8 Jenis Roti Cocok untuk Diet, Kaya Serat - Bikin Kenyang Tahan Lama

Jum'at, 25 Desember 2020 09:44 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Roti Cocok untuk Diet, Kaya Serat - Bikin Kenyang Tahan Lama
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Diet menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan orang demi mendapatkan berat badan yang ideal. Tak jarang segala sesuatu dilakukan seperti memperhatikan asupan makanan yang tepat supaya diet tidak gagal di tengah jalan. Nah, tahukah kalian jika ada beberapa jenis roti yang tinggi serat dan bikin kenyang lebih lama? Hal inilah yang dapat membuat kalian efektif untuk menurunkan berat badan.

 

Baca juga:

 

Meskipun roti menjadi salah satu sumber karbohidrat di masyarakat, bagi kalian yang sedang diet bukan berarti harus menghindari asupan karbohidrat. Sebab, tubuh masih membutuhkan karbohidrat dan berbagai zat penting lainnya yang tidak bisa didapatkan dari jenis makanan lain. Namun, kalian juga harus memperhatikan jenis karbohidrat yang tepat seperti roti yang cocok dikonsumsi. Lalu, jenis roti yang apa saja yang cocok untuk diet? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

 

1. Roti Gandum Utuh

Jenis roti pertama yang cocok untuk diet yaitu roti gandum utuh. Sudah banyak orang yang mengenal jenis roti yang satu ini karena termasuk ke dalam roti terbaik. Roti gandum sendiri menjadi pilihan yang tepat dikonsumsi saat sedang diet. Hal ini lantaran roti gandum mengandung serat yang tinggi sehingga sangat cocok untuk pencernaan.

Selain itu, roti dengan tekstur kasar berwarna kecoklatan ini memiliki vitamin dan mineral yang tinggi pula serta yodium dan asam folat yang baik untuk kesehatan. Ketika kalian mengonsumsi roti gandum utuh, hal ini akan membuat kalian kenyang lebih lama sehingga akan membantu kalian mencapai diet yang sukses.

 

 

Baca juga:

 

2. Sourdough

Selanjutnya, jenis roti yang cocok untuk diet yaitu sourdough. Sour sendiri berarti asam, sedangkan dough berarti adonan. Jadi, jenis roti yang satu ini memang identik dengan rasa masam yang dimilikinya. Hal ini lantaran sourdough menggunakan ragi khusus yang mampu memunculkan cita rasa unik. Roti khas San Fransisco, Amerika ini sering dijadikan sebagai jenis roti untuk diet lho.

Roti sourdough sendiri memiliki tekstur yang cukup kasar karena berasal dari gandum utuh. Mengonsumsi sourdough juga akan meningkatkan kesehatan dari segi pencernaan. Selain itu, mengonsumsi jenis roti ini akan membuat kalian kenyang lebih lama.

 

 

Baca juga:

 

3. Roti Beras Merah

Roti beras merah menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai jenis roti untuk diet. Roti yang terbuat dari tepung beras merah ini merupakan jenis makanan untuk kalian yang sedang menjalani diet vegan dan juga gluten free. Roti jenis ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, protein, kalsium, magnesium, dan potasium yang memang secara alami sudah ada di dalam beras. Selain itu, roti beras merah juga mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup rendah namun cukup tinggi kandungan proteinnya.

 

4. Roti Rye

Roty rye merupakan jenis roti yang berasal dari keluarga gandum. Pembedanya, biji rye diketahui lebih gelap dan juga memiliki tekstur yang kasar. Jika kalian menjadikan roti rye dikonsumsi setiap harinya, maka akan ada sederet manfaat yang bisa kalian peroleh. Hal ini dapat memacu sensitivitas insulin dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kandungan protein yang sangat tinggi pada roti rye juga bisa mencegah seseorang cepat merasa lapar sehingga cocok jadi roti untuk diet.

 

5. Roti Ezekiel

Selanjutnya, roti Ezekiel menjadi roti yang sangat cocok untuk diet. Ciri dari jenis roti ini memang sangat mirip dengan roti gandum dengan warna coklat keemasan. Keunikan dari jenis roti yang satu ini yaitu terbuat dari berbagai campuran kecambah yang dimasukkan ke dalam adonan sehingga kandungan nutrisinya pun meningkat.

Jenis kecambah yang digunakan terbuat dari kacang polong, gandum, barley, hingga milet. Roti ini mengandung protein yang tinggi namun rendah natrium. Itulah mengapa roti Ezekiel menjadi roti yang tepat untuk diet.

 

6. Roti Jagung atau Tortilla

Jenis roti untuk diet selanjutnya yaitu roti jagung atau tortilla karena roti ini memang bersifat gluten free. Roti ini seringkali digunakan untuk makanan seperti sandwich atau kebab dengan ciri fisik berbentuk pipih. Roti jagung atau tortilla memang tidak mengandung banyak vitamin, mineral, maupun serat. Namun, jenis roti yang satu ini bebas dari protein gluten yang membuat sistem pencernaan lebih sehat serta membantu menurunkan berat badan.

 

7. Roti Pumpernickel

Jenis roti yang satu ini terbuat dari tepung gandum hitam dengan ciri khas warnanya yang lebih gelap dan baunya yang lebih kuat. Jenis roti yang satu ini sangat kaya akan serat dan mengandung banyak bakteri baik sehingga bermanfaat untuk melawan penyebab radang usus. Selain itu, roti pumpernickel memiliki kadar gula yang rendah sehingga juga cocok untuk penderita diabetes.

 

8. Roti Oat

Sudahkah kalian tau jika jenis roti oat merupakan roti yang juga bagus untuk diet? Oat sendiri adalah biji sereal utuh yang lebih baik dibandingkan dengan beras. Diketahui roti oat tinggi akan serat, protein, vitamin, serta mineral yang baik untuk tubuh. Itulah mengapa mengonsumsi roti oat membuat kenyang lebih lama dan baik untuk kesehatan cerna. Selain itu, mengonsumsi roti oat dapat menurunkan risik terkena diabetes dan kolesterol lho.

Itulah sederet jenis roti yang baik untuk diet. Meskipun begitu, kalian juga harus mengonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan ya. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga:

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI