Arti Hitungan Jodoh Ketemu 20 Menurut Primbon Jawa, Benarkah Bakal Berjodoh?


Berita | Kamis, 18 Januari 2024 14:33

Kapanlagi.com - Dalam kepercayaan masyarakat Jawa tradisional, weton diyakini punya peran penting di kehidupan seseorang. Salah satu pengaruh weton di kehidupan di antaranya, dalam hal asmara atau jodoh. Lewat sebuah metode hitungan, sepasang kekasih bisa diprediksi tingkat kecocokannya saat menikah. Dalam perhitungan itu, hasilnya bisa beragam. Hitungan jodoh ketemu 20 adalah salah satunya.


Di tengah zaman yang semakin modern ini, hitungan jodoh weton berdasarkan primbon Jawa masih sangat dipegang teguh. Kaitannya dengan, hitungan jodoh ketemu 20 dalam primbon Jawa, mempunyai arti tersembunyi. Diyakini bahwa, arti dari hitungan jodoh ketemu 20 itu menjadi faktor penentu rumah tangga sepasang kekasih kelak saat menikah.

Penasaran, seperti apa penjelasan arti hitungan jodoh ketemu 20? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Hitungan Jodoh Ketemu 20

Arti Hitungan Jodoh Ketemu 20 (credit: unsplash)

Ramalan jodoh dalam Primbon Jawa menggunakan metode hitungan weton. Pada metode hitungan ini, nantinya neptu pihak laki-laki dan perempuan akan dijumlahkan. Angka hasil penjumlahan tersebut nantinya dipercaya dapat menunjukkan tingkat kecocokan pasangan yang akan menikah.

Dalam hal ini, ramalan hitungan jodoh ketemu 20 dalam primbon Jawa diartikan sebagai pasangan Ratu. Lebih lanjut, pasangan Ratu diramalkan akan diberkahi banyak keberuntungan dan harmoni dalam rumah tangga. Pasangan Ratu dijanjikan penghargaan, penghormatan, dan pengakuan dari lingkungan sekitar karena energi positif mereka.

Namun, perlu diingat bahwa kebahagiaan mereka bukan berarti tanpa cela. Diramalkan akan banyak orang yang merasa iri melihat keberuntungan dan kebahagiaan mereka sebagai pasangan. Oleh karena itu, pasangan Ratu tetap harus berusaha menjalani kehidupannya dengan bijaksana.

Selain pada hasil hitungan 20, pasangan RATU juga terjadi jika hasil perhitungan weton menghasilkan angka 11 dan 29.

2 dari 4 halaman

2. Hasil Hitungan Jodoh Primbon Lengkap

Hasil Hitungan Jodoh Primbon Lengkap (credit: unsplash)

Selain hitungan jodoh ketemu 20, perhitungan weton untuk jodoh bisa menghasilkan angka bilangan yang beragam. Setiap angka hasil hitungan jodoh mempunyai arti masing-masing dalam primbon Jawa. Untuk lebih lengkapnya, berikut hasil hitungan jodoh primbon Jawa secara keseluruhan:

1.PEGAT

Pasangan dengan total angka jodoh 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36 dikenal sebagai PEGAT. Meskipun dapat menghadapi masalah ekonomi, kekuasaan, atau perselingkuhan yang mengancam hubungan, mereka tetap perlu berupaya menjaga keberlangsungan hubungan mereka.

2. RATU

Pasangan RATU, yang memiliki total angka 2, 11, 20, 29, dianggap sebagai pasangan yang sudah dijodohkan. Mereka mendapatkan hormat dan penghargaan dari tetangga dan lingkungan karena keharmonisan hubungan mereka.

3. JODOH

Pasangan JODOH, dengan total angka 3, 12, 21, 30, dianggap sebagai pasangan yang benar-benar cocok dan saling menerima baik kelebihan maupun kekurangan. Rumah tangga mereka harmonis hingga usia tua.

4. TOPO

Pasangan TOPO, yang total angka jodohnya 4, 13, 22, 31, mungkin mengalami kesulitan awal dalam hubungan, tetapi pada akhirnya, kebahagiaan akan datang setelah melewati masa-masa sulit.

5. TINARI

Pasangan TINARI, yang total angka jodohnya 5, 14, 23, 32, akan menemukan kebahagiaan, kemudahan dalam mencari rezeki, dan sering mendapat keberuntungan.

6. PADU

Pasangan PADU, yang total angka jodohnya 6, 15, 24, 33, mungkin sering bertengkar dalam berumah tangga, tetapi biasanya pertengkaran tersebut tidak sampai pada perceraian, walaupun sering dipicu oleh hal-hal sepele.

7. SUJANAN

Pasangan SUJANAN, yang total angka jodohnya 7, 16, 25, 34, cenderung mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan dalam pernikahan mereka, yang bisa dimulai oleh salah satu pihak.

8. PESTHI

Pasangan PESTHI, yang total angka jodohnya 8, 17, 26, 35, cenderung hidup harmonis dan damai sampai usia tua, tanpa masalah yang cukup signifikan yang mengganggu keharmonisan keluarga.

3 dari 4 halaman

3. Cara Menghitung Hitungan Jodoh Primbon Berdasarkan Weton

Cara Menghitung Hitungan Jodoh Primbon Berdasarkan Weton (credit: unsplash)

Untuk meramal jodoh berdasarkan primbon Jawa, metodenya perlu dipahami dengan saksama. Proses ramalan jodoh Primbon Jawa relatif mudah, cukup dengan menjumlahkan neptu dari weton pasangan pria dan wanita.

Bagi yang belum familiar, neptu weton dihitung dengan menambahkan nilai hari kelahiran (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu) dan nilai hari pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon). Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini:

- Nilai hari kelahiran:

1. Minggu memiliki nilai 5

2. Senin memiliki nilai 4

3. Selasa memiliki nilai 3

4. Rabu memiliki nilai 7

5. Kamis memiliki nilai 8

6. Jumat memiliki nilai 6

7. Sabtu memiliki nilai 9

- Nilai hari Pasaran:

1. Legi memiliki nilai 5

2. Pahing memiliki nilai 9

3. Pon memiliki nilai 7

4. Wage memiliki nilai 4

- Kliwon memiliki nilai 8

Sebagai contoh:

- Jika weton pihak perempuan adalah Senin Legi, maka neptu wetonnya adalah 4 + 5 = 9.

- Sedangkan weton pihak laki-laki adalah Jumat Legi, sehingga neptunya adalah 6 + 5 = 11.

- Langkah terakhir adalah menjumlahkan neptu weton pihak pria dan wanita, sehingga menjadi 9 + 11 = 20 yang diartikan sebagai Ratu.

Itulah di antaranya ulasan terkait arti hitungan jodoh ketemu 20 menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait