60 Kata-Kata Depresi Kehidupan Penuh Makna, Hilangkan Tekanan Jalani Hidup


Berita | Selasa, 6 Juli 2021 12:55
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Setiap manusia pasti pernah memiliki permasalahan dalam hidup. Bahkan begitu keras dan sulitnya kehidupan yang dijalani, membuat mereka stres dan depresi. Tentu saja, bila sudah depresi akan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, ada banyak hal yang dapat membuat kita kembali bangkit dan termotivasi dalam sebuah masalah, salah satunya membaca kata-kata depresi kehidupan yang bijak.


Kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat untuk kalian yang sedang mengalami depresi. Karena, ketika depresi dibiarkan berlanjut dan tidak mendapatkan penanganan, maka bisa menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas kerja, gangguan hubungan sosial, hingga munculnya keinginan untuk bunuh diri. Sehingga terus berpikir positif dan melakukan pengobatan, menjadi salah satu hal yang dapat menghilangkan stres ataupun depresi.

Untuk selalu berpikir positif tentu dengan banyak cara, salah satunya dengan membaca kata-kata bijak agar hidup terus termotivasi. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 60 kata-kata depresi kehidupan yang mungkin bisa menjadi sebuah motivasi bagi kalian. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Kata-Kata Depresi Kehidupan yang Menyentuh Hati

Kata-kata depresi kehidupan (credit: Freepik)

Kata-kata depresi kehidupan yang pertama yaitu ada kata-kata depresi yang menyentuh hati. Kata-kata ini bisa mewakili perasaan kalian yang sedang merasakan depresi dalam hidup, hingga dapat menjadi sebuah nasihat yang menyentuh. Berikut ini beberapa kata-kata depresi kehidupan yang menyentuh hati tersebut:

1. "Ganti kata 'aku hancur dan tidak berdaya' dengan 'aku berkembang dan dalam masa penyembuhan' dan lihat seberapa cepat hidupmu akan jadi lebih baik."

2. "Kamu harus berjuang melalui beberapa hari yang buruk untuk mendapatkan hari-hari terbaik dalam hidupmu."

3. "Terus berjalan, semua yang kamu butuhkan akan datang kepadamu pada waktu yang tepat."

4. "Tahukah kalau masih ada kesempatan untukmu? Karena masih ada percikan api di dalammu. Kau hanya perlu menyalakannya, dan membiarkannya bersinar." - Katy Perry, Firework

5. "Sukses adalah apa yang terjadi setelah kamu selamat dari semua kekecewaanmu."

6. "Setiap tingkat kehidupanmu berikutnya akan menuntut versimu yang berbeda."

7. "Hasil terjadi seiring waktu, bukan semalam. Bekerja keras, tetap konsisten, dan bersabarlah."

8. "Kesempatan untuk menemukan kekuatan yang lebih baik dalam diri kita muncul ketika hidup terlihat sangat menantang." - Joseph Campbell

9. "Sesekali kamu mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia." - Chanakya

10. "Jika kamu merasa ingin menyerah, lihat kembali seberapa jauh kamu sudah berjuang."

11. "Apakah kamu paham jika kamulah orang yang dapat mengontrol semua tentang dirimu sendiri? Jangan biarkan orang lain mengontrol kamu."

12. "Tantangan adalah apa yang membuat hidup menarik. Mengatasi mereka adalah apa yang membuat mereka bermakna."

13. "Sakitmu tidak sia-sia. Dia mengajarkan hatimu bahwa kamu bisa bertahan melawan segala keganjilan. Sekarang gunakan kekuatanmu dan maju."

14. "Kamu harus melalui hari ini dengan irama. Biarkan seluruh kehidupanmu berirama seperti lagu." - Sai Baba

15. "Hal-hal sulit yang menghalangi, bukan untuk menghentikan kita, tetapi untuk memanggil keberanian dan kekuatan kita."

16. "Mandi, bersihkan hari ini. Minum segelas air. Jadikan ruangan gelap, berbaring dan tutup matamu. Perhatikan kesunyian. Perhatikan hatimu. Masih berdetak. Masih berjuang. Lagipula kamu berhasil. Kamu masih bisa membuatnya lain hari. Dan Kamu dapat membuatnya sekali lagi. Kamu akan baik-baik saja." - Charlotte Eriksson

17. "Masih ada harapan, bahkan walau otakmu memberitahumu tidak ada lagi." - John Green

18. "Berjanjilah padaku, kamu akan selalu ingat - kamu lebih berani dari yang kamu yakini, dan lebih kuat dari yang kamu kira, dan lebih pintar dari yang kamu pikirkan." - Christopher Robin dari Winnie the Pooh

19. "Perempuan yang menangis itu membuat laki-laki yang berada di sekitarnya lebih depresi seribu kali." - Ayuwidya

20. "Aku hanya sedang lelah dengan keadaan yang sekarang. Bukan lelah karena kamu, jadi tenanglah."

 

 

2 dari 4 halaman

2. Kata-Kata Depresi Kehidupan yang Bijak

Kata-kata depresi kehidupan bijak (credit: Freepik)

Kemudian ada pula kata-kata depresi kehidupan yang bijak. Ya, kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat bijak yang Islami. Berikut ini beberapa kata-kata depresi kehidupan yang bijak tersebut:

21. "Di tengah musim dingin aku akhirnya menemukan bahwa di dalam diriku ada musim panas yang tak terkalahkan." - Albert Camus

22. "Terkadang, hidup akan membuatmu terpuruk. Namun cepat atau lambat, kamu akan sadar bahwa kamu tidak hanya akan mampu bertahan, tetapi kamu juga seorang pejuang, dan lebih kuat dari yang kamu bayangkan."

23. "Tidak ada yang bisa menyelamatkanmu selain dirimu sendiri, dan kamu layak diselamatkan. Ini perang yang tidak mudah dimenangkan, tetapi jika ada sesuatu yang layak dimenangkan maka inilah saatnya." - Charles Bukowski

24. "Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, yang dibutuhkan hanyalah semangat, percaya diri dan pantang menyerah pada apa yang dicita-citakan."

25. "Hanya karena itu belum terjadi, bukan berarti itu takkan pernah terjadi, jadi teruslah berjuang."

26. "Suatu hari, ketika ingin turun dari tempat tidur di pagi hari dan kamu berpikir 'Saya tidak akan berhasil'. Tertawalah dalam hati dan ingatlah ketika di banyak masa sebelumnya dalam hidupmu berapa kali kamu mengatakan hal yang sama (dan ternyata kamu mampu melaluinya)." - Charles Bukowski

27. "Kita semua manusia, mencari-cari, belajar, tumbuh. Kita semua berbuat salah dan berharap menjadi/melakukan yang lebih baik. Ingat untuk menjadi ramah untuk dirimu sendiri dan orang lain."

28. "Jangan kita hanya terpaku pada pintu yang tertutup, sehingga tidak melihat masih ada pintu lain yang terbuka."

29. "Jangan awali hari dengan penyesalan hari kemarin, karena akan mengganggu hebatnya hari ini, dan akan merusak indahnya hari esok."

30. "Tak perlu cemas, setiap masalah dalam hidupmu adalah cara Tuhan menunjukkan berkah dan keajaibannya."

31. "Yakinlah dengan potensimu yang tak terbatas. Satu-satunya batasanmu adalah yang kau tetapkan pada dirimu sendiri". - Roy T. Bennett, The Light in the Heart

32. "Jika putus asa dan ingin menyerah, jangan memaksa untuk terus bergerak. tapi paksalah hati dan pikiran anda untuk menemukan tujuan baru."

33. "Beberapa orang pada akhirnya memutuskan untuk menyerah. Namun, perlu kita tahu bahwa menyerah sama beratnya dengan terus berjuang."

34. "Jika kamu belum beruntung hari ini, barangkali kesuksesanmu akan datang esok hari."

35. "Hidup itu menyedihkan, jika kamu fokus pada kesedihan. Dan hidup sangat menggairahkan jika kamu fokus pada aliran semangat kehidupan."

36. "Depresi bukanlah sebuah tanda kelemahan, itu adalah tanda bahwa kamu sedang mencoba untuk lebih kuat dalam waktu yang lama." - Sigmund Freud

37. "Jika sampai saat ini kamu masih mampu bertahan dari apa yang kamu alami, aku bangga padamu."

38. "Setiap kali orang bertanya padaku apakah aku baik-baik saja, hal ini semakin mengingatkan bahwa aku tidak baik-baik saja."

39. "Orang menangis bukan karena mereka lemah. Tapi, mereka menangis karena telah berusaha kuat dalam waktu yang lama." - Johnny Depp

40. "Apabila bisa bertemu dengan Tuhan, aku akan berkata kepada-Nya bahwa hidup ini adalah secangkir kopi yang tak pernah aku minta." - RM, Always

 

3 dari 4 halaman

3. Kata-Kata Depresi Kehidupan Islami

Kata-kata depresi kehidupan islami (credit: Freepik)

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata depresi kehidupan yang Islami. Ya, kata-kata ini bisa menjadi sebuah nasihat Islami yang menuntun kita pada sebuah kebaikan. Berikut ini beberapa kata-kata depresi kehidupan yang Islami tersebut:

41. "Jika sesuatu di hadapanmu membuatmu takut dan sesuatu di belakangmu membuatmu sakit, maka lihatlah ke atas. Allah tidak pernah gagal untuk menolongmu."

42. "Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula bersedih hati."

43. "Ketika kamu merasa sendiri di dunia ini dan tidak ada seorang pun yang mengerti kesedihanmu, ingatlah, di manapun kamu berada, Allah Maha Tahu."

44. "Kesedihan sesaat untuk mencari ridha Allah itu seribu kali lebih baik daripada berlarut-larut dalam kesedihan karena terlalu cinta pada dunia."

45. "Kesedihan akan lenyap ketika kita menyadari bahwa masa depan kita ada di tangan Allah."

46. "Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami."

47. "Jika kamu merasa sedih, sakit hati atau bimbang, carilah petunjuknya dari Alquran maka kamu akan menemukan arah yang benar."

48. "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku."

49. "Saat kamu merasakan kesedihan, itu berarti hati sedang menyuruhmu untuk menemukan Allah. Saat depresi melanda, itu berarti kamu sedang tidak mendengarkan isi hatimu. Kenyamanan akan kamu rasakan saat kamu mengingat bahwa Allah selalu ada untukmu."

50. "Obat untuk menyembuhkan kesedihan: tingkatkan kualitas sholatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan Alquran, bersyukurlah atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, renungkanlah alam semesta."

51. "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Allah bersama kita."

52. "Allah Maha Tahu atas segala perkataan yang tak terucap olehmu, kesedihanmu yang tak seorang pun melihatnya, dan penderitaanmu yang tak seorang pun tahu."

53. "Satu di antara tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati karena depresi membuat seseorang tidak berdaya."

54. "Saat hatimu hancur dan derita yang kamu rasakan membuatmu jatuh, ingat dan hanya ingatlah bahwa Allah melihat semua itu."

55. "Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia. "

56. "Aku merasa malu saat larut dalam kesedihan, sementara aku tahu bahwa segala kejadian yang aku alami ada di tangan Allah."

57. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah."

58. "Allah memberimu kehidupan yang indah, maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu. Allah selalu punya rencana yang menakjubkan."

59. "Kesedihan pasti akan mendatangimu. Abaikan saja ketika kesedihan itu datang."

60. "Terkadang, alasan yang membuat kita sulit untuk bahagia adalah karena kita masih sulit melepaskan sesuatu yang membuat kita sedih."

Itulah 60 kata-kata depresi kehidupan yang penuh makna dan bisa menjadi sebuah ungkapan hati mendalam. Tak hanya itu saja, kata-kata depresi kehidupan ini juga bisa menjadi sebuah nasihat yang bijak untuk kalian.

 

(kpl/dhm)

Topik Terkait