Aldama Putra Taruna ATKP Meninggal Dunia Dianiaya Senior, Kemenhub Bentuk Tim Khusus

Rabu, 06 Februari 2019 23:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini
Aldama Putra Taruna ATKP Meninggal Dunia Dianiaya Senior, Kemenhub Bentuk Tim Khusus
Ilustrasi ©merdeka.com


Kapanlagi Plus - Duka kembali menyelimuti dunia pendidikan Indonesia yang baru saja kehilangan seorang taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan. Sekolah yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan itu kehilangan siswa bernama Aldama Putra Ponggala pada Minggu (3/2/2019).

Pada keterangan resmi yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan RI lewat akun Instagram @kemenhub151, Aldama meninggal dunia pada usia 19 tahun. Ia menghembuskan napas terakhirnya setelah mengalami tindak kekerasan dari seniornya di ATKP.

"#KawulaModa, duka mendalam dan belasungkawa atas meninggalnya Aldama Putra Pongkala (19 tahun), taruna Akademi Teknik Keselamatan dan Penerbangan Makasar pada Minggu, 3 Januari 2019 yang diduga akibat tindakan kekerasan oleh seniornya," demikian bunyi pengumuman tersebut.

1. Kementerian Melakukan Investigasi

Kasus ini mendapatkan perhatian dari Kementerian Perhubungan yang menaungi Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan. Menteri Perhubungan pun sudah memberikan instruksi agar kasusnya diusut sampai tuntas.

"Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sangat menyesalkan terjadinya tindakan kekerasan di sekolah tersebut yang menewaskan taruna dan secara langsung telah memerintahkan Kepala Badan Pengembangn Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan untuk membentuk tim investigasi internal guna melakukan investigasi mengapa kasus tersebut sampai terjadi lagi," tulis pengumuman itu.

2. Kemenhub Bertanggung Jawab

Dalam keterangan lanjutannya, Kemenhub menyatakan akan bertanggung jawab untuk semua proses pemakaman mendiang Aldama. Mereka pun berjanji untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan di sekolah milik pemerintah tersebut.

"Sebagai tindak lanjut dari kejadian tersebut, Kemenhub segera membentuk tim investigasi internal yang diketuai oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan dan segera mengambil langkah secara internal terhadap unsur sekolah yang lalai dalam melaksanakan tugasnya sehingga peristiwa tindak kekerasan terjadi lagi. Selanjutnya Kemenhub juga akan bertanggungjawab terhadap seluruh proses mulai dari rumah sakit sampai dengan pemakaman, dan telah menyerahkan penanganan kasus ini kepada Kepolisian untuk diproses sesuai hukum yang berlaku serta menginstruksikan kepada Kepala BPSDMP agar lebih meningkatkan pengawasan dan pembinaan baik secara edukasi maupun peningkatan moral taruna-taruni sekolah tinggi di bawah pembinaan Kemenhub untuk mencegah terulangnya kasus ini ke depan," tutup pengumuman itu.

3. Belum Ditetapkan Tersangka

Hingga berita ini diturunkan, Kementerian Perhubungan RI belum mengumumkan siapa yang bertanggung jawab atas kematian Aldama. Penyidikan masih berlangsung dan belum disebutkan siapa saja senior yang terlibat dalam kasus ini.

KapanLagi.com menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan. Semoga tidak akan ada lagi kasus seperti ini di masa mendatang.

(kpl/phi)



MORE STORIES




REKOMENDASI