Arti Ilfil Adalah Perasaan Muak, Ketahui Pula Cara Menyikapinya

Senin, 15 November 2021 16:55 Penulis: Dhia Amira
Arti Ilfil Adalah Perasaan Muak, Ketahui Pula Cara Menyikapinya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Ilfil menjadi sebuah istilah yang sering diungkapkan, terutama untuk orang-orang di zaman modern ini. Kata ilfil biasanya dipakai anak muda untuk mengungkapkan perasaan. Namun apa sih arti ilfil sebenarnya? Arti ilfil merupakan sebuah perasaan muak atau merasa jijik dengan sikap seseorang. Sehingga membuat ilfil menjadi salah satu ungkapan yang sering digunakan untuk menggambarkan perasaan tersebut.

Selain merasakan perasaan jijik dan muak, arti ilfil juga menjadi bentuk rasa kecewa kita pada seseorang, terutama untuk seseorang yang kita sayangi. Selain mengetahui arti ilfil, kita juga perlu tahu dari mana ungkapan ilfil sebenarnya. Apakah ilfil merupakan sebuah singkatan atau sebuah kata slang yang menjadi populer hingga saat ini.

Nah, bagi KLovers yang penasaran dengan hal tersebut maka berikut ini ada arti ilfil yang bisa kalian ketahui lebih dalam, beserta dengan hal yang bisa membuat orang lain ilfil dan cara menghadapi orang yang gampang ilfil. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Ilfil

Sebelumnya kita mengetahui bahwa arti ilfil adalah sebuah perasaan yang menunjukkan rasa jijik, muak, atau kecewa pada sikap dan cara seseorang. Sebenarnya arti ilfil menurut KBBI yaitu bahasa yang diserap dari bahasa inggris yang artinya timbulnya perasaan kecewa akibat telah mengetahui keburukan dari seseorang. Padahal, sebelum mengetahui hal tersebut, orang ini sudah merasakan suka atau tidak membencinya.

Selain itu menurut Wikipedia, arti ilfil adalah sebuah perasaan muak, risih, dan jijik terhadap tingkah atau perilaku seseorang yang berlebihan. Hal ini biasa diutarakan dengan cara yang cenderung kasar. Bahkan, jika sudah berlebihan dapat menyebabkan suatu hal yang kurang baik di mata umum. Sehingga ini bisa menimbulkan perasaan ilfil pada seseorang yang melihatnya.

Dari pengertian di atas, mana sih bahasa Inggris yang menggunakan kata ilfil? Ya, ternyata ilfil merupakan sebuah singkatan yang dibuat oleh anak muda Indonesia. Ilfil merupakan sebuah kepanjangan dari ilang feeling (ilfil). Sehingga ini menjadi sebuah bahasa non baku atau bahasa gaul yang digunakan oleh anak muda.

2. Hal yang Bisa Bikin Orang Lain Ilfil

Setelah mengetahui arti ilfil, tentu kita ingin mengetahui seperti apa sih hal-hal yang bisa membuat orang lain ilfil? Ya, ini penting untuk kita ketahui agar kita tidak membuat orang lain merasa risih dengan keberadaan kita. Hal ini juga penting untuk diketahui agar kita tahu bagaimana cara bersikap yang baik dalam menjalankan hubungan sosial. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa membuat orang lain ilfil:

1. Terlalu narsis. Ya, ketika kita terlalu fokus membicarakan diri sendiri serta menonjolkan kelebihan yang ada dari diri kita, maka lambat laun orang akan lelah mendengarkannya dan menjadi ilang feeling (ilfil).

2. Sering berbohong. Pada umumnya tidak ada orang suka dibohongi oleh orang lain, apalagi temannya sendiri. Apabila kita sering berbohong dan meski ketahuan tetap melakukannya lagi berkali-kali setelah itu, maka teman pun bisa jadi mantan teman.

3. Kurang sopan santun. Setiap orang wajib memiliki sikap kesopanan dan tata krama. Tanpa kedua hal ini, tentunya kita akan dihadapi banyak masalah dengan orang lain. Terutama saat berkomunikasi pada lingkungan sosial.

4. Terlalu negatif. Kalau ada orang yang selalu mengatakan kita selalu salah, tidak benar, berbahaya, mengancam, mematikan dan kata-kata negatif lainnya, maka tentu kita akan malas bergaul dengan orang tersebut lantaran aura negatif sudah terpancar dari awal, dan ini bisa membuatnya stres.

5. Memiliki sikap egois. Ya, setiap manusia pasti memiliki sikap egois mereka. Namun bila hal ini terlalu berlebihan bahkan bisa merugikan orang lain, maka akan membuat orang lain merasa ilfil dengan kita.

6. Terlalu mengatur. Tidak ada orang yang suka dengan orang yang terlalu banyak mengatur orang lain. Jangan berusaha atur orang-orang yang sebetulnya tidak bekerja buat kita. Jika keputusan terus-menerus dibuat oleh kita, bahkan sampai mencampuri urusan pribadi teman, maka teman bisa hilang sekejap dan enggan berada di sekitar kita lagi.

3. Cara Menghadapi Orang yang Gampang Ilfil

Nah, selain cara-cara yang bisa bikin orang lain ilfil. Ternyata ada juga loh orang-orang yang mudah ilfil. Nah, bakal repot dong kalau kita bertemu teman atau pasangan yang mudah banget ilfil. Bagi kalian yang ingin tetap terus berhubungan dengan mereka, tentu kalian harus menjaga sikap dan tahu cara menghadapi orang tersebut. Untuk itu, berikut ini beberapa cara menghadapi orang yang gampang ilfil:

1. Jangan melakukan hal yang terlalu berlebihan. Karena orang yang gampang ilfil bisa merasa muak, jijik, dan kecewa dengan pergerakan yang berlebihan.

2. Kita harus mengenal dia dan dia harus mengenal kita. Ya, saling mengenal itu penting dilakukan. Hal yang selalu terlihat atau biasa terlihat akan menjadi hal yang biasa saja. Sehingga saling memahami satu sama lain menjadi hal utama agar orang yang kita sayang tidak mudah ilfil dengan kita.

3. Selalu membicarakan topik yang menarik. Ya, siapa juga sih yang nggak bete kalau ketemu orang yang nggak sefrekuensi? Itulah mengapa pentingnya kecocokan. Bila kalian cocok maka topik yang menarik akan timbul dengan sendirinya.

4. Tidak perlu jadi orang lain. Bila kalian ingin menjalankan hubungan dengan orang yang sudah ilfil, tidak perlu berpura-pura ya KLovers. Kalian cukup menjadi diri sendiri saja. Bila memang dia tidak suka dengan hal apapun di diri kita, maka kalian memang tidak cocok untuk menjadi pasangan ataupun berteman.

Itulah arti ilfil dan beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk tidak terlihat ilfil, ataupun menghadapi seseorang yang mudah ilfil. Semoga arti ilfil ini bukan hanya menjadi sebuah ilmu baru untuk kalian saja, namun juga menjadi sebuah nasihat agar tidak menjadi seseorang yang bisa bikin ilfil karena kurang bijak dalam bersikap.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI