Arti Sunmori yang Sebenarnya, Beserta Manfaat dan Tips Aman Saat Melakukannya

Sabtu, 23 Oktober 2021 11:22 Penulis: Dhia Amira
Arti Sunmori yang Sebenarnya, Beserta Manfaat dan Tips Aman Saat Melakukannya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Sunmori menjadi salah satu kegiatan yang sangat populer sekarang ini, bukan hanya di kalangan anak muda saja, tetapi juga orangtua pun ikut dalam kegiatan ini. Namun apa sih sebenarnya arti sunmori itu sendiri? Menurut Urban Dictionary, arti sunmori adalah singkatan dari Sunday Morning Riding.

Dengan kata lain, sunmori adalah kegiatan mengendarai sepeda motor di hari Minggu pagi, baik itu sendirian ataupun tidak. Saat ini sunmori dilakukan tidak hanya mengendarai sepeda motor saja, namun juga sepeda.

Tak dipungkiri jika sunmori memang menjadi kegiatan favorit. Bahkan di beberapa tempat membentuk perkumpulan orang-orang yang sedang sunmori, seperti di lapangan luas hingga stadion.

Nah, selain mengetahui arti sunmori, kalian juga perlu tahu nih apa saja manfaat dari sunmori hingga kegiatan apa saja yang bisa dilakukan. Selain itu ada pula tips-tips yang bisa kalian lakukan untuk melakukan kegiatan sunmori yang aman. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Manfaat Sunmori

Setelah mengetahui arti sunmori, tentu kalian perlu tahu manfaat dari sunmori itu sendiri. Ya, ada banyak sekali manfaat sunmori yang baik untuk tubuh serta menambah pengalaman kalian. Dan berikut ini beberapa manfaat sunmori yang bisa kalian rasakan:

1. Melatih konsentrasi dalam berkendara.

2. Menurunkan hormon stress dalam tubuh.

3. Bermotor di pagi hari disebut dapat meningkatkan fungsi otak dan kognitif manusia.

4. Memiliki jiwa sosial dan rasa akrab yang tinggi bersama dengan teman-teman klub.

5. Jadi sebuah kegiatan positif yang membawa kebahagiaan.

6. Memberikan rasa semangat dalam hidup dan sebuah motivasi di pagi hari.

7. Baik untuk kesehatan pernafasan, karena dilakukan di pagi hari.

8. Membuat tubuh lebih segar dan sehat.

2. Kegiatan dalam Sunmori

Karena arti sunmori adalah kegiatan mengendarai sepeda motor di hari Minggu pagi, jadi banyak hal yang bisa dilakukan. Kalian bisa melakukan hal apapun dalam kegiatan sunmori. Ya, sunmori merupakan kegiatan santai yang dilakukan oleh para pemotor. Sehingga ini menjadi sebuah kegiatan positif yang saat ini masih sering dilakukan.

Dalam kegiatan sunmori ini kalian bisa berdiskusi soal motor, saling bertukar pikiran, ajang jual beli aksesoris motor, dan konvoi santai. Kalian juga bisa menjaga tali silaturahmi hingga menjalin hubungan baik dengan teman-teman sesama pemotor. Kalian juga bisa bertemu dan memiliki banyak teman dengan mengikuti sunmori ini.

3. Tips Saat Sunmori

Saat kita melakukan kegiatan apapun yang dilakukan tentu harus ada beberapa tips yang bisa diikuti. Tips ini tentu untuk membuat kita tetap aman dan tidak merugikan orang lain. Salah satunya yaitu ada tips sunmori. Dalam sunmori tentu ada berbagai tips yang harus dan wajib dipatuhi.

Dan tips sunmori adalah dengan mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Sunmori juga bukan menjadi ajang untuk melakukan balap liar hingga ugal-ugalan. Selain itu, ada pula beberapa tips lain yang bisa kalian terapkan saat melakukan Sunday Morning Riding. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat sunmori:

1. Hal pertama yaitu, selalu kenakan helm SNI. Ini untuk melindungi kalian dari bahaya an juga menjadi salah satu peraturan dalam berkendara.

2. Lalu tips yang kedua yaitu, kalian bisa mengenakan jaket atau baju lengan panjang.

3. Lalu gunakan celana yang panjang, hal ini untuk melindungi kalian dan membuat kalian tetap merasa hangat di udara pagi hari.

4. Ada baiknya kalian mengenakan sepatu.

5. Kalian juga bisa memakai sarung tangan bila diperlukan.

6. Gunakan masker, balaclava, atau buff.

7. Patuhi rambu lalu lintas dan tidak mengganggu pengendara lain.

8. Jangan lupa membawa surat-surat kendaraan, seperti SIM dan STNK.

4. Istilah Gaul Selain Sunmori

Nah selain mengetahui arti sunmori yang merupakan istilah gaul, ada beberapa lagi istilah gaul lainnya yang digunakan oleh anak motor selain dari sunmori. Berikut ini beberapa istilah gaul yang digunakan oleh anak motor yang bisa kalian ketahui:

1. Sutmori = Saturday Morning, sama seperti arti sunmori namun dilakukan pada Saturday atau hari Sabtu pagi.

2. Kopdar = Kopi Darat, istilah ini diartikan sebagai kegiatan kumpul sesama anggota, klub, atau forum otomotif.

3. Rolling = Kegiatan jelajah ke sebuah daerah yang jaraknya jauh.

4. Tourjib = Merupakan sebuah istilah touring dengan jalan yang menempuh perjalanan jauh.

5. Tourgab = Touring Gabungan yang dilakukan oleh beberapa komunitas motor bersama.

6. Sowan = Merupakan ungkapan anak motor yang berkunjung ke tempat tinggal ke rumah teman sesama komunitas.

7. Anniv = Ini singkatan dari Anniversary, yang merupakan kegiatan ulang tahun komunitas motor.

8. Road Captain = Ketua kelompok saat touring. Road captain bertanggung jawab penuh terhadap kelancaran dan keselamatan para rombongan.

9. Safety Officer = Posisi ini bertugas untuk menunjukkan arah yang benar dan mengamankan jalan yang akan dilalui.

10. Voorijder = Voorijder biasanya harus berada di depan rombongan sebagai pemimpin.

11. Sweeper = Mengawal barisan touring. Beberapa anggota dipilih mengemban tugas ini untuk mengamankan rombongan. Seringkali, sweeper berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan.

Itulah arti sunmori beserta kegiatan dan juga tips yang bisa kalian lakukan saat sunmori. Selain mengetahui arti sunmori, ada pula arti lainnya dalam dunia komunitas motor yang bisa kalian ketahui.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI