Arti Kata Cepu dalam Bahasa Gaul, Ketahui Pula Istilah Lainnya


Berita | Minggu, 9 April 2023 13:33

Kapanlagi.com - Bahasa gaul di Indonesia mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Ada banyak istilah baru yang muncul, salah satunya adalah cepu. Lalu, apa sih arti kata cepu dalam bahasa gaul?


Arti kata cepu dalam bahasa gaul bisa dipahami sebagai tukang ngadu. Namun, istilah ini juga dianggap baku sesuai dengan KBBI dengan arti lain.

Nah, jika kalian penasaran dengan arti kata cepu dalam bahasa gaul beserta istilah lainnya, silakan simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Kata Cepu dalam Bahasa Gaul

Ilustrasi (Credit:Unsplash)

Mungkin, kata cepu suah menjadi istilah yang tak asing bagi sebagian orang. Meski begitu, tak menutup kemungkinan bahwa arti kata cepu dalam bahasa gaul masih belum dipahami sepenuhnya dalam percakapan sehari-hari. Sebelumnya, alangkah lebih baik jika kalian mengenal arti cepu dalam istilah yang sebenarnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada dua arti cepu, yaitu cembul yang dibuat dari kayu (perak dan sebagainya) dan informasi polisi. Cepu dalam arti informasi polisi bertugas untuk membocorkan rahasia tertentu yang akan berguna untuk penyelidikan sebuah kasus. Lalu, apa sih arti kata cepu dalam bahasa gaul?

Dalam konteks tersebut, sedikit mirip dengan informan polisi, cepu bisa dipahami sebagai orang yang mengadu atau membocorkan informasi yang sebenarnya rahasia. Tak hanya kepada polisi, cepu dalam bahasa gaul bisa dipakai sebagai istilah untuk menyebut siapa saja yang melakukan hal tersebut di sekitar kalian.

Cepu dalam hal ini merujuk pada tindakan negatif yang akan merugikan si pemilik rahasia. Biasanya, rahasia yang dibocorkan akan dianggap sebagai aib. Tak heran jika kemudian, orang yang berlaku sebagai cepu akan dihindari dalam lingkar pertemanan.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Arti Bahasa Gaul

Ilustrasi (Credit:Unsplash)

Perlu diketahui bahwa terdapat cukup banyak bahasa gaul di Indonesia. Tak hanya arti kata cepu dalam bahasa gaul saja, tapi masih banyak arti istilah lain yang mungkin belum kalian ketahui. Namun, apa kalian sudah paham arti bahasa gaul itu sendiri?

Menurut KBBI, bahasa gaul adalah dialek bahasa Indonesia nonformal yang digunakan oleh komunitas tertentu atau di daerah tertentu untuk pergaulan. Sebagai contoh, sebenarnya dasar bahasa gaul adalah bahasa Betawi yang awalnya digunakan di wilayah Jakarta. Kemudian, istilah-istilah tersebut lambat laun tersebar ke daerah lain melalui media massa, seperti televisi dan internet.

Bahasa gaul kemudian menggantikan kepopuleran bahasa prokem (tak baku) yang sebelumnya ramai digunakan pada 1970-an. Selain meneruskan pengaruh sejumlah kosakata bahasa prokem, ragam bahasa Indonesia gaul ini juga menerima berbagai pengaruh lain dalam komunikasi sehari-hari.

Meski begitu, perlu diingat bahwa sebenarnya Indonesia tak memiliki nama resmi untuk bahasa gaul ini. Pasalnya, pemerintah hanya mengakui satu bahasa, yakni bahasa Indonesia. Namun, pada kenyataannya, penggunaan bahasa gaul tetap berkembang dalam masyarakat umum hingga kini.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Istilah Bahasa Gaul Lainnya

Ilustrasi (Credit:Unsplash)

Setelah mengetahui arti kata cepu dalam bahasa gaul, mungkin kalian juga penasaran dengan sejumlah arti istilah lain. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa penjelasan di bawah ini.

1. BU
BU merupakan salah satu istilah anak zaman sekarang yang cukup sering dipakai. BU sebenarnya berasal dari singkatan kata 'butuh uang'. Penggunaan kata BU cukup mudah, misalnya:

"Mobil dijual cepat karena BU"

2. Ghosting

Kata ghosting sebenarnya juga sudah cukup populer. Istilah ini berkaitan dengan hubungan asmara yang sedang dijalani. Jika seseorang dighosting, artinya ia ditinggal tanpa adanya alasan yang jelas. Ghosting sendiri berasal dari bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa gaul di Indonesia.

3. Insecure

Selanjutnya, ada kata insecure yang juga tak kalah populer. Kata yang berasal dari bahasa Inggris ini bisa dipahami sebagai sebuah ekspresi rendah diri atau merasa ada kekurangan dari dalam dirinya.

4. Salty

Jika dipahami apa adanya, salty berarti garam dalam bahasa Inggris. Namun, istilah ini kerap digunakan untuk menyebut perilaku seseorang saat bermedia sosial. Ketika mengunggah sesuatu, pengguna media sosial berharap netizen lain tak memberi kritik yang menjatuhkan. Nah, ketika ada komentar yang bernada kesal, nyinyir, atau mengungkapkan ketidaksetujuan dengan bahasa yang tidak mengenakkan, orang tersebut bisa disebut salty.

5. Spill

Spill juga menjadi salah satu istilah yang tak kalah populer. Spill berasal dari bahasa Inggris yang artinya menumpahkan. Akan tetapi, arti spill dalam bahasa gaul bisa dipahami sebagai aktivitas mengungkapkan atau menceritakan gosip, rahasia, hingga aib seseorang.

6. Pargoy

Istilah pargoy sepertinya sudah tak asing lagi bagi para pengguna TikTok. Apa sih arti pargoy sebenarnya? Ya, arti pargoy adalah singkatan dari party goyang. Istilah ini digunakan untuk menyebut konten video goyang dengan sound lagu DJ Remix yang biasanya sedang populer.

7. TBL

Ada pula istilah TBL yang populer diucapkan di kalangan anak muda zaman sekarang. TBL merupakan singkatan dari 'takut banget loh', yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa takut. Bisa juga digunakan untuk mengejek, saat si orang yang mengucapkan tidak merasa takut.

8. +62

Seperti yang diketahui, +62 merupakan kode telepon yang digunakan Indonesia di dunia. +62 umumnya digunakan oleh netizen di media sosial untuk merujuk pada orang-orang atau masyarakat yang berada di negara Indonesia.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti kata cepu dalam bahasa gaul beserta istilah lainnya yang mungkin perlu kalian pahami.

 

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait