Unik, Jembatan Kaca Pertama Indonesia Ada di Malang

Selasa, 10 Oktober 2017 13:58 Penulis: Tyssa Madelina
Unik, Jembatan Kaca Pertama Indonesia Ada di Malang
Jembatan Ngalam Indonesia © Malang Today

Kapanlagi Plus - Setelah sebelumnya, China meresmikan jembatan tertinggi dan terpanjang di dunia sepanjang 430 meter . kali ini ada yang serupa hadir di Indonesia. Meskipun tak sepanjang jembatan di China, jembatan ini sukses menyorot perhatian karena menjadi jembatan kaca pertama yang ada di Indonesia. Wah, dimana tuh?

Jembatan sepanjang 25 meter ini berada di Malang, tepatnya di antara Kampung Warna-Warni (KWW) dan Kampung Tridi. Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi sendiri merupakan dua destinasi baru di kota Malang yang kerap menjadi serbuan para pecinta fotografi. Sebelumnya, dua perkampungan ini awalnya hanya kampung kumuh namun karena kreatifitas warga dan akademisi setempat, kampung ini pun 'disulap' menjadi objek wisata.

Sontak, dengan adanya jembatan penghubung antara dua kampung tersebut, akan semakin meramaikan kedua destinasi wisata kampung tematik. Walikota Malang, M. Anton, pun bersyukur karena dengan terwujudnya jembatan yang dijuluki Jembatan Ngalam Indonesia, maka sejarah baru saja diukir. “Hal yang sebelumnya kami rasa ridak mungkin akhirnya diwujudkan dengan bantuan para CSR seperti PT Indana Paint, BNI, Bank Jatim dan beberapa stakeholder terkait. Kami sangat berterima kasih untuk itu,” tuturnya dalam sambutan peresmian Jembatan Kaca Ngalam Indonesia, Senin (9/10) seperti dilansir dari Malang Today.

Jembatan ini menghubungkan dua destinasi kampung tematik di Malang © Malang TodayJembatan ini menghubungkan dua destinasi kampung tematik di Malang © Malang Today

Pria yang akrab disapa Abah Anton ini berharap kerjasama yang terjalin dapat meningkatkan perkembangan kota Malang. Adanya jembatan tersebut juga menjadi titik cerah bagi pertumbuhan UMKM setempat. Potensi UMKM dapat dimaksimalkan sehingga dapat memajukan laju ekonomi warga setempat.

Sementara itu, Vice President PT Indana Paint, Steven A. Sugiarto selaku CSR pembangunan jembatan kaca menambahkan, pertumbuhan kampung tematik secara langsung telah merubah stigma negatif kampung kumuh. Hal tersebutlah yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang menikmati. Bahkan untuk ke depannya, ada Kampung Biru Arema yang akan segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Dengan adanya jembatan kaca yang menghubungkan kedua kampung tersebut, Steven berharap agar masyarakat dan wisatawan turut menjaga kebersihannya. Bagaimana menurutmu, KLovers, tertarik menjadikan Jembatan Ngalam ini menjadi destinasimu selanjutnya?

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI