10 Manfaat Minyak Kutus Kutus, Obat Herbal Ampuh Atasi Berbagai Penyakit

Penulis: Anik Setiyaningrum

Diterbitkan:

10 Manfaat Minyak Kutus Kutus, Obat Herbal Ampuh Atasi Berbagai Penyakit
Ilustrasi (Credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Minyak kutus kutus sering dijuluki sebagai minyak kehidupan sebab bahan-bahannya yang berasal dari daun, akar, batang tanaman sekaligus. Belakangan, manfaat minyak kutus-kutus menjadi perbincangan karena dipercaya ampuh meringankan bahkan menyembuhkan berbagai penyakit.

Sebagai obat luar, manfaat minyak kutus-kutus bisa didapatkan hanya dengan mengoleskannya pada bagian tubuh yang bermasalah. Manfaat minyak kutus kutus untuk kesehatan antara lain, gatal-gatal, alergi, gangguan pencernaan, dan radang sendi.

Penemunya, Servasius Bambang Pranoto mengaku bahwa awalnya meracik minyak ini sebagai minyak pijat untuk mengobati sakit akibat kecelakaan. Eksperimen untuk mendapat manfaat minyak kutus kutus itu pun diuji pada tubuhnya sendiri. Tidak sembarang, sebelum meyakini manfaat minyak kutus kutus, penemunya sudah mempelajari tentang pengobatan herbal.

Meskipun belum ada bukti ilmiah mengenai khasiat minyak kutus kutus, KLovers tak perlu takut untuk mencoba manfaat minyak kutus kutus berikut ini.

 

1. Redakan Stres dan Gangguan Kecemasan

Stres dan gangguan kecemasan dapat terjadi pada siapa saja. Gangguan ini biasanya dapat menyebabkan aktivitas penderitanya terganggu. Apabila sudah mengganggu, kalian bisa mencoba minyak kutus kutus melalui aromanya.

Aroma dari minyak kutus kutus dapat memberikan efek relaksasi sehingga merangsang sistem limbik di otak dan dapat menurunkan stres dan mengusir kecemasan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ringankan Nyeri Pada Tubuh

Beberapa bahan yang terkandung pada minyak kutus kutus berfungsi sebagai obat analgesik atau pereda nyeri. Minyak kutus kutus dalam hal ini bisa dikombinasikan dengan obat-obatan. Minyak kutus kutus sangat terasa untuk mengurangi rasa nyeri seperti nyeri punggung bawah, nyeri otot, nyeri pada saat datang bulan, dan nyeri kepala.

 

3. Atasi Gangguan Tidur

Insomnia adalah salah satu keluhan yang umum ditemui pada orang dewasa. Minyak kutus kutus bisa digunakan sebagai penawarnya. Penggunaan minyak ini sebelum tidur dapat memberikan efek nyaman, sehingga tubuh terasa lebih rileks dan tidur pun lebih lelap.

 

4. Penambah Berat Badan Bayi

Pijat bayi yang saat ini sedang menjadi tren di kalangan orangtua milenial juga dapat dilakukan di rumah. Manfaat minyak kutus kutus bisa dirasakan dalam proses pemijatan ini, lho, KLovers. Pijat bayi menggunakan minyak memiliki banyak keuntungan, diantaranya meningkatkan penyerapan lemak dari ASI, sehingga berat badan bayi bertambah. Selain itu, pijat bayi juga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak.

 

5. Mengaktifkan Chi

Manfaat minyak kutus kutus dapat bekerja sebagai penyembuh karena dipercaya bisa mengaktifkan energi chi dalam tubuh. Energi chi yang dimaksud ialah energi chi penyembuh yang merangsang sel-sel penyembuh dalam tubuh agar bekerja lebih optimal.

Dengan kata lain, manfaat minyak kutus kutus ini mendorong kinerja chi penyembuh dalam tubuh agar lebih optimal.

 

6. Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Selain mengaktifkan energi chi penyembuh dalam tubuh, manfaat minyak kutus kutus juga bisa dirasakan untuk perbaikan metabolisme tubuh. Artinya, minyak kutus kutus tak hanya bermanfaat bagi yang sedang sakit tetapi juga bagi yang tak mengalami sakit apapun.

Penggunaan minyak kutus kutus secara teratur dapat menjaga tubuh sekaligus meningkatkan kinerja organ tubuh.

 

7. Melindungi Pencernaan

Manfaat minyak kutus kutus berikutnya tak kalah penting dengan manfaat-manfaat sebelumnya yaitu untuk melindungi sistem pencernaan tubuh. Minyak ini diyakini dapat melindungi organ tubuh seperti lambung, usus, serta ginjal.

Selain itu, minyak kutus kutus juga dapat mengatasi sakit perut, nyeri lambung, maag, serta masalah pencernaan lainnya. Bagi anak-anak, minyak ini baik dikonsumsi secara rutin agar terhindar dari gangguan nafsu makan.

 

8. Meningkatkan Gairah Seksual

Minyak kutus kutus terbuat dari banyak tanaman herbal bermanfaat dan salah satunya adalah purwaceng. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman afrodisiak atau dengan kata lain tanaman yang memiliki khasiat untuk membangkitkan gairah seksual.

Dengan adanya tanaman purwaceng tersebut, tak heran bila minyak kutus kutus dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual bagi pria dan wanita. Minyak kutus-kutus yang memiliki kandungan minyak kelapa ini ternyata juga bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Obat herbal ini dipercaya sangat berkhasiat terutama bagi yang memiliki kondisi kulit kering atau bersisik.

 

9. Mengatasi Wasir

Manfaat minyak kutus kutus juga bisa dirasakan oleh penderita penyakit wasir. Dengan berbagai ramuan alami yang terkandung di dalamnya, minyak kutus dipercaya juga mampu mengatasi gejala penyakit yang satu ini. Bahkan minyak kutus juga dapat dijadikan pengobatan alternatif pendamping obat-obatan medis.

 

10. Anti Nyamuk Alami

Selain kondisi-kondisi penyakit di atas, minyak kutus kutus juga dapat digunakan sebagai anti nyamuk alami. Aromanya yang khas tidak disukai oleh nyamuk dan serangga, KLovers cukup mengoleskan minyak ini di tangan dan kaki saat beraktivitas atau sebelum tidur agar tidak lagi diganggu nyamuk.

Itulah beberapa manfaat minyak kutus kutus yang bisa kalian coba. Beberapa kandungan di dalamnya terlalu sayang untuk dilewatkan, lho KLovers!

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending