Arti Kopdar dalam Komunitas Motor Beserta Manfaat dan Istilah Gaul Lainnya


Berita | Kamis, 7 April 2022 14:22
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Bagi KLovers, kata atau istilah Kopdar memang sudah tidak asing lagi. Ya, kata ini biasanya menjadi sebuah istilah gaul dalam komunitas motor. Apa sih arti Kopdar sendiri? Ya, arti Kopdar merupakan sebuah kepanjangan dari kopi darat dan menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilakukan komunitas motor.


Kopi darat sendiri merupakan suatu kegiatan rutin dengan berkumpul bersama anggota komunitas motor. Biasanya kumpul di hari tertentu yang sudah ditentukan secara musyawarah. Dalam artikel ini bukan hanya membahas arti Kopdar saja, namun juga manfaat dari Kopdar dan juga istilah gaul lain dalam komunitas motor.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui tentang arti Kopdar, maka untuk itu dilansir dari berbagai sumber. Berikut ini arti Kopdar dalam komunitas motor beserta dengan manfaat dan istilah gaul lainnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Pengertian Kopdar

Ilustrasi (credit: pixabay)

Kata Kopdar memang tidak asing bagi kita, bahkan yang baru saja masuk dalam sebuah komunitas motor. Ya, arti Kopdar itu sendiri merupakan kepanjangan dari "kopi darat". Kopi darat sendiri dalam dunia komunitas motor memiliki arti sebagai suatu kegiatan rutin dengan berkumpul bersama anggota komunitas motor.

Biasanya Kopdar ini dilakukan setiap pekan dan menjadi sebuah aktivitas yang rutin. Biasanya kegiatan Kopdar pada komunitas motor ini dilakukan pada akhir pekan. Dan biasanya para anggota akan melakukan diskusi, perkenalan anggota baru, atau sekadar membahas kegiatan yang akan dilakukan ke depan.

Dalam sebuah komunitas motor yang cukup besar dan positif, maka komunitas itu bentuknya mirip dengan sebuah organisasi. Ada ketua, wakil, sekretaris, dan juga bendahara. Hal ini dilakukan, agar setiap kegiatan dalam komunitas motor tersebut dapat dilakukan sesuai dengan tujuan awal, hingga tidak merusak sebuah kegiatan ataupun komunitas itu sendiri.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dibahas saat melakukan kegiatan Kopdar ya KLovers. Misalnya saja, kegiatan untuk penggalangan dana, pergi bersama ke sebuah acara, mengatur hari Anniversary komunitas motor, hingga kegiatan touring. Sehingga, dalam kegiatan kopi darat ini hampir semua anggota komunitas motor hadir.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Manfaat Kopdar

Ilustrasi (credit: pixabay)

Setelah mengetahui arti Kopdar, tentu kalian perlu tahu manfaat dari Kopdar itu sendiri dalam dunia komunitas motor. Ya, ada banyak sekali manfaat Kopdar salah satunya bisa menambah pengalaman kalian. Dan berikut ini beberapa manfaat Kopdar yang bisa kalian rasakan:

1. Memiliki jiwa sosial dan rasa akrab yang tinggi bersama dengan teman-teman klub.

2. Jadi sebuah kegiatan positif yang membawa kebahagiaan.

3. Memberikan rasa semangat dalam hidup dan sebuah motivasi.

4. Jadi sumber informasi dalam berbagai hal.

5. Melatih kepemimpinan dan tanggung jawab.

6. Melatih rasa kompak dan solidaritas.

7. Mendapatkan banyak cerita hingga pengalaman dari berbagai jenis orang dan berbagai kalangan umur.

8. Jadi hiburan untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

9. Dapat menjadi sebuah kegiatan dalam memecahkan segala bentuk masalah yang muncul jika ada dan mencari solusi dan jalan keluar dengan kekeluargaan secara bersama.

10. Untuk menjalin komunikasi yang aktif, nyata dan juga terbuka.

11. Untuk saling mengenal antara satu dengan yang lainnya.

12. Mempererat tali persaudaraan, pertemanan, kekeluargaan diantara semua anggota.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Istilah Gaul Motor

Ilustrasi (credit: pixabay)

Nah selain mengetahui arti Kopdar yang merupakan istilah gaul, ada beberapa lagi istilah gaul lainnya yang digunakan oleh anak motor selain dari Kopdar. Berikut ini beberapa istilah gaul yang digunakan oleh anak motor yang bisa kalian ketahui:

1. Sutmori = Saturday Morning, sama seperti arti sunmori namun dilakukan pada Saturday atau hari Sabtu pagi.

2. Sunmori = Kopi Darat, istilah ini diartikan sebagai kegiatan Sunday Morning Riding.

3. Rolling = Kegiatan jelajah ke sebuah daerah yang jaraknya jauh.

4. Tourjib = Merupakan sebuah istilah touring dengan jalan yang menempuh perjalanan jauh.

5. Tourgab = Touring Gabungan yang dilakukan oleh beberapa komunitas motor bersama.

6. Sowan = Merupakan ungkapan anak motor yang berkunjung ke tempat tinggal ke rumah teman sesama komunitas.

7. Anniv = Ini singkatan dari Anniversary, yang merupakan kegiatan ulang tahun komunitas motor.

8. Road Captain = Ketua kelompok saat touring. Road captain bertanggung jawab penuh terhadap kelancaran dan keselamatan para rombongan.

9. Safety Officer = Posisi ini bertugas untuk menunjukkan arah yang benar dan mengamankan jalan yang akan dilalui.

10. Voorijder = Voorijder biasanya harus berada di depan rombongan sebagai pemimpin.

11. Sweeper = Mengawal barisan touring. Beberapa anggota dipilih mengemban tugas ini untuk mengamankan rombongan. Seringkali, sweeper berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan.

Itulah arti Kopdar beserta kegiatan dan juga manfaat yang bisa kalian dapatkan saat Kopdar. Selain mengetahui arti Kopdar, kalian juga bisa mengetahui istilah lainnya dalam dunia komunitas motor beserta dengan artinya.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait