100 Kata-Kata Depresi yang Menyentuh Hati, Jadi Nasihat Bijak Jalani Kehidupan

Rabu, 16 Juni 2021 11:11 Penulis: Dhia Amira
100 Kata-Kata Depresi yang Menyentuh Hati, Jadi Nasihat Bijak Jalani Kehidupan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Depresi merupakan kejadian yang sering terjadi pada manusia saat tengah mengalami masalah. Hal ini karena, ada kalanya perasaan hati merasa lelah, kesal, sedih, dan kecewa bercampur menjadi satu. Perasaan tersebut juga dapat disebabkan banyak faktor, seperti pengharapan yang terlalu tinggi, gagal dalam pencapaian, dan banyak lainnya. Banyak cara menghilangkan depresi dari tubuh, salah satunya dengan membaca kata-kata depresi.

Saat ada yang terjadi pada seseorang, kemungkinan bisa berujung pada depresi. Dimana depresi merupakan gangguan mental yang ditandai dengan suasana hati terus-menerus merasa tertekan dan kehilangan minat dalam beraktivitas. Sehingga kualitas hidup sehari-hari menjadi menurun. Namun kalian harus kuat dan membangkitkan diri dari keterpurukan tersebut.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 100 kata-kata depresi yang bisa menyentuh hati dan penuh akan makna. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kata-Kata Depresi yang Penuh Makna

Kata-kata depresi yang pertama yaitu ada kata-kata depresi yang penuh makna. Berikut ini kata-kata depresi yang penuh makna tersebut:

1. "Mandi, bersihkan hari ini. Minum segelas air. Jadikan ruangan gelap, berbaring dan tutup matamu. Perhatikan kesunyian. Perhatikan hatimu. Masih berdetak. Masih berjuang. Lagipula kamu berhasil. Kamu masih bisa membuatnya lain hari. Dan Kamu dapat membuatnya sekali lagi. Kamu akan baik-baik saja." - Charlotte Eriksson

2. "Masih ada harapan, bahkan walau otakmu memberitahumu tidak ada lagi." - John Green

3. "Berjanjilah padaku, kamu akan selalu ingat - kamu lebih berani dari yang kamu yakini, dan lebih kuat dari yang kamu kira, dan lebih pintar dari yang kamu pikirkan." - Christopher Robin dari Winnie the Pooh

4. "Depresi bukanlah sebuah tanda kelemahan, itu adalah tanda bahwa kamu sedang mencoba untuk lebih kuat dalam waktu yang lama." - Sigmund Freud

5. "Jika sampai saat ini kamu masih mampu bertahan dari apa yang kamu alami, aku bangga padamu."

6. "Di tengah musim dingin aku akhirnya menemukan bahwa di dalam diriku ada musim panas yang tak terkalahkan." - Albert Camus

7. "Terkadang, hidup akan membuatmu terpuruk. Namun cepat atau lambat, kamu akan sadar bahwa kamu tidak hanya akan mampu bertahan, tetapi kamu juga seorang pejuang, dan lebih kuat dari yang kamu bayangkan."

8. "Tidak ada yang bisa menyelamatkanmu selain dirimu sendiri, dan kamu layak diselamatkan. Ini perang yang tidak mudah dimenangkan, tetapi jika ada sesuatu yang layak dimenangkan maka inilah saatnya." - Charles Bukowski

9. "Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, yang dibutuhkan hanyalah semangat, percaya diri dan pantang menyerah pada apa yang dicita-citakan."

10. "Hanya karena itu belum terjadi, bukan berarti itu takkan pernah terjadi, jadi teruslah berjuang."

11. "Suatu hari, ketika ingin turun dari tempat tidur di pagi hari dan kamu berpikir 'Saya tidak akan berhasil' - tertawalah dalam hati dan ingatlah ketika di banyak masa sebelumnya dalam hidupmu berapa kali kamu mengatakan hal yang sama (dan ternyata kamu mampu melaluinya)." - Charles Bukowski

12. "Kita semua manusia, mencari-cari, belajar, tumbuh. Kita semua berbuat salah dan berharap menjadi/melakukan yang lebih baik. Ingat untuk menjadi ramah untuk dirimu sendiri dan orang lain."

13. "Jangan kita hanya terpaku pada pintu yang tertutup, sehingga tidak melihat masih ada pintu lain yang terbuka."

14. "Jangan awali hari dengan penyesalan hari kemarin, karena akan mengganggu hebatnya hari ini, dan akan merusak indahnya hari esok."

15. "Tak perlu cemas, setiap masalah dalam hidupmu adalah cara Tuhan menunjukkan berkah dan keajaibannya."

16. "Yakinlah dengan potensimu yang tak terbatas. Satu-satunya batasanmu adalah yang kau tetapkan pada dirimu sendiri". - Roy T. Bennett, The Light in the Heart

17. "Jika putus asa dan ingin menyerah, jangan memaksa untuk terus bergerak. tapi paksalah hati dan pikiran anda untuk menemukan tujuan baru."

18. "Beberapa orang pada akhirnya memutuskan untuk menyerah. Namun, perlu kita tahu bahwa menyerah sama beratnya dengan terus berjuang."

19. "Jika kamu belum beruntung hari ini, barangkali kesuksesanmu akan datang esok hari."

20. "Hidup itu menyedihkan, jika kamu fokus pada kesedihan. Dan hidup sangat menggairahkan jika kamu fokus pada aliran semangat kehidupan."

2. Kata-Kata Depresi yang Memotivasi

Kemudian kata-kata depresi yang memotivasi dan penuh akan makna:

21. "Ganti kata 'aku hancur dan tidak berdaya' dengan 'aku berkembang dan dalam masa penyembuhan' dan lihat seberapa cepat hidupmu akan jadi lebih baik."

22. "Kamu harus berjuang melalui beberapa hari yang buruk untuk mendapatkan hari-hari terbaik dalam hidupmu."

23. "Terus berjalan, semua yang kamu butuhkan akan datang kepadamu pada waktu yang tepat."

24. "Tahukah kalau masih ada kesempatan untukmu? Karena masih ada percikan api di dalammu. Kau hanya perlu menyalakannya, dan membiarkannya bersinar." - Katy Perry, Firework

25. "Sukses adalah apa yang terjadi setelah kamu selamat dari semua kekecewaanmu."

26. "Setiap tingkat kehidupanmu berikutnya akan menuntut versimu yang berbeda."

27. "Hasil terjadi seiring waktu, bukan semalam. Bekerja keras, tetap konsisten, dan bersabarlah."

28. "Kesempatan untuk menemukan kekuatan yang lebih baik dalam diri kita muncul ketika hidup terlihat sangat menantang." - Joseph Campbell

29. "Sesekali kamu mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia." - Chanakya

30. "Jika kamu merasa ingin menyerah, lihat kembali seberapa jauh kamu sudah berjuang."

31. "Apakah kamu paham jika kamulah orang yang dapat mengontrol semua tentang dirimu sendiri? Jangan biarkan orang lain mengontrol kamu."

32. "Tantangan adalah apa yang membuat hidup menarik. Mengatasi mereka adalah apa yang membuat mereka bermakna."

33. "Sakitmu tidak sia-sia. Dia mengajarkan hatimu bahwa kamu bisa bertahan melawan segala keganjilan. Sekarang gunakan kekuatanmu dan maju."

34. "Kamu harus melalui hari ini dengan irama. Biarkan seluruh kehidupanmu berirama seperti lagu." - Sai Baba

35. "Hal-hal sulit yang menghalangi, bukan untuk menghentikan kita, tetapi untuk memanggil keberanian dan kekuatan kita."

36. "Ini hidupku. Sekarang atau tidak sama sekali. Aku tak akan hidup selamanya. Aku hanya ingin benar-benar hidup saat aku masih punya nyawa." - Bon Jovi, It's My Life

37. "Setiap kali pikiran dan hatiku merasa berat, hal pertama yang aku cari ialah ketenangan untuk berdoa."

38. "Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku." - Muhammad Ali

39. "Dalam hidup ini, kita punya beberapa masalah. Tapi saat kau mengkhawatirkannya, kau justru menggandakan masalah tersebut." - Bobby McFerrin, Don't worry be happy

40. "Teruslah bermimpi, walau kenyataannya jauh berbeda. Percayalah, lelah ini hanya sebentar saja. Jangan menyerah, walaupun tak mudah meraihnya." - Ipang, Meraih Mimpi

3. Kata-Kata Depresi yang Bijak

Kata-kata depresi yang terakhir yaitu ada kata-kata depresi yang bijak:

41. "Kamu tersenyum, tapi kamu ingin menangis. Kamu berbicara, tapi kamu ingin diam. Kamu berpura-pura seperti kamu bahagia, tapi sebenarnya tidak."

42. "Saya pikir dengan menutupi depresi dengan diam, perasaan itu mungkin akan hilang secara perlahan."

43. "Keheningan saya hanyalah kata lain untuk rasa sakit saya."

44. "Anda kadang berpikir ingin menghilang, tapi yang Anda inginkan sebenarnya bisa ditemukan."

45. "Saya benci perasaan ini. Seperti aku di sini, tapi aku tidak di sini. Seperti ada seseorang yang peduli, tapi tidak ada yang peduli. Seperti aku berada di tempat lain, tapi masih saja di sini."

46. "Saya tidak menggunakan kata depresi sebagai alasan. Percayalah, saya akan menemukan sesuatu yang membantu saya untuk bangkit hari demi hari."

47. "Jangan pernah berpikir bahwa hari-hari yang buruk adalah tanda kelemahan. Itulah hari-hari dimana Kamu benar-benar berjuang paling keras."

48. "Terkadang untuk hidup adalah sebuah tindakan keberanian."

49. "Dan tiba-tiba saya menjadi sedih tanpa alasan sama sekali."

50. "Saya lelah karena berusaha menjadi lebih kuat dari yang saya rasakan."

51. "Depresi tidak ada hubungannya dengan hari yang buruk ataupun perasaan sedih."

52. "Sulit untuk menjawab pertanyaan - Apa yang salah? - padahal sama sekali tidak ada yang benar."

53. "Dia tenggelam, tapi yang paling menyakitkan adalah di saat tidak ada yang melihat perjuangannya."

54. "Terkadang orang yang mencoba membuat semua orang bahagia adalah orang yang paling sepi."

55. "Bila Kamu bahagia, kamu akan menikmati musiknya. Tapi saat kamu sedih, kamu mengerti liriknya."

56. "Rasanya seperti ini tidak akan pernah berakhir. Dunia tidak akan berhenti runtuh sampai tidak ada yang tersisa dariku kecuali debu."

57. "Saya sedih sepanjang waktu dan kesedihan itu terlalu sangat berat sehingga saya tidak dapat melepaskan diri darinya."

58. "Malam tak selamanya sepi. Sekalipun sendiri, aku sadar di ujung sana, ada seseorang yang akan mengulurkan tangannya padaku."

59. "Tahap paling sulit dalam kehidupan bukan tidak ada yang mau mengerti Anda, justru ketika Anda tidak memahami diri Anda sendiri."

60. "Satu-satunya hal yang lebih melelahkan daripada depresi adalah berpura-pura bahwa Kamu tidak merasakannya."

4. Kata-Kata Depresi Penuh Nasihat Berharga

Stres dan depresi menjadi dua hal yang sering kita jumpai dalam hidup. Keduanya muncul disebabkan beragam faktor termasuk masalah hidup yang rumit. Ketika kondisi ini tengah terjadi sejumlah kata-kata depresi yang penuh nasihat berharga bisa dijadikan referensi meredakan perasaan cemas dan takut. Yuk simak ulasannya tentang kata-kata depresi yang penuh nasihat berharga.

61. "Sebenarnya bukan hidup itu susah dan penuh cobaan, tapi bagaimana cara pandang kita terhadap hidup. Pilihlah untuk menjadi bahagia dan mengasihi."

62. "Keluar dari kekacauan, cari kesederhanaan. Dari perselisihan, cari harmonis. Di tengah kesulitan terletak kesempatan."

63. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu."

64. "Jika kamu merasa hidup ini susah, pikirkanlah derita anak dengan satu lengan mengemis di jalanan. Bersyukurlah sahabat."

65. "Harga sebenarnya dari segala sesuatu adalah jerih payah dan kesulitan untuk memperolehnya."

66. "Kebahagiaan kita tidak bergantung kepada situasi yang kita alami, melainkan kepada cara kita mengatasi situasi tersebut."

67. "Kedewasaan tidak diukur dari usia, tetapi dari bagaimana kita menyikapi suatu situasi dengan penuh rasa tanggung jawab."

68. "Kamu akan mengalami masa-masa sulit, tetapi itu akan selalu membangunkan kamu untuk hal-hal baik yang tidak kamu perhatikan." -Robin Williams

69. "Rahasia dari kebahagiaan adalah membiarkan setiap situasi menjadi seperti apa adanya daripada mengkhawatirkan apa yang mungkin terjadi."

70. "Tidak ada target yang selalu tercapai, tidak ada keinginan yang selalu terwujud: jadilah manusia yang selalu siap dalam situasi apa pun."

71. "Selain itu dengan sikap tenang seseorang akan lebih terarah dalam melakukan aktivitasnya."

72. "Kalian berdiam disaat kesulitan dan membutuhkan, alangkah baiknya kalian pun berdoa di puncak kegirangan."

73. "Jangan hanya memikirkan perasaanmu, tapi fokus pada solusi yang harus kau ambil segera. Dalam situasi kacau, logika lebih penting daripada hati."

74. "Jangan biarkan emosi berlebih menghampiri sehingga tidak mampu mengendalikan perasaan dan perilakunya."

75. "Depresi Anda sebagian besar dibangun oleh Anda. Bukan diberikan kepada Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mendekonstruksinya." - Albert Ellis

76."Patah hati lalu depresi hal yang manusiawi. Namun segeralah untuk bangkit kembali saat terpuruk karena cinta yang tak bisa dimiliki. Semua sakit pasti ada obatnya."

77. "Hidup bahagia itu bukan sekadar bisa tersenyum, tetapi bagaimana menerima situasi apapun dengan penuh syukur."

78. "Merelakan bukan berarti menyerah. Tapi menyadari bahwa ada hal yang tidak bisa dipaksakan."

79. "Memperbaiki keadaan itu lebih baik daripada mengeluh dan mencela situasi yang kita hadapi."

80. "Tidak ada target yang selalu tercapai, tidak ada keinginan yang selalu terwujud: jadilah manusia yang selalu siap dalam situasi apa pun."

81. "Jangan pernah membuat suatu keputusan ketika sedang marah, karena air yang mendidih tidak bisa digunakan untuk bercermin."

5. Kata-Kata Depresi Penuh Pesan Semangat

Berikut ini ada sejumlah kata-kata depresi bisa membantumu lebih bersemangat menjalani hidup. Kata-kata tersebut mengandung pesan bijak yang dapat memberikan dorongan semangat dan motivasi bangkit dari keterpurukan.

82. "Kamu perlu masa-masa sulit untuk menjadi kuat, jika tidak kamu akan tetap lemah." - Maxime Lagace

83. "Bagi sahabat yang merasa hidup ini susah, ingat bahkan kura-kura bisa menyelesaikan balapan selama dia tidak pernah menyerah."

84. "Masa-masa sulit menimpa semua orang. Apa pun itu, kita akan keluar dari masa sulit itu." - Mike Tyson

85. "Orang akan memiliki kekuatan besar jika dia mampu duduk dan berpikir tenang untuk menghadapi masalah."

86. "Depresi bukanlah sebuah tanda kelemahan, itu adalah tanda bahwa kamu sedang mencoba untuk lebih kuat dalam waktu yang lama." - Sigmund Freud

87. "Cobaanmu sungguh berat Tuhan, namun aku tak akan merasa lelah untuk bisa melewatinya."

88. "Sering sekali rasanya lelah sama keadaan, tapi tak pernah mau menyerah, tenang."

89. "Tetaplah baik kepada diri sendiri, meski kamu gagal. Sekecil apa pun kebahagiaanmu, sekarang itu waktu terbaikmu."

90. "Masa sulit selalu mengarah pada sesuatu yang hebat." - Betsey Johnson

91. "Selalu ada harapan di setiap situasi terburuk."

92. "Tatkala situasi tak berubah, tak perlu menyalahkan siapapun. Itulah saatnya kita bangkit memberi yang terbaik."

93. "Situasi yang sulit akan membentukmu menjadi pribadi yang kuat."

94. "Hidup ini kamu yang menjalani, susah dan senang kamu yang mengalami. Jangan biarkan orang lain menentukan apa yang terbaik bagimu."

95. "Meski belum kaya, bisa makan saja sudah cukup. Meski sedang susah, bisa hidup satu hari lagi saja sudah lebih dari cukup."

96. "Jangan terus menerus bersedih atas apa yang menimpa, hidup adalah perputaran, hadapi dengan senyuman."

97. "Berusahalah sekuat dan semampu yang kita bisa, katakan pada hati kita bahwa harapan kita tak akan pernah mati."

98. "Lepaskan rasa penatmu, nikmati rasa sedihmu, dan berjanjilah untuk bangkit setelah itu."

99. "Jika tidak ada pundak untuk bersandar, setidaknya masih ada lantai untuk bersujud."

100. "Tidak masalah seberapa sering engkau jatuh, yang terpenting adalah seberapa cepat engkau bangkit."

Itulah 100 kata-kata depresi yang menyentuh hati dan bisa menjadi sebuah nasihat bijak untuk kehidupan. Semoga kata-kata depresi ini bisa membantu kalian untuk bangkit dari keterpurukan hidup.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI