Air Terjun Lepo di Jogja, 'Erawan Falls'-nya Indonesia

Rabu, 28 Februari 2018 21:58 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Air Terjun Lepo di Jogja, 'Erawan Falls'-nya Indonesia
Air Terjun Lepo (credit : instagram.com/anthony_zavino, instagram.com/ikasoegianto, instagram.com/dolandelo)

Kapanlagi Plus -

Air Terjun Lepo menawarkan keindahan nan alami (credit : instagram.com/ikasoegianto)Air Terjun Lepo menawarkan keindahan nan alami (credit : instagram.com/ikasoegianto)

Banyak munculnya wisata baru kadang malah membuat Klovers bingung sendiri. Namun dari sekian banyaknya destinasi wisata di Jogja, ada satu yang baru. Tempat wisata air yang tidak kalah menarik dengan sebelum-sebelumnya.

Bernama Air Terjun Lepo, tempat ini menawarkan keindahan air terjun yang begitu mempesona. Terletak di Desa Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jaraknya sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta.

Dari karakter air terjun ini, memiliki karakter yang sama dengan air terjun Erawan Falls yang berada di Thailand. Karena itu banyak yang bilang air terjun ini sebagai Erawan Falls-nya Indonesia. Air terjun ini juga sudah dikelola dengan baik oleh warga setempat untuk memudahkan pengunjung untuk turun mendekati air terjun.

Air Terjun Lepo menjadi primadona wisata air baru di Jogja (credit : instagram.com/anthony_zavino)Air Terjun Lepo menjadi primadona wisata air baru di Jogja (credit : instagram.com/anthony_zavino)

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan, tingkatan pertama memiliki ketinggian air terjun sedang dengan kolam yang memiliki kedalaman sekitar setengah meter. Disini pengunjung dapat duduk merendamkan kaki di kolam sedang tersebut. Di kolam biasanya dijadikan untuk berfoto. Warga menyebut kolam di bawah air terjun ini dengan sebutan curug.

Tingkatan ke dua memiliki sisi curam dan licin. Pengunjung diharapkan lebih berhati-hati di tingkatan ini karena akan melewati jalanan berbatu yang curam disi air terjun. Untuk kedalaman airnya sendiri sekitar lutut orang dewasa. Di air terjun tingkatan ke dua ini juga bisa digunakan untuk area bermain air.

Di tingkatan ke tiga adalah tingkatan terbawah. Biasanya dijadikan tempat untuk berenang oleh orang dewasa. Di tingkatan terendah ini air terjunnya lebih pendek. Namun untuk kolamnya sendiri terbilang lebih dalam dan luar dibandingkan ke dua tingkatan lainnya.

Air Terjun Lepo mewanarkan keindahan nan alami (credit : instagram.com/ikasoegianto)Air Terjun Lepo mewanarkan keindahan nan alami (credit : instagram.com/ikasoegianto)

Baru di buka untuk umum sekitar beberapa tahun terakhir namun sudah banyak netizen datang ke air terjun ini. Kabar keindahan Air Terjun Lepo ini langsung cepat terdengar dari telinga ke telinga. Apalagi dengan adanya sosial media, tempat ini semakin mudah di diketahui.

Untuk datang ke Air Terjun Lepo ini mengunjung akan melewati berbagai tikungan, tanjakan dan turunan. Namun semuanya akan terbayar ketika sampai, karena di air terjun tersebut disuguhkan dengan suasanya yang begitu nyaman. Udara yang sejuk dan pepohonan hijau di sisi kanan dan kiri yang membuatnya semakin asri.

WIsata air murah meriah (credit : instagram.com/dolandelo)WIsata air murah meriah (credit : instagram.com/dolandelo)

Belum banyak papan petunjuk untuk mencapai lokasi air terjun tersebut. Namun KLovers tak perlu khawatir karena warga setempat akan dengan senang hati memberitahukan arah lokasi air terjun Lepo ini. Untuk biaya masuknya sendiri tidak ada, Klovers hanya membayar biaya parkir saja. Murah meriah bukan.

Tak hanya itu, meskipun terbilang baru namun telah diberikan fasilitas kamar mandi juga lho KLovers. Jadi kalian tak usah khawatir. Apakah KLovers tertarik untuk datang kemari? Datanglah kemari karena akan melihat begitu indahnya keindahan alam ini.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI