Apa Arti Jujur Menurut Pandangan Islam Beserta Manfaatnya dalam Kehidupan, Ini Penjelasannya


Berita | Senin, 15 November 2021 19:22
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Betapa pentingnya bertindak jujur dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, dengan kejujuran dapat membawa maslahat bagi diri sendiri ataupun orang lain. Lalu sudahkah kalian tahu apa arti jujur sebenarnya?


Apa arti jujur dapat dikatakan lawan kata dari bohong atau dusta. Ya, apa arti jujur termasuk sifat terpuji yang perlu kita miliki. Apa arti jujur sebenarnya adalah mengatakan sesuatu dengan benar dan apa adanya.

Namun ada juga apa arti jujur menurut pandangan Islam dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang perlu kalian ketahui. Meski dilihat dari dua sisi berbeda, nyatanya keduanya juga mengartikan apa arti jujur dengan definisi yang hampir serupa.

Sedangkan menurut pandangan Islam, apa arti jujur juga tercantum dalam Al-Quran dan hadis. Umat muslim bahkan juga diperintahkan untuk bertindak dan bersifat jujur seperti halnya sifat terpuji Rasulullah SAW. Adapun ulasan lengkapnya tentang apa arti jujur menurut pandangan Islam dan KBBI dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang apa arti jujur.

1 dari 4 halaman

1. Apa Arti Jujur Menurut Islam

(credit: freepik.com)

Kejujuran menjadi sifat terpuji yang perlu dimiliki dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya ada banyak sekali manfaat jika memiliki sifat jujur. Lalu apa arti jujur sebenarnya? Kita semua tentu sudah sangat akrab mendengar kata jujur dan kejujuran.

Namun perlu tahu juga apa arti jujur dalam segi pandangan agama Islam. Apa arti jujur menurut Islam bahkan tercantum dalam Al-Quran dan Hadis. Melihat hal ini, apa arti jujur termasuk sifat terpuji yang begitu mulia dan harus kita miliki. Bahkan sifat jujur juga menjadi salah satu sifat terpuji yang dimiliki Rasulullah SAW untuk diteladani setiap umat muslim.

Apa arti jujur menurut pandangan Islam bisa disebut dengan mengungkapkan, mengatakan, berbicara apa adanya, sebenar-benarnya, ataupun tanpa mengingkari fakta. Sementara apa arti jujur menurut Islam juga telah dijelaskan dalam ayat Al-Quran yakni surat Al-Ahzab ayat 70. Adapun bacaan latin dan artinya sebagai berikut.

"Ya ayyuhallazina amanuttaqullaha wa qulu qaulan sadid."

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar."

Dari ayat di atas dapat disimpulkan untuk bersikap jujur dengan mengatakan perkataan yang benar. Begitu juga dengan dalil lainnya yang juga menjelaskan tentang apa arti jujur menurut Islam. Adapun bacaan dalil lainnya sebagai berikut dalam surat Al-An'am ayat 152.

"Wa izaa qultum fa'diluu walau kaana zaa qurbaa, wa bi'ahdillaahi aufuu, zaalikum washshookum bihii la'allakum tazakkaruun."

Artinya: "Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabat(mu) dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu ingat."

Itulah apa arti jujur menurut pandangan Islam yang juga begitu penting diterapkan dalam kehidupan. Bahkan perintah untuk bersikap jujur juga dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis.

2 dari 5 halaman

2. Apa Arti Jujur di KBBI

(credit: unsplash.com)

Setelah tahu apa arti jujur menurut pandangan Islam, ada pula apa arti jujur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di KBBI ada banyak sekali kata yang bisa kita ketahui maknanya dengan mudah. Salah satunya kata jujur yang juga memiliki arti.

Sedangkan apa arti jujur di KBBI adalah lulur hati. Lurus hati yang dimaksudkan di sini adalah tidak berbohong dan berbicara apa adanya. Selain itu apa arti jujur di KBBI juga diartikan dengan tidak curang berlaku dalam sebuah permainan atau aturan tertentu. Apa arti jujur di KBBI dapat bermakna juga dengan tulus serta ikhlas.

Jika disimpulkan, maka apa arti jujur di KBBI adalah sifat dan tindakan yang tidak berbohong atau berdusta. Sehingga mengatakan sebenarnya tanpa mengada-ada. Begitu juga jika dalam permainan perlu bersikap jujur alias tidak curang. Itulah apa arti jujur di KBBI yang juga perlu kalian pahami.

3 dari 5 halaman

3. Manfaat Bersifat Jujur

(credit: unsplash.com)

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, apa arti jujur memang membawa banyak kemaslahatan atau manfaat bagi pelakunya. Manfaat bersifat jujur tak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri melainkan juga orang-orang di sekitar kita. Lalu apa manfaat bersifat dan bersikap jujur? Adapun penjelasan tentang manfaat bersifat jujur dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Membuat perasaan menjadi tenang dan damai.

2. Menjadi pribadi yang bisa bertanggung jawab.

3. Mendapatkan pahala dari Allah SWT dan termasuk perbuatan terpuji.

4. Mendapat kepercayaan dari banyak orang.

5. Kunci meraih kesuksesan.

6. Dihargai orang lain atas kejujuran yang dimiliki.

7. Disukai banyak orang karena bersifat dan bertindak jujur.

Itulah beberapa manfaat jujur yang bisa dirasakan siapa saja yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masih ada lagi banyak manfaat jujur yang mungkin saja belum disebutkan dalam poin di atas.

4 dari 5 halaman

4. Cara Menerapkan Sikap dan Sifat Jujur

(credit: unsplash.com)

Betapa baiknya apa arti jujur yang bisa kita terapkan dalam kehidupan. Namun terkadang kita dibuat bingung untuk memulai menerapkan sikap dan sifat jujur. Padahal, sebenarnya sangat mudah menerapkan sikap jujur dalam kehidupan. Sebab dari hal terkecil sekalipun, kita bisa mulai menerapkan perilaku jujur. Berikut ini ulasannya tentang cara menerapkan sikap dan sifat jujur.

1. Berusaha untuk menepati janji atau tidak mengingkari apa yang sudah dikatakan.

2. Tidak menelan informasi secara mentah-mentah yang memicu mengatakan sesuatu tidak sesuai fakta. Sehingga perlu klarifikasi dan cek kebenaran secara faktual.

3. Berusaha mengatakan kebenaran meskipun dari hal terkecil bahkan terasa pahit.

4. Menghargai orang lain dan tidak membeda-bedakannya.

5. Berbicara jujur sesuai fakta dan tidak mengubah fakta yang ada.

6. Bertindak jujur dalam berdagang ataupun melakukan transaksi pembelian.

7. Hindari melakukan suap dan menyontek dalam ujian ataupun pekerjaan.

8. Mengakui kesalahan yang dilakukan jika memang salah.

Nah itulah apa arti jujur yang perlu kalian pahami. Sehingga dengan mengetahui apa arti jujur di atas dapat memudahkan kalian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait