. Ada beragam jenis roti yang mungkin belum banyak orang tahu namanya. Pasalnya tak hanya roti tawar, roti isi, dan roti sobek saja yang harus diketahui. Berikut beberapa jenis roti yang kamu perlu tahu namanya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baguette

credit: Pixabay/ intuitivmediacredit: Pixabay/ intuitivmedia

Baguette adalah roti tradisional asal Prancis yang terkenal. Roti ini memiliki bentuk yang panjang mencapai 50 cm, berwarna cokelat, dan bertekstur keras seperti tongkat. Roti ini biasanya disajikan dengan sup, dipanggang, hingga dibuat garlic bread dan sandwich.

Croissant

credit: Pixabay/ Pexels.comcredit: Pixabay/ Pexels.com

Selanjutnya ada lagi roti yang juga berasal dari Prancis, namanya croissant. Roti ini memiliki kisah saat tentara Prancis berhasil memenangkan peperangan dengan tentara Turki. Bentuknya yang seperti bulat sabit begitu menggoda selera. Teksturnya yang renyah dan empuk cocok disantap bersama mentega dan teh hangat.

Bagel

credit: Pixabay/RaviKhrisnappacredit: Pixabay/RaviKhrisnappa

Bagel merupakan roti khas dari Eropa Timur yang berbentuk seperti donat tapi dalamnya memiliki tekstur lebih padat. Roti ini sangat terkenal di negara Polandia. Biasanya bagel ini diolesi krim keju hingga blueberry.

Sourdough

credit: Pixabay/ Zozz_credit: Pixabay/ Zozz_

Perpaduan dari kata sour yang berarti asam dan dough berarti adonan. Jadi sourdough adalah roti yang rasanya asam dan punya cita rasa unik. Roti ini berasal dari San Fransisco, Amerika.

Pita

credit: beefitswhatsfordinner.comcredit: beefitswhatsfordinner.com

Bergeser ke Arab, roti pita berbentuk bulat dan pipih. Teksturnya yang begitu kenyal dan lapisan luarnya yang sedikit renyah. Pita memiliki rasa yang cukup hambar sehingga bisa dipadukan dengan makanan asin seperti daging, keju hingga yang manis seperti susu manis.

Muffin

credit: Pixabay/ fancycrave1credit: Pixabay/ fancycrave1

Roti ini berasal dari dari Inggris, teksturnya begitu lembut dan biasanya cocok dijadikan camilan.

Ciabatta

credit: Pixabay/ Josch13credit: Pixabay/ Josch13

Ciabatta roti khas milik negara Itali yang berbentuk pipih dan kulitnya keras. Roti ini rasanya gurih dan kenyal saat dinikmati.

Brioche

credit: Pixabay/ ElodiVcredit: Pixabay/ ElodiV

Roti yang berasal dari Perancis ini cocok dimakan sebagai sarapan maupun camilan. Teskturnya yang halus dan bewarna keemasan bisa menjadi favorit banyak orang.

Crumpet

credit: sbs.com.aucredit: sbs.com.au

Berbeda dari roti biasanya, crumpet teskturnya lebih lembab dan sering disajikan dengan krim padat seperti mentega. Roti ini berasal dari negara Inggris.

Buat kamu pecinta roti, kamu bisa menikmati makanan favorit tanpa perlu repot dengan memesan di manisdansedap.com. Bahkan, kamu juga memesan makan lainnya untuk mengisi perut.

Manisdansedap.com merupakan wadah berkumpulkan bagi para seller yang menjual makanannya secara online. Transaksinya pun bisa terpisah dari platform dengan memesan langsung ke nomor Whatsapp seller.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/lmp)



MORE STORIES




REKOMENDASI