Arti Dear, Makna, dan Penggunaannya dalam Keseharian


Berita | Jum'at, 12 November 2021 12:55

Kapanlagi.com - Arti dear erat kaitannya dengan hubungan orang yang menjalin hubungan mesra. Biasanya, digunakan untuk menyapa kekasih, suami, atau istri. Mengekspresikan perasaan melalui sapaan semacam itu memang diperlukan untuk memupuk cinta dengan pasangan.


Meski arti dear biasa dimaknai sebagai sapaan sayang, tapi kata ini juga sering digunakan untuk menyapa orang yang dihormati. Bahkan, menjadi sapaan yang lazim digunakan dalam situasi yang formal. Mungkin kalian juga sudah sering mendengar kata ini digunakan untuk menyapa pimpinan perusahaan dalam surat atau sapaan dari MC kepada para tamu di sebuah acara formal.

Ya, arti dear punya beberapa makna yang bergantung pada situasi atau konteks penggunaan. Nah, agar kalian tak bingung atau salah sangka dengan makna kata ini, berikut terdapat penjelasan mengenai penggunaannya dalam keseharian.

1 dari 3 halaman

1. Maksud dan Arti Dear

Arti dear (Credit: Unsplash)

Secara harfiah, arti dear dari bahasa Inggris ke Indonesia adalah "sayang". Berdasarkan kamus Oxford Languages, arti dear adalah kasih sayang yang mendalam atau disayang oleh seseorang. Kata ini, biasanya digunakan sebagai sapaan penuh keramahan dan kasih sayang.

Selain itu, "dear" juga dipakai untuk menyapa seseorang yang dihormati. Misalnya, kepada atasan, guru, rekan kerja, dan lain sebagainya. Makna dari kata ini akan mengikuti konteks penggunaannya dalam situasi tertentu.

 

2 dari 4 halaman

2. Penggunaan Dear yang Sesuai dengan Makna

Penggunaan Kata Dear (Credit: Unsplash)

Setelah mengetahui arti dear, kalian juga perlu memahami penggunaannya dalam keseharian. Mengingat bahwa makna kata ini mengikuti konteks, kalian pun perlu memahami berbagai situasi yang memungkinkan penggunaan kata "dear" berikut ini.

Selain digunakan sebagai sapaan untuk orang tersayang, seperti kekasih dan orang yang dihormati, dear juga bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi terkejut, cemas, atau simpati. Berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat yang bisa membantu kalian dalam memahami arti dear dalam masing-masing konteks.

- Arti Dear "Kepada yang terhormat"

Dear our honorable headmaster (Kepada Bapak Kepala Sekolah kita yang terhormat).

Dear Ladies and Gentlemen, please stand up to sing "Indonesia Raya". (Bapak Ibu yang terhormat, silakan berdiri untuk menyanyikan "Indonesia Raya".)

Dear Mr. and Mrs. Wijaya, please head for the stage to hand over the trophy to the winner. (Bapak dan Ibu Wijaya, dimohon untuk naik ke panggung untuk menyerahkan piala kepada pemenang.)

- Arti Dear "Sayang"

When do we meet? I miss you, dear (Kapan kita bertemu? aku kangen kamu, sayang.)

Thank you for our wedding anniversary gift, i love you, dear. (Terima kasih untuk kado ulang tahun pernikahan kita, aku mencintaimu, sayang.)

 

3 dari 4 halaman

3. Sapaan

Sapaan lain selain dear (Credit: Unsplash)

Meski arti dear dalam bahasa Indonesia adalah "sayang", tetap saja masih ada banyak kata lain yang bisa kalian gunakan untuk mengekspresikan kemesraan. Berikut ini merupakan sapaan sayang yang lazim digunakan beserta contoh penggunaannya dalam kalimat.

- Love

Love adalah salah satu panggilan sayang yang paling umum digunakan untuk memanggil orang-orang terkasih. Misalnya, untuk pacar, suami, ataupun istri.

Contoh: "Selamat pagi, Love! Hari ini mau sarapan apa?"

- My Lovely

My lovely sebenarnya merupakan panggilan sayang yang berasal dari kata love. Hanya saja, makna dari kata ini lebih spesifik kepada seseorang yang kita sayangi karena memiliki imbuhan kata 'my'.

Contoh: "Oh My Lovely, kamu tampak lelah. Bagaimana pekerjaanmu hari ini?"

- Sweetie

Sweetie adalah panggilan sayang dari kata sweet yang berarti manis. Namun, jika dimaknai ke dalam Bahasa Indonesia artinya jadi "kekasih".

Contoh: "My sweeti, kalau cemberut gitu nanti cepet tua lho."

- Honey

Honey adalah panggilan sayang paling umum yang pasti pernah kalian dengar. Meski jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia kata ini berarti "madu", tapi dalam situasi yang romantis kata ini dapat berarti "sayang".

Contoh: "Honey, aku kangen. Kapan kamu pulang?"

- Bunny

Bunny adalah sapaan khas pasangan yang berasal dari bahasa Inggris yang sering kali digunakan untuk mengekspresikan rasa sayang. Panggilan ini pun memiliki kesan yang lucu dan manis.

Contoh: "Selamat ulang tahun bunny, semoga kamu sehat selalu ya, selalu manis dan makin romantis sama aku."

- Baby

Secara harfiah "baby" berarti "bayi", akan tetapi baby juga sering digunakan untuk memanggil orang-orang terkasih, lho, KLovers! Hal ini karena dalam situasi informal, baby dapat merujuk pada sebutan seseorang yang memiliki hubungan romantis atau kekasih.

Contoh: "Baby, selamat atas kesuksesanmu, pencapaian yang luar biasa!"

- Darling

Darling merupakan istilah dari bahasa Inggris yang digunakan sebagai panggilan untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kata ini akan berarti "sayang".

Contoh: "My darling, makasih ya bekal makan paginya, aku berangkat ke kantor dulu. Doakan pekerjaan aku lancar ya."

Itulah penjelasan mengenai arti dear beserta makna dan penggunaan sesuai konteks yang bisa kalian pelajari. Selain itu, ada pula sejumlah sapaan dalam bahasa Inggris lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mengekspresikan kemesraan dengan orang tersayang.

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait