9 Wisata Alam Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan NUMBER

Kamis, 01 Agustus 2019 13:08 Penulis: Editor KapanLagi.com
9 Wisata Alam Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan NUMBER
sc: instagram/thecabincileunca/info.rancabali/wisatakawahputih


Kapanlagi Plus - Bandung memiliki berbagai macam wisata alam yang sayang untuk dilewatkan ketika KLovers berkunjung ke sana. Mulai dari danau, pegunungan, hingga hamparan perkebunan teh yang cocok bagi KLovers pecinta fotografi. Wisata alam Bandung sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya, selain itu wisata alam Bandung juga dapat menjadi referensi tempat liburan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bagi KLovers yang gemar berwisata alam, maka Bandung adalah tempat yang cocok untuk KLovers kunjungi. Selain alamnya yang indah, Bandung juga merupakan tempat yang ramah wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Sebelum KLovers berangkat ke Bandung simak beberapa referensi berikut, dilansir dari liputan6.com, berikut adalah wisata alam Bandung yang tidak boleh KLovers lewatkan.

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca adalah wisata alam Bandung yang harus KLovers kunjungi ketika berada di Bandung Selatan. Danau yang berada di Pangalengan ini merupakan danau buatan. Tidak hanya pemandangan danau saja, di sekitarnya terdapat bukit-bukit dan latar belakang pegunungan yang pastinya memanjakan mata setiap wisatawan yang datang ke sana.

Situ Cileunca berlokasi di Desa Warnasari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan hanya satu setengah jam dari pusat Kota Bandung. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, KLovers cukup membayar Rp 2.500 perorangnya. Banyak fasilitas yang bisa KLovers nikmati di sini seperti menaiki kapal dan lain sebagainya.

2. Air Panas Ciwalini

Wisata alam Bandung memang identik dengan alam dan suasana yang dingin khas pegunungan. Untuk KLovers yang ingin merasakan berendam air hangat di udara yang dingin khas Bandung, KLovers bisa berkunjung ke Air Panas Ciwalini. Air panas ini langsung dari Gunung Patuha, dan memiliki air yang jernih serta tidak berbau belerang.

Lokasinya berada di Kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, KLover harus menempuh jarak 46 kilometer dari pusat Kota Bandung. Di sini terdapat dua kolam pemandian air panas, yaitu untuk dewasa dan untuk anak-anak. Selain itu di sini juga terdapat tempat mandi air panas dengan kondisi yang tertutup untuk privasimu. Harga tiket masuk ke lokasi wisata Bandung Selatan ini adalah Rp 15.000 perorangnya.

3. Perkebunan Teh Rancabali

Ingin menikmati hamparan kebun teh yang luas dengan bukit-bukit yang indah, KLovers bisa pergi ke perkebunan teh Rancabali. Wisata alam Bandung yang satu ini sangat cocok untuk KLovers yang hobi berfoto dengan pemandangan alam yang hijau dan luas. Selain itu, KLovers juga bisa belajar mengolah daun teh di prabrik pembuatan teh yang ada di sana. Wisata ini juga termasuk wisata edukasi yang cocok untuk anak.

Lokasi perkebunan teh Rancabali terdapat di Jalan Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat berjarak 47 kilometer dari pusat Kota Bandung. Harga tiket hanya Rp 5.000 perorang dan Rp 30.000 jika menggunakan jasa pemandu wisata.

4. Perkebunan Teh Gambung

Masih dengan perkebunan teh, salah satu perkebunan teh yang bisa KLovers kunjungi di Bandung adalah Perkebunan Teh Gambung. Selain pemandangan perkebunan teh yang luas dan indah, fokus utama wisata di sini adalah wisata edukasi terkait perkebunan teh.

Wisata alam Bandung yang satu ini sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak yang ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan teh secara langsung, simulasi jual beli, memetik daun teh, dan masih banyak lagi kegiatan edukasi yang bisa dilakukan di sini.

Lokasi Perkebunan Teh Gabung ini berada di Pasir Jambu, Gambung, Bandung Selatan, Jawa Barat, berjarak 40 kilometer dari pusat Kota Bandung.

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey adalah wisata alam yang cukup terkenal dan juga ikonik di Bandung, keindahannya tidak perlu diragukan lagi, tempat ini juga cocok untuk tempat foto pra wedding ataupun hanya untuk sekedar swafoto.

Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan keasaman belerang tertinggi di dunia.

Lokasi dari Kawah Putih Ciwidey adalah di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, Bandung dan KLovers harus menempuh jarak lumayan jauh, yaitu 50 kilometer dari pusat Kota Bandung. Tapi semua akan terbayar tuntas ketika KLovers sampai di destinasi ini, untuk memasuki kawasan wisata ini KLovers hanya perlu mengeluarkan uang Rp 18.000 perorangnya.

6. Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Danau Patenggang adalah wisata alam Bandung yang juga terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Situ Patenggang juga sering disebut sebagai simbol cinta Bandung Selatan. Tempat ini akan banyak dikunjungi oleh wisatawan saat bulan Februari, karena pada bulan Februari banyak pasangan yang datang sekedar untuk berwisata ke Batu Cinta yang ada di sana.

Ada beberapa fasilitas di Situ Patenggang yang bisa KLovers nikmati seperti tempat makan, tempat penginapan, toko oleh-oleh, dan lain sebagainya. Lokasi Situ Patenggang berada di Jalan Raya Ciwidey, Desa Patengan, Rancabali, Bandung kurang lebih sepuluh menit jika ditempuh dari Kawah Putih Ciwidey. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, hanya Rp 18.000 perorang.

7. Curug Maribaya

Curug Maribaya dikenal sebagai air terjun yang kental akan mitos dan hal mistis di dalamnya. Namun tak perlu khawatir, lokasi ini tetap menyimpan pesona alam yang luar biasa indahnya. Destinasi ini hanya berjarak 39 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Selama KLovers berhati-hati, tidak akan terjadi masalah saat mengunjunginya. Untuk menikmati pemandangan air terjun Bandung ini, KLovers hanya perlu mengeluarkan Rp 3.000 untuk dapat masuk ke tempat wisata di Bandung yang murah ini.

8. Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu wisata alam Bandung yang patut dikunjungi saat bermalam di Bandung. Terletak tidak jauh dari pusat kota hanya berjarak 10 kilometer dari pusat Kota Bandung, KLovers dapat menyaksikan indahnya gemerlap Kota Bandung di malam hari dari ketinggian.

Beberapa tempat makan pun tersedia di wilayah ini. Di sini KLovers juga dapat menemukan kuliner-kuliner khas Sunda yang siap menemani malam KLovers menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian. Tidak ada biaya masuk bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini.

9. Caringin Telu

Wisata alam Bandung selanjutnya adalah Caringin Telu yang cocok dinikmati ketika malam hari. Caringin Telu yang berada di wilayah Cimenyan, Bandung. Caringin Tilu dalam bahasa Sunda berarti beringin tiga.

Sesuai namanya, di tempat ini terdapat tiga pohon beringin yang bediri kokoh. Konon, tiga beringin ini ditanam langsung oleh Presiden RI pertama, Soekarno.

Caringin Telu menawarkan panorama malam yang indah Kota Bandung dari ketinggian. Soal akomodasi tak perlu khawatir, di sini sudah banyak tersedia penginapan dan restoran yang siap memanjakan malam KLovers di Bandung. Tempat wisata ini gratis, pengunjung hanya membayar retribusi parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 20.000 untuk bus pariwisata. Selain gratis destinasi ini juga dekat dengan pusat kota, KLovers hanya perlu menempuh 30 menit perjalanan untuk sampai di sana.

Itulah beberapa referensi destinasi wisata alam Bandung yang sayang untuk KLovers lewatkan ketika berkunjung ke Bandung, pastikan KLovers berkunjung di waktu yang tepat agar liburan KLovers berjalan lancar.

Penulis: Aljihadi Fathoni

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI