Advocate MBTI INFJ: Ciri-Ciri Khusus, Kelebihan dan Kekurangan


Berita | Selasa, 23 Juli 2024 15:44

Kapanlagi.com - MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan tes kepribadian yang belakangan seolah jadi tren. Dalam MBTI, disebut terdapat 16 tipe kepribadian yang beragam. Salah satu jenis tipe kepribadian MBTI tersebut, ada yang disebut advocate MBTI. Jika dijabarkan, advocate MBTI ternyata merujuk pada INFJ atau kepribadian dengan identifikasi Introverted (I), Intuitive (N), Feeling (F), Judging (J).


Menjadi satu bagian dari 16 tipe kepribadian MBTI, advocate atau INFJ mempunyai keunikan tersendiri. Apalagi, INFJ disebut-sebut sebagai salah satu tipe kepribadian MBTI paling langka. Sehingga, INFJ mempunyai ciri khas yang sangat membuatnya tampak spesial dan berbeda dengan tipe kepribadian MBTI lainnya.

Sebagai MBTI yang disebut advocate, INFJ mempunyai beberapa ciri khas, kelebihan, dan kekurangan tersendiri. Penasaran, seperti apa penjelasannya? Untuk mengetahui ciri khas, kelebihan, dan kekurangan advocate MBTI INFJ langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Ciri-ciri Advocate MBTI INFJ

Ciri-ciri Advocate MBTI INFJ (credit: unsplash)

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, MBTI advocate INFJ berbeda dengan tipe kepribadian lainnya. MBTI ini mempunyai ciri khas khusus yang merujuk pada identifikasinya sebagai seorang dengan karakteristik Introverted (I), Intuitive (N), Feeling (F), dan Judging (J).

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lebih spesifik dari ciri-ciri MBTI advocate INFJ meliputi:

1. Introverted (I)

Advocate MBTI INFJ cenderung lebih tertutup dalam berinteraksi sosial dan mendapatkan energi dari waktu sendiri untuk merenung dan memproses pikiran mereka.

2. Intuitive (N)

Advocate MBTI INFJ memiliki kecenderungan untuk berfokus pada pemikiran dan ide-ide yang abstrak, serta memiliki rasa intuitif yang kuat dalam membaca dan memahami perasaan orang lain.

3. Feeling (F)

Advocate MBTI INFJ cenderung menggunakan emosi dan perasaan mereka dalam mengambil keputusan, lebih mengutamakan hubungan dan nilai-nilai personal daripada logika ketika berinteraksi dengan dunia luar.

4. Judging (J)

Advocate MBTI INFJ memiliki kecenderungan untuk memiliki struktur dan jadwal yang teratur, serta mengambil keputusan dengan cepat dan tegas berdasarkan penilaian mereka yang substansial.

2 dari 4 halaman

2. Kelebihan Advocate MBTI INFJ

Kelebihan Advocate MBTI INFJ (credit: unsplash)

Sebagai salah satu tipe kepribadian, INFJ atau advocade MBTI tidak saja punya ciri khas khusus. Berdasarkan ciri-ciri di atas, MBTI INFJ juga punya beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa ciri MBTI INFJ sebagai advocate MBTI.

1. Mempunyai Kepekaan

Advocate MBTI INFJ dapat memahami emosi dan kebutuhan orang lain dengan mudah, sensitif terhadap perasaan dan memberikan dukungan emosional mendalam. Mereka juga dapat membaca ekspresi dan bahasa tubuh orang lain untuk memahami perasaan dan kebutuhan mereka, memungkinkan hubungan intim dan saling pengertian.

2. Berpegang Nilai Moral dan Etika

Advocate MBTI INFJ memiliki kelebihan pada konsistensi dan ketegasan dalam mempertahankan nilai-nilai moral dan etika. Mereka mempercayai konsep dan prinsip moral yang mendasari tindakan mereka, dan bertindak dengan integritas dan kejujuran. Saat menghadapi dilema moral, advocate MBTI INFJ tetap berpegang pada kebenaran dan prinsip etika yang mereka yakini.

3. Penuh Semangat

Mereka penuh semangat mencapai tujuan dan menciptakan perubahan positif. Mereka berusaha meningkatkan kualitas hidup dan mempengaruhi perubahan signifikan dalam masyarakat. Dengan dedikasi mereka, mereka menginspirasi orang lain. Sebagai agen perubahan, mereka membawa harapan, keberanian, dan inovasi.

4. Suka Melakukan Kebaikan

Advocate MBTI INFJ selalu berusaha berkontribusi positif dan mendukung kebaikan umum dengan membantu individu dan masyarakat secara luas. Mereka selalu siap memberikan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan orang lain dengan solusi efektif dan berarti.

5. Kreatif

Advocate MBTI INFJ berpikir di luar batasan dan kreatif. Mereka menemukan solusi inovatif dan unik. Mereka menginspirasi dan pemecah masalah kreatif di tim kerja.

3 dari 4 halaman

3. Kekurangan Advocate MBTI INFJ

Kekurangan Advocate MBTI INFJ (credit: unsplash)

Meski punya banyak kelebihan, INFJ sebagai advocate MBTI ternyata juga punya beberapa kekurangan yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa kekurangan MBTI advocate atau MBTI INFJ.

1. Mudah Tersinggung

Advocate MBTI INFJ mudah tersinggung terhadap kritik orang lain. Sensitivitas mereka terhadap pendapat orang lain dapat menyebabkan mereka merasa terluka secara emosional, bahkan jika niat kritik tersebut positif. Oleh karena itu, penting bagi orang lain untuk memberikan kritik dengan kelembutan dan empati mengingat sensitivitas mereka.

2. Sulit Membuka Diri

Advocate MBTI INFJ kesulitan membuka diri tentang kesulitan pribadi. Mereka cenderung memendam perasaan dan masalah mereka, takut mengganggu orang lain atau menjadi beban. Meskipun empati, mereka sering mengabaikan kebutuhan diri sendiri.

3. Terlalu Perfeksionis

Advocate MBTI INFJ terlalu kritis terhadap diri sendiri dan orang lain, memiliki standar tinggi, sulit menerima kesalahan, dan cenderung stres dan termotivasi. Ini bisa menghambat pertumbuhan pribadi dan profesional.

4. Rentan Terjebak pada Rutinitas

INFJ sulit mengubah rutinitas mereka. Mereka mencari variasi dan fleksibilitas dalam kegiatan mereka, menginginkan kebebasan untuk mengeksplorasi dunia dengan cara yang unik. Tantangan baru membantu mereka mengembangkan kemampuan mereka.

5. Mudah Merasa Lelah

Mudah lelah jika tidak mengatur aktivitas dengan baik. Kurang manajemen waktu dan energi mengakibatkan Advocate MBTI INFJ terasa terkuras dan kurang semangat. Penting memprioritaskan dan mengelola keseimbangan kerja, istirahat, dan kebutuhan pribadi.

Itulah di antaranya penjelasan tentang ciri khusus, kelebihan, dan kekurangan advocate MBTI INFJ. Semoga bermanfaat, menambah wawasan, dan bisa menjawab rasa penasaran selama ini.

(kpl/psp)

Topik Terkait