9 Wisata Kuliner Khas Asli Jakarta Terbaru, Menarik Dicoba saat Berada di Ibu Kota

Kamis, 23 Januari 2020 18:39 Penulis: Iwan Tantomi
9 Wisata Kuliner Khas Asli Jakarta Terbaru, Menarik Dicoba saat Berada di Ibu Kota
©Shutterstock


Kapanlagi Plus - Wisata kuliner khas asli Jakarta apa saja sih? Pertanyaan tersebut rasanya hampir berulang kali terdengar, bahkan dari orang-orang yang sudah tinggal lama di Jakarta sekalipun. Ini karena ada banyak sekali kuliner khas asli Jakarta yang bisa dicicipi, baik selepas bekerja, maupun saat berkunjung ke ibu kota.

Sampai-sampai banyak yang bilang, kuliner Jakarta ini nggak ada habisnya, meski dimakan pagi, siang maupun malam. Apalagi Jakarta juga kental banget dengan budaya Betawi, yang juga mewariskan banyak sekali kuliner khas. Nggak heran, jika wisata kuliner di Jakarta akan pernah membosankan, meski berulang kali dilakukan.

Nah, biar wawasanmu bertambah dan nggak hanya tahu yang itu-itu saja, berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner khas asli Jakarta yang wajib banget kamu coba!

1. Gulai Gajebo

Dari namanya saja sudah menggugah selera, apalagi kalau sudah mencobanya langsung. Gulai Gajebo menjadi salah satu wisata kuliner khas asli Jakarta pertama yang wajib banget kamu coba.

Temukan makanan lezat ini dengan berkunjung ke Rumah Makan Sepakat yang beralamat Jalan Melawai, Jakarta Selatan. Yang bikin spesial dari Gulai Gajebo ini adalah bahan bakunya yang diambil dari bagian punuk sapi.

Nah, lemak tebal yang menempel pada bagian tersebut dimasak asam padeh, tetapi nggak menggunakan santan, melainkan hanya air kelapa saja. Hasilnya, rasa dari Gulai Gajebo ini begitu menimbulkan nafsu makan, hingga tahu-tahu pengin tambah nasi putih lagi.

Sebagai informasi tambahan, Rumah Makan Sepakat ini sudah ada sejak 1969. Menariknya, banyak yang sepakat jika keaslian rasa menu-menu di rumah makan tersebut nggak pernah berubah hingga sekarang.

2. Ragusa Es Italia

Percaya atau nggak, di Jakarta ada salah satu tempat wisata kuliner khas yang menyajikan hidangan pencuci mulut super lezat. Apa lagi kalau bukan Ragusa Es Italia yang berlokasi di Jalan Veteran I No 10, Gambir, Jakarta Pusat.

Ya, tempat wisata kuliner khas asli Jakarta tersebut kamu bisa menikmati beragam es krim legendaris super lezat, seperti Spaghetti Ice Cream. Seperti namanya yang tampak classy, tempat kuliner yang sudah ada sejak 1932 tersebut, benar-benar menawarkan cita rasa es krim yang nggak pernah berubah kelezatannya.

Di sana kamu bisa memesan satu maupun keempat jenis es krim. Ada regular, premium, mixed serta fancy flavored. Selain itu, Ragusa Es Italia juga memiliki interior yang unik, jadi pas makan es krim di sana benar-benar kerasa banget suasana jadulnya.

3. Soto Betawi H Maruf

Soto Betawi merupakan salah kuliner tradisional yang wajib banget dinikmati saat berada di ibu kota. Salah satu tempat wisata kuliner khas asli Jakarta yang menjual soto Betawi super lezat, adalah Soto Betawi H Maruf.

Warung legendaris yang sudah ada sejak 1940 ini, memiliki sajian Soto Betawi yang khas. Kuahnya cenderung lebih gelap, dibandingkan soto Betawi pada umumnya.

Selain itu, sajiannya juga banyak berisi tulang muda dan tulang rawan, yang bikin citarasanya makin nendang. Kamu bisa mengunjungi Soto Betawi H Maruf di Jalan Pramuka No 64, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

4. Gado-Gado Bonbin

Ada banyak sekali gado-gado di Jakarta, tetapi bicara yang paling enak dan legendaris banget, kamu bisa datang ke Gado-Gado Bonbin yang berada di Jalan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Keunggulan wisata kuliner khas asli Jakarta tersebut adalah bahan dan bumbunya tetap dibuat secara tradisional sejak 1960. Kelezatan bumbunya berasal dari kacang tanah yang disangrai, baru dimasak dengan bumbu gado-gado lainnya.

Seporsi Gado-Gado Bonbin berisikan tauge, kol, kacang panjang, bayam, timun, kentang, tahu, telur, lalu disiram dengan bumbu gado-gado yang lezat. Sebagai penyempurna, taburan bawang goreng, emping, serta kerupuk udang makin membuat siapapun yang memesannya nggak sabar untuk menghabiskan Gado-Gado Bonbin.

5. Ayam Nan King dan Sup Burung Walet

Bosan makan ayam goreng yang biasa-biasa saja? Coba deh ganti menu makanmu dengan menikmati wisata kuliner khas asli Jakarta berupa Ayam Nan King dan Sup Burung Walet.

Terdengar unik, tapi tahukah kamu jika kedua menu tersebut amat lezat dan melegenda di Jakarta. Terlebih nggak sulit kok menemukannya, kamu tinggal datang saja ke Restoran Trio yang berlokasi di Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Beragam hidangan Chinese food lezat bisa kamu lahap di sana. Bahkan, Restoran Trio punya 200 menu lebih yang bisa kamu pilih, di mana 42 menu di antaranya amat direkomendasikan. Termasuk di dalamnya ada Ayam Nan King, Sup Burung Walet, juga Gohiong.

Selain itu, ada menu yang begitu diidolakan banyak pengunjung di sana, seperti beragam mie, ayam wud kee dan lumpia udang. Mana yang ingin kamu coba duluan?

6. Kopi Es Tak Kie

Buat kamu yang suka ngopi di kafe-kafe, nggak ada salahnya datang ke Kopi Es Tak Kie. Pasalnya, tempat wisata kuliner khas asli Jakarta tersebut nggak hanya enak, tetapi juga legendaris banget. Kopi Es Tak Kie sudah ada sejak 1927 lho.

Di kedai yang berlokasi di Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat tersebut, kamu bisa menikmati dua jenis kopi, yaitu kopi hitam dan kopi susu. Meski variannya nggak banyak, jangan salah, kedua menu tersebut justru memiliki citarasa istimewa, lantaran nggak pernah berubah sejak lama.

7. Laksa Betawi Assirot

Tahu nggak sih jika di Jakarta ada laksa Betawi yang enak banget. Wisata kuliner khas asli Jakarta tersebut bisa kamu temukan di Laksa Betawi Assirot. Keunggulan laksa Betawi di sana terletak pada bumbunya yang begitu menggugah selera, karena mengandung rempah yang kuat.

Ini karena laksa Betawi di sana dipenuhi banyak bumbu khas Indonesia, seperti lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar, serta rempah khas berupa rebon. Tambahan santan di dalamnya, makin membuat Laksa Betawi Asirot rasanya tetap nendang sejak pertama kali jualan pada 1978.

Seporsi laksa Betawi di sana berisikan ketupat, daun kucai, taoge, bawang goreng, tahu, hingga semur telur dan daging. Mantab banget kan? Kamu bisa mencoba langsung lezatnya Laksa Betawi Assirot di Jalan Assirot No 1, Jakarta Selatan.

8. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Sementara kalau ingin menikmati wisata kuliner khas asli Jakarta di malam hari, kamu bisa mampir langsung ke Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Berjualan sejak 1958, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih memiliki rasa yang nggak pernah berubah.

Rasanya begitu gurih, karena bumbunya diramu dari kapulaga, kunyit, lada, serai, dan bumbu lain menjadi rahasia di balik kelezatan masakan tersebut. Selain itu, beras yang digunakan juga nggak sembarangan.

Begitu pula dengan pengolahan daging kambing yang tepat, hingga membuatnya dagingnya empuk dan nggak bau prengus. Nggak heran jika tempat wisata kuliner yang berlokasi di Kebon Sirih, Menteng Jakarta Pusat ini selalu antre pembeli.

9. Bakmie Gang Kelinci

Bicara wisata kuliner legendaris khas asli Jakarta, nggak afdol rasanya tanpa memasukkan Bakmie Gang Kelinci. Wisata kuliner ini benar-benar melegenda kelezatannya. Bayangkan saja, Bakmie Gang Kelinci ini sudah ada sejak 1975. Sejak awal berdiri, Bakmie Gang Kelinci masih bertempat di lokasi yang sama, yaitu kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Salah satu menu andalan yang diantre hingga mengular banget adalah bakmi ayam jamur. Mienya yang kenyal, berpadu dengan kuah kaldu yang polos, tapi begitu gurih saat dinikmati. Tambahan, ayam dan jamur yang lezat, kian menyempurnakan rasa dari Bakmie Gang Kelinci.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba beragam jenis mie lainnya yang dijual di sana. Dimsumnya juga nggak kalah enak, jadi sampai kelewatan untuk menyantapnya juga.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI