9 Wisata Malam di Jogja yang Murah Tapi Nggak Murahan Buat Sempurnakan Liburanmu

Selasa, 04 Februari 2020 19:26 Penulis: Iwan Tantomi
9 Wisata Malam di Jogja yang Murah Tapi Nggak Murahan Buat Sempurnakan Liburanmu
©Shutterstock


Kapanlagi Plus - Wisata malam di Jogja mana saja yang pernah kamu kunjungi? Atau, kamu sedang bingung mau ke mana saat malam-malam di Jogja? Sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan di Indonesia, Jogja memang memiliki segudang daya tarik.

Bukan saja menyuguhkan beragam atraksi wisata yang bisa dinikmati di siang hari, Jogja juga menghadirkan beragam wisata malam yang nggak kalah seru, untuk menyempurnakan liburan setiap wisatawan.

Menariknya, wisata malam di Jogja bukan hanya dipenuhi dengan wisata kuliner. Ada beberapa atraksi wisata unik, seperti parade budaya yang bisa kamu nikmati saat malam hari di Jogja. Bahkan, wisata malam di Jogja tersebut bisa kamu nikmati secara murah meriah.

Lebih lanjut, berikut wisata malam di Jogja yang murah, tetapi nggak murahan untuk menyempurnakan liburanmu bersama orang-orang spesial.

1. Tugu Jogja

Dikenal sebagai ikon Jogja, keberadaan Tugu Jogja makin menarik perhatian saat malam hari. Landmark berupa menara setinggi 15 meter ini berwarna putih dengan beberapa aksen emas.

Saat siang hari warnanya begitu kontras dengan bangunan di sekitarnya, sehingga tetap mencolok. Menariknya, di malam hari bangunan ini tampak berpendar dengan sorotan lampu di sekelilingnya.

Hal ini membuat rupa Tugu Jogja jauh lebih indah. Nggak sedikit orang yang ingin berfoto di kawasan ini. Meskipun gratis, tetapi tetap waspada, lantaran lokasi Tugu Jogja ini tepat di tengah persimpangan padat kendaraan.

2. Alun-Alun Kidul Jogja

Tempat ini sangat terkenal di Jogja, lebih-lebih di malam hari. Nggak heran jika alun-alun kidul Jogja ini menjadi salah satu wisata malam favorit wisatawan. Biasanya, para pengunjung yang ke sana, bakal mencoba tantangan unik, berupa jalan sambil menutup mata menuju dua pohon beringin kembar.

Barang siapa yang bisa lewat di antara dua pohon beringin kembar tersebut, konon keinginannya bisa terwujud. Terlepas benar atau nggak, yang jelas kegiatan tersebut seru buat dicoba, agar liburanmu ke Jogja makin terasa sempurna.

Selain itu, Alun-Alun Kidul Jogja juga mobil hias dengan lampu beraneka rupa yang bisa kamu sewa untuk berkeliling di sana.

3. Taman Pelangi Jogja

Ingin menikmati wisata malam di Jogja yang penuh dengan kerlap-kerlip lampu? Datang saja ke Taman Pelangi yang berlokasi di Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Di malam hari, Taman Pelangi yang berlokasi di pelataran Monjali ini akan menyala warna-warni. Kamu pun bisa menikmatinya secara gratis, saat datang ke sana bersama orang-orang spesial.

Selain itu, di sekitar Monjali dan Taman Pelangi, kamu bisa mengunjungi juga museum sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga bisa menambah wawasan sejarah bangsa sembari berwisata.

4. Alun-Alun Utara Jogja

Selain Alun-Alun Selatan, wisata malam di Jogja yang murah dan perlu kamu kunjungi adalah Alun-Alun Utara Jogja. Sebab, di malam hari alun-alun ini lebih meriah dengan beragam pesta rakyat.

Banyak wahana tradisional yang bisa kamu coba, semacam kora-kora, bianglala, ombak banyu, hingga rumah hantu. Apalagi saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tiba, di Alun-Alun Utara Jogja lebih meriah dengan kehadiran Pasar Malam Sekaten yang rutin digelar setiap tahun.

Sementara jika lapar, kamu bisa jajan sepuasnya aneka makanan tradisional khas Jogja di sana.

5. Bukit Bintang Jogja

Jogja juga memiliki tempat wisata malam menarik yang menyuguhkan panorama gemerlap lampu kota dari ketinggian. Wisata malam di Jogja tersebut dapat kamu temukan di Bukit Bintang.

Dengan lokasi yang berada di ketinggian 150 mdpl, kamu bisa menikmati lezatnya jagung bakar maupun beragam minuman hangat dari Bukit Bintang. Menariknya, semua makanan di sana tergolong cukup murah, tetapi dijamin baik panorama maupun citarasa makanan yang disajikan nggak murahan.

6. Titik Nol Kilometer Jogja

Nggak semua kawasan titik nol kilometer di setiap kota di Indonesia menjadi daya tarik wisata. Namun, lain dengan titik nol kilometer Jogja yang justru makin dipenuhi wisatawan saat malam hari.

Ini karena di sekitar kawasan titik nol kilometer Jogja ini banyak berdiri bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Masyarakat sekitar biasa menyebut bangunan-bangunan tersebut sebagai loji.

Di malam titik nol kilometer Jogja ini makin cantik dengan pendar kekuningan dari lampu-lampu jalanan, hingga lampu sorot yang diarahkan ke bangunan-bangunan bersejarah.

Selain itu, di sana kamu juga bisa menjumpai banyak sekali seniman jalanan beratraksi, termasuk patung orang yang begitu ikonik.

7. Taman Lampion Kaliurang Jogja

Jika kamu menginap di kawasan Kaliurang, mampirlah ke Taman Lampion Kaliurang Jogja. Berlokasi di Gardu Pandang Kaliurang, Sleman, kamu bisa menikmati indahnya Festival of Light Kaliurang.

Di sana beragam lampion dengan beragam tema dan warna-warna yang indah, bisa dinikmati tanpa harus keluar banyak uang. Selain itu, di Taman Lampion Kaliurang Jogja juga bisa menikmati air mancur menari atau dancing fountain yang begitu menawan.

Wisata malam di Jogja itu pun makin lengkap dengan tambahan jajanan tradisional maupun modern yang siap mengenyangkan perut setiap wisatawan.

8. Papermoon Puppet Theatre

Di luar lagi hujan, dan ingin menikmati wisata malam di Jogja yang tenang-tenang saja? Kamu bisa berkunjung ke Papermoon Puppet Theatre. Sesuai namanya, di sana kamu bisa menikmati serunya teater boneka yang begitu populer berkat salah satu adegan di film Ada Apa Dengan Cinta 2.

Terlepas dari kesederhanaan setiap bonekanya, sebenarnya makna cerita yang dibawakan dalam Papermoon Puppet Theatre ini sangat mendalam. Lokasinya sendiri berada di Studio Papermoon Puppet Theatre yang berada di Bangunjiwo, Bantul.

Wisata malam di Jogja ini bakal memberikan kesan menarik buat liburanmu di Kota Gudeg.

9. Malioboro

Banyak yang bilang kawasan Malioboro nggak pernah ada matinya di Jogja. Benar saja, mulai matahari terbaik hingga terbenam, berbondong-bondong wisatawan sudah memadati tempat super populer di Jogja tersebut.

Menariknya, semakin malam, Malioboro justru semakin asyik dan penuh dengan hiburan. Inilah yang bikin kamu nggak boleh sampai absen datang ke Malioboro saat menikmati wisata malam di Jogja.

Dengan lampu-lampu kota menyinari jalan legendaris tersebut, kehidupan malam di Malioboro semakin terasa dengan suara orkes jalanan yang begitu menghibur. Asyiknya lagi, kamu nggak harus membayar untuk menikmati beragam keseruan malam di Malioboro.

Dari beberapa wisata malam di Jogja tersebut adakah yang sudah pernah kamu kunjungi? Jika belum, kamu bisa memasukkannya dalam rangkaian agenda liburan di Jogja.

Dengan begitu liburanmu di sana lebih lengkap, nggak hanya berjelajah di siang hari, tetapi juga bisa menyempurnakannya dengan menikmati wisata malam di Jogja.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI