14 Tanda Hamil Tanpa Test Pack, Perhatikan Ciri Khas Perubahan yang Terjadi


Berita | Jum'at, 18 Juni 2021 16:11

Kapanlagi.com - Setelah terjadi fertilisasi atau pembuahan, biasanya seorang perempuan akan penasaran tentang keberhasilannya, lalu melakukan pemeriksaan mandiri menggunakan test pack. Jika pembuahan itu berhasil, kalian akan mengalami kehamilan. Namun, bagi beberapa orang yang tak ingin melakukan tes atau pemeriksaan semacam itu, kalian perlu memperhatikan perubahan khas pada tubuh untuk mengetahui tanda hamil tanpa test pack.


Memang, tanda hamil tanpa test pack tidak seakurat pemeriksaan dengan alat canggih, tapi bagi perempuan yang peka terhadap perubahan yang terjadi pada tubuhnya, hal ini bisa cukup membantu. Penting bagi perempuan untuk memperhatikan siklus menstruasi, apalagi bagi yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Selain itu, perubahan hormon pada perempuan hamil juga bisa menjadi tanda yang bisa kalian perhatikan.

Semakin tua usia kehamilan, tanda hamil tanpa test pack pun akan semakin terlihat. Pertumbuhan janin dalam kandungan pun akan mempengaruhi keseharian calon ibu. Misalnya, badan akan terasa nyeri, emosi biasanya agak sulit dikontrol, juga muncul flek dan keputihan yang tidak biasa. Nah, agar tak sekadar jadi asumsi, kalian perlu mencari tahu lebih lanjut mengenai tanda hamil tanpa test pack melalui informasi berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Tanda Hamil Tanpa Test Pack yang Sering Terjadi

Ilustrasi (Credit: Freepik)

Terdapat tanda hamil tanpa test pack yang paling klasik dan cenderung mudah dikenali. Bahkan, hal ini biasanya jadi tanda awal perempuan untuk menyadari kehamilannya.

1. Telat Menstruasi

Jika kalian melakukan hubungan seksual hingga terjadi fertilisasi di masa subur, kemungkinan kalian akan mengalami kehamilan. Tanda hamil tanpa test pack yang satu ini biasanya akan muncul sekitar empat minggu setelah proses pembuahan.

Namun, gejala ini bisa menyesatkan jika kalian memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Oleh karena itu, panting bagi perempuan untuk memperhatikan siklus menstruasinya setiap bulan. Dengan begitu, kalian bisa merencanakan atau menunda kehamilan.

2. Payudara Bengkak dan Lebih Sensitif

Perubahan pada payudara bisa menjadi tanda hamil tanpa test pack yang perlu kalian perhatikan. Perubahan hormonal di awal kehamilan bisa membuat payudara kalian menjadi lebih sensitif dan nyeri. Rasa nyeri yang mungkin membuat kalian tak nyaman ini akan berkurang setelah tubuh terbiasa dengan perubahan hormonal yang terjadi.

Selain itu, perubahan juga bisa kalian perhatikan pada areola (area di sekitar puting) yang terlihat menjadi lebih gelap. Tanda ini biasanya mulai terlihat sekitar satu atau dua minggu setelah kehamilan. Munculnya tanda di waktu yang cukup awal ini menjadikannya sebagai tanda kehamilan yang dianggap klasik

3. Mual dan Muntah

Mual dan muntah menjadi tanda hamil tanpa test pack yang paling sering ditampilkan dalam tayangan TV atau film. Bahkan tak jarang, tanda ini menjadi gejala paling klasik yang menyadarkan seorang perempuan ketika sedang hamil. Tanda ini juga biasa disebut sebagai morning sickness walaupun sebenarnya dapat terjadi kapan saja, pagi, siang, atau malam.

Tanda ini seringkali muncul setelah satu bulan kalian hamil. Namun, ada beberapa perempuan merasakan mual lebih awal dan beberapa perempuan lain justru tidak pernah mengalaminya.

4. Lebih Sering Buang Air Kecil

Pada masa awal kehamilan, mungkin kalian merasa aneh karena buang air kecil lebih sering dari biasanya. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah darah dalam tubuh kalian yang meningkat selama kehamilan. Selanjutnya, hal itu menyebabkan ginjal memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih kalian.

Beberapa perempuan yang belum berniat hamil, biasanya akan tersugesti bahkan parno dengan tanda ini. Meski masuk dalam salah satu tanda kehamilan, tapi hal ini bisa berarti hal lain juga.

5. Kelelahan

Selain tanda hamil tanpa testpack di atas, kelelahan juga menempati peringkat tinggi gejala awal kehamilan klasik yang sering dialami perempuan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melonjak dan mungkin membuat kalian merasa lesu atau mudah mengantuk dibanding biasanya.

Kebanyakan perempuan mengalami hal ini pada bulan pertama kehamilan.

2 dari 4 halaman

2. Tanda Hamil Tanpa Test Pack Selama Trimester Pertama

Ilustrasi (Credit: Freepik)

Tanda hamil tanpa test pack pada trimester pertama sering kali tak disadari perempuan sebagai gejala kehamilan. Hal tersebut sering diabaikan karena mungkin terlalu mirip dengan gejala lain atau bahkan perempuan tak mengetahuinya sebagai tanda kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk menyimaknya.

6. Murung

Meningkatnya hormon dalam tubuh kalian di awal kehamilan dapat mempengaruhi emosi. Hal ini mungkin bisa menghadirkan perasaan murung bahkan ingin menangis secara tiba-tiba. Walaupun begitu, kalian tak perlu terlalu khawatir karena itu termasuk tanda hamil tanpa test pack yang sangat umum terjadi di awal kehamilan.

7. Heartburn

Perubahan hormon banyak mempengaruhi sistem pada tubuh kalian, termasuk pada katup antara perut dan kerongkongan. Area tersebut berubah menjadi lebih rileks selama kehamilan hingga memungkinkan asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Selain itu, kalian mungkin juga akan merasa kembung, mirip dengan gejala yang kalian rasakan pada awal periode menstruasi. Bahkan, hal tersebut juga menimbulkan rasa mual yang membuat perempuan ingin memuntahkan makanan yang sudah ditelan. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan konsumsi sehari-hari dengan menghindari minuman soda, makanan asam, juga pedas.

8. Muncul Flek Cokelat

Pada masa awal kehamilan, mungkin kalian akan menemukan bercak cokelat di celana dalam. Bercak tersebut bisa jadi salah satu tanda hamil tanpa test pack yang perlu kalian perhatikan. Perempuan mengalami hal ini karena darah menstruasi masih tersisa dalam rahim.

Kemunculan flek ini bisa disebut sebagai pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim yaitu, sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar waktu periode menstruasi, tapi tak semua perempuan mengalaminya.

9. Merasa Meriang

Sekilas, tanda hamil tanpa test pack yang satu ini terlihat seperti gejala tidak enak badan biasa. Namun, sebagai perempuan yang telah aktif berhubungan seksual, kalian perlu menaruh perhatian lebih, apalagi jika kalian baru melakukan hubungan seksual di masa subur.

Peningkatan kadar hormon dan produksi darah saat hamil dapat menyebabkan selaput lendir di hidung kalian membengkak, mengering dan mudah berdarah. Hal ini memungkinkan hidung kalian menjadi tersumbat dan berair. Selain itu, rasa tak nyaman mungkin juga diikuti dengan sakit kepala dan kembung.

10. Sembelit

Pada masa awal kehamilan, perubahan hormon yang terjadi juga mempengaruhi sistem pencernaan kalian. Sistem pencernaan yang melambat ini memungkinkan kalian mengalami sembelit.

11. Nafsu Makan Menurun

Saat hamil, kalian mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indra perasa pun turut berubah. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, preferensi makanan ini dapat dikaitkan dengan perubahan hormonal.

Kalian boleh menghindari beberapa jenis makanan yang menyebabkan nafsu menurun, tapi carilah makanan yang kalian inginkan agar asupan nutrisi tetap terjaga.

 

3 dari 4 halaman

3. Tanda Hamil Tanpa Test Pack Lainnya

Ilustrasi (Credit: Freepik)

12. Merasakan Ngidam

Pada kehamilan pertama, mungkin tanda hamil tanpa test pack ini hanya terlihat seperti keinginan yang biasa. Meski tak akurat, hal ini biasa dirasakan perempuan pada satu minggu awal kehamilan.

Rasa ingin mengonsumsi makanan tertentu ini bisa kalian ikuti dan membantu memenuhi gizi ketika nafsu makan sempat menurun.

13. Mengalami Sesak Napas

Sesak napas bisa menjadi tanda hamil tanpa test pack yang perlu kalian ketahui. Meskipun bisa disebabkan oleh banyak hal, kehamilan juga sering kali membawa kondisi ini sebagai tanda. Hal ini dipicu oleh gejolak hormon progesterone yang menstimulasi otak untuk memberi sinyal pada paru-paru untuk menarik udara lebih banyak.

Tak hanya di awal kehamilan, sesak napas juga bisa dirasakan saat menjelang persalinan. Sesak napas menjelang persalinan terjadi karena pertumbuhan janin dalam perut. Karena ukurannya membesar, janin memungkinkan untuk menghalangi paru-paru ibunya sehingga tak bisa mengembang secara optimal.

14. Mengalami Keputihan Banyak

Keputihan pada perempuan memang sudah dianggap hal yang wajar. Namun, perlu kalian ketahui bahwa keputihan juga bisa menjadi salah satu tanda hamil tanpa test pack yang cukup sering terjadi.

Keputihan di awal kehamilan berbentuk tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya pun biasanya meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Selama trimester pertama, organ intim juga dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning.

Ciri khas seperti volume dan bentuknya ini bisa kalian kenali sebagai perbedaan tanda kehamilan dan keputihan yang biasa dialami oleh perempuan.

Setelah memperhatikan tanda hamil tanpa test pack di atas, kalian perlu memastikannya lagi dengan periksa atau USG ke dokter. Dengan teknologi kesehatan yang sudah canggih, kalian akan diuntungkan untuk segera bisa mengambil langkah selanjutnya setelah yakin bahwa kalian sedang mengalami kehamilan.

(Sumber: mayoclinic.org, Liputan6.com)

(kpl/ans)

Topik Terkait