7 Perkutut Pembawa Rezeki Menurut Primbon Jawa, Kenali Ciri-ciri Fisiknya


Berita | Senin, 23 Oktober 2023 16:11

Kapanlagi.com - Menurut primbon Jawa, perkutut menjadi salah satu binatang yang disakralkan. Dalam primbon Jawa, perkutut dianggap sebagai salah satu binatang yang bisa membawa rezeki dan keberuntungan bagi yang memeliharanya. Namun, tak semua burung perkutut bisa mendatangkan rezeki. Hanya ada beberapa jenis perkutut pembawa rezeki menurut primbon Jawa.


Bahkan tak hanya bagi orang yang memilikinya, beberapa jenis burung perkutut dipercaya bisa menghadirkan keharmonisan dan kemakmuran ke dalam rumah. Karenanya, banyak orang Jawa tradisional yang percaya memelihara burung perkutut bakal membantunya mencapai kekayaan dan keberuntungan dalam hidup.

Lantas, burung perkutut jenis apa saja yang diyakini bisa mendatangkan rezeki dan keberuntungan? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Perkutut Kusumawecitra

Ilustrasi Perkutut Kusumawecitra (credit: unsplash)

Salah satu burung perkutut pembawa rezeki adalah burung perkutut Kusumawecitra. Secara umum, burung ini mempunyai ciri khas pada paruh dan kakinya yang berwarna putih.

Orang-orang Jawa terdahulu percaya bahwa orang yang merawatnya sesuai dengan ajaran primbon Jawa akan diberkati dengan rezeki yang berlimpah. Bukan itu saja, mereka yang merawat perkutut jenis ini juga dipercaya bakal meraih kesuksesan dalam mencapai tujuan hidup mereka.

2 dari 8 halaman

2. Perkutut Wisnumangenu

Perkutut Wisnumangenu juga termasuk salah satusatu jenis perkutut yang diyakini bisa membawa rezeki. Burung perkutut ini bisa dikenali dengan warna tubuhnya yang hitam. Dalam primbon Jawa, perkutut ini dianggap membawa berkah, terutama dalam hal keuangan dan finansial.

Menurut kepercayaan lama, orang yang merawatnya diyakini akan mendapatkan rezeki yang cukup dan sukses dalam hal finansial. Itulah sebabnya banyak orang yang masih memegang teguh ajaran primbon dan kepercayaan tradisional berusaha untuk mendapatkan burung perkutut jenis ini.

3 dari 8 halaman

3. Perkutut Mercujiwa

Ilustrasi Perkutut Mercujiwa (credit: unsplash)

Burung perkutut Mercujiwa menurut primbon Jawa digambarkan memiliki ciri khas berupa mata kuning yang bersinar. Dalam kepercayaan primbon Jawa, burung ini dihubungkan dengan penerimaan kasih sayang, rezeki, dan keselamatan.

Oleh karena itu, orang yang merawat perkutut Mercujiwa diyakini akan mendapatkan banyak anugerah dalam berbagai bentuk, mulai dari rasa sayang, hormat, hingga rezeki berupa materi. Mereka yang merawat burung perkutut Mercujiwa diyakini akan disenangi oleh banyak orang. Pasalnya, burung ini mencerminkan simbol positivitas dan keberuntungan dalam hidup.

4 dari 8 halaman

4. Perkutut Katuranggan Pancuran Emas

Perkutut membawa rezeki menurut primbon Jawa berikutnya, adalah burung perkutut Katuranggan Pancuran Emas. Burung perkutut yang satu ini mempunyai tanda khusus berupa adanya pembelahan di leher atau perutnya. Karakteristik lainnya adalah bahwa kotoran dari perkutut ini berwarna keemasan, berbentuk bulat, dan kering.

Oleh masyarakat Jawa tradisional, burung ini sering dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan dalam budaya Jawa, dan banyak orang percaya bahwa merawatnya dengan baik membawa rezeki yang melimpah serta kesuksesan. Bagi masyarakat Jawa, perkutut Pancuran Emas adalah salah satu jenis perkutut yang memiliki makna spiritual dan sosial yang dalam dalam kehidupan sehari-hari.

5 dari 8 halaman

5. Perkutut katuranggan Udan Emas

Ilustrasi Perkutut katuranggan Udan Emas (credit: unsplash)

Perkutut Udan Emas dalam primbon Jawa digambarkan memiliki bulu coklat muda dengan pola garis-garis berkilau seperti emas pada leher. Burung yang terbilang langka ini dianggap bisa mendatangkan rezeki.

Selain itu, burung perkutut katuranggan udan mas juga dipercaya memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis perkutut katuranggan lainnya. Banyak penggemar perkutut yang berupaya untuk mendapatkan dan merawat burung ini dengan harapan mendapatkan manfaat spiritual dan keberuntungan dalam hidup mereka.

6 dari 8 halaman

6. Perkutut Katuranggan Banyu Mili

Perkutut Banyu Mili dikenal dengan ciri khasnya yang unik, yaitu adanya belahan yang menghubungkan leher hingga perutnya tanpa terputus. Ciri ini membuatnya menjadi salah satu jenis perkutut yang sangat dihargai dalam budaya Jawa. Selain dari karakteristik fisiknya, yang membuat burung perkutut Banyu Mili begitu dicari adalah sifatnya yang sering dihubungkan dengan nilai-nilai spiritual dan kepercayaan.

Menurut primbon Jawa, perkutut ini sering diasosiasikan dengan simbol keharmonisan dalam hidup. Keyakinan ini mungkin berawal dari bentuk fisiknya yang utuh, sehingga dianggap membawa kesinambungan dan kelimpahan dalam segala aspek kehidupan. Di samping itu, perkutut Banyu Mili juga sering dihubungkan dengan keselamatan dan dapat memberikan perlindungan dan keberuntungan kepada pemiliknya.

7 dari 8 halaman

7. Perkutut Katuranggan Sri Tumpu

Ilustrasi Perkutut Katuranggan Sri Tumpu (credit: unsplash)

Perkutut katuranggan Sri Tumpu memiliki perilaku unik yang berbeda dari jenis perkutut lainnya. Burung punya kebiasaan mengumpulkan kotoran di satu tempat hingga menggunung. Kebiasaan ini membuat burung perkutut ini kerap menarik perhatian banyak pengamat alam dan penggemar perkutut, terlebih orang yang maish percaya primbon Jawa.

Kebiasaan perkutut Sri Tumpu mengumpulkan kotoran sering dipandang sebagai simbol keteraturan, kebersihan, dan keseimbangan dalam kehidupan. Dalam primbon Jawa, perilaku ini juga memiliki interpretasi spiritual. Tumpukan kotoran yang "menumpuk seperti gunung" bisa dianggap sebagai tanda keberuntungan dan kekayaan yang akan datang.

Karenanya, masyarakat Jawa percaya bahwa memelihara perkutut katuranggan Sri Tumpu dan menjaga tumpukan kotoran dengan baik akan membawa rezeki dan kelimpahan dalam hidup mereka.

Itulah di antaranya beberapa jenis burung perkutut pembawa rezeki menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait