5 Tanda-tanda Atau Ramalan Jodoh Menurut Al Quran, Muslim dan Muslimah Perlu Tahu


Berita | Senin, 23 Oktober 2023 17:11

Kapanlagi.com - Ramalan jodoh bisa dipandang dari berbagai perspektif. Dalam perspektif agama Islam, Al Quran atau kitab suci umat Islam ternyata juga membahas ramalan jodoh jodoh. Meski begitu, ramalan jodoh dalam Al Quran lebih mengarah ke panduan dan nasehat tentang pencarian jodoh yang disampaikan lewat ayat-ayat.


Dalam ajaran Islam, jodoh merupakan takdir yang telah ditentukan oleh Allah. Secara umum, Al Quran mengajarkan kepada umatnya untuk mencari pasangan hidup yang beriman, penyayang, dan bisa saling mendukung dalam kebaikan. Selain itu, Al Quran juga memberikan tanda-tanda khusus yang menunjukkan bahwa seseorang benar-benar berjodoh.

Penasaran, seperti apa penjelasan ramalan jodoh menurut Al Quran? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Punya Banyak Persamaan

Ilustrasi Tanda Jodoh Menurut Al Quran Punya Banyak Persamaan (credit: unsplash)

Setiap orang pasti ingin mendapatkan jodoh yang cocok atau tepat. Nah menurut Al Quran, salah satu tanda bahwa seseorang adalah jodoh yang tepat adalah jika mempunyai banyak persamaan. Adapun, persamaan yang dimaksud bisa dalam berbagai hal termasuk sifat dan sikap. Pasalnya, persamaaan sifat jelas akan membawa kehidupan rumah tangga yang lebih kompak dan harmonis.

Persamaan sifat sebagai tanda jodoh, di antaranya seperti yang dinyatakan dalam surat An Nuur ayat 26, yang artinya sebagai berikut:

"Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga)." (QS. An-Nuur: 26)

 

2 dari 6 halaman

2. Memberi Rasa Nyaman

Tanda-tanda jodoh atau ramalan jodoh menurut Al-Quran selanjutnya berkaitan dengan perasaan. Jika kalian merasakan kedamaian dan kenyamanan saat berada di dekat seseorang yang ingin dijadikan pasangan. Maka bisa jadi, dia adalah sosok jodoh yang tepat menurut Al Quran. Sebab menurut Al Quran, jodoh yang tepat bisa memberikan kenyamanan dan kedamaian.

Hal tersebut, seperti yang disebutkan dalam surat Ar-Rum ayat 21 berikut, yang memiliki arti:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kalian rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS Ar-Rum: 21)

 

3 dari 6 halaman

3. Bisa Saling Memahami

Ilustrasi Bisa Saling Memahami (credit: unsplash)

Menurut Al-Quran, seorang jodoh yang tepat juga diyakini mempunyai sifat saling memahami. Dengan sifat saling memahami, rumah tangga bisa harmonis dan adem ayem. Berbagai masalah yang menimpa kehidupan rumah tangga bisa jadi lebih mudah diselesaikan jika pasangan bisa saling memahami dan saling mengerti satu sama lain.

Hal ini tercermin dalam surat Al-Furqan ayat 74, yang artinya:

"Dan orang orang yang berkata, 'Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa'." (QS. Al Furqon: 74)

 

4 dari 6 halaman

4. Keluarga Menerima Baik

Menikah sama dengan menyatukan dua belah keluarga. Karena, siapapun yang menjadi pasangan kelak, sudah semestinya bisa berbaur dan bisa diterima keluarga. Karenanya dalam Al Quran, salah satu tanda jodoh adalah jika kalian atau pasangan merasa diterima di keluarga satu sama lain.

Hal tersebut, di antaranya seperti yang diungkap dalam surat Asy Syura ayat 11, yang artinya:

"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat." (QS. Asy-Syura: 11)

 

5 dari 6 halaman

5. Punya Sumber Rezeki yang Baik

Ilustrasi Punya Sumber Rezeki yang Baik (credit: unsplash)

Kelancaran dan keharmonisan kehidupan rumah tangga salah satunya juga ditentukan oleh rezeki. Nah, pasangan yang baik di antaranya juga disebutkan dalam Al Quran adalah seorang yang mempunyai sumber rezeki yang baik. Pasalnya, rezeki yang didapat secara baik diyakini membawa banyak keberkahan.

Tanda pasangan atau jodoh menurut Al Quran tersebut, di antaranya terdapat dalam surat An Nahl ayat 72, yang artinya sebagai berikut:

"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?" (QS. An Nahl: 72)

Itulah di antaranya beberapa penjelasan tanda-tanda atau ramalan jodoh menurut Al Quran. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

 

(kpl/psp)

Topik Terkait