Arti Tired di Kamus Beserta Sinonimnya, Ketahui Ungkapan Lelah Lainnya


Berita | Senin, 7 Maret 2022 16:44

Kapanlagi.com - Ada banyak cara mengungkapkan rasa lelah. Salah satunya melalui kata-kata dalam bahasa Inggris yang umumnya menggunakan kata tired.


Tired adalah kata dalam bahasa Inggris yang termasuk ungkapan untuk mengatakan perasaan tidak bersemangat. Inilah mengapa, arti tired sangat beragam yakni untuk menunjukkan rasa lelah, capek, ataupun letih.

Namun ternyata, arti tired juga memiliki beberapa persamaan. Sinonim tired ini juga dipakai untuk ungkapan capek lainnya tidak sekedar kata tired saja.

Karena itulah di bawah ini ada ulasan mengenai arti tired beserta sinonimnya. Untuk tahu penjelasan mengenai apa arti tired, langsung saja simak ulasan sebagai berikut yang telah dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Arti Tired di Kamus

(credit: unsplash.com)

Untuk mengatakan lelah dalam bahasa Inggris sebenarnya dapat diungkapkan dengan berbagai jenis kata. Salah satu yang paling populer adalah penggunaan kata tired untuk mengatakan lelah, capek, lesu dan sebagainya. Karena itulah apa arti tired sudah menjadi bahasa populer sehari-hari yang banyak digunakan. Hanya saja sejumlah orang mungkin belum tahu apa arti tired yang ternyata bukan hanya lelah.

Karena ada arti tired di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia untuk mengungkapkan perasaan kurang bersemangat. Nah, jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia arti tired diterjemahkan ke dalam beberapa poin. Di antara arti tired tersebut yakni digunakan untuk menunjukkan ekspresi lelah, bosan, letih, penat, jerih, ataupun lunglai. Ada juga arti tired di kamus untuk mengatakan perasaan jemu, payah, layu, serta lungkrah.

Inilah mengapa kata tired termasuk bahasa percakapan yang sangat akrab digunakan. Biasanya ungkapan ini dipakai ketika perasaan mulai tidak bersemangat, kurang baik ataupun tidak segar lagi melakukan kegiatan tertentu. Itulah arti tired di kamus yang juga penting kalian pahami.

 

2 dari 5 halaman

2. Arti Tired dan Sinonimnya

(credit: unsplash.com)

Arti tired sering dipakai untuk mengatakan perasaan lelah dan capek. Namun ternyata selain arti tired, ada beberapa referensi kata yang memiliki makna sama seperti tired. Arti tired dapat memiliki banyak makna yang dipakai sebagai ekspresi perasaan capek dan kurang baik. Nah, selain arti tired ada beberapa sinonim dapat dipakai untuk menjelaskan kondisi yang sama seperti tired. Penasaran apa saja sinonim atau persamaan kata tired? Yuk langsung cek di bawah ini KLovers.

1. Bored: Artinya bosan.

2. Overworked: Artinya terlalu banyak bekerja.

3. Drained: Artinya terkuras.

4. Distressed: Artinya tertekan.

5. Sleepy: Artinya mengantuk.

6. Beat: Artinya mengalahkan.

7. Collapsing: Artinya runtuh atau roboh.

8. Fatigued: Artinya lelah.

9. Empty: Artinya kosong.

10. Exasperated: Artinya jengkel.

11. Annoyed: Artinya terganggu.

12. Stale: Artinya membosankan, basi, lelah, bosan.

13. Asleep: Artinya tertidur.

14. Faint: Artinya pingsan.

15. Wasted: Artinya sia-sia, terbuang,

 

3 dari 5 halaman

3. Cara Mengungkapkan Lelah Lainnya

(credit: unsplash.com)

Setelah tahu apa arti tired, kalian mungkin sudah sangat familiar dengan penggunaan kata ini untuk mengekspresikan rasa lelah. Namun ternyata selain tired, ada ungkapan lain untuk mengatakan rasa lelah dan capek. Ya, cara mengungkapkan lelah ternyata tidak hanya bisa menggunakan tired. Melainkan ada bahasa populer yang dipakai untuk mengatakan rasa lelah, capek, lesu, letih dan sebagainya. Ini cara mengungkapkan rasa lelah lainnya.

1. I'm beat: Artinya aku lelah/capek.

2. I'm exhausted: Artinya aku lelah/capek.

3. I'm wiped out: Artinya aku sangat lelah/capek.

4. I'm drained: Artinya energiku terkuras.

5. I feel so weary: Artinya aku ngerasa sangat lelah/capek.

6. I'm worn out: Artinya aku sangat lelah.

7. I'm pooped: Artinya aku lelah, capek, lesu.

8. I'm running on empty: Artinya aku kehabisan tenaga/energi.

9. I'm burned out: Artinya aku stres.

10. Ifeel so sleepy: Artinya aku merasa sangat mengantuk.

11. I'm bushed: Artinya aku lelah.

12. I'm fatigued: Artinya aku lelah/capek.

Itulah beberapa cara mengungkapkan lelah tidak hanya menggunakan kata tired. Karena arti tired adalah lelah, capek, lesu, letih dan rasa tidak bersemangat maka ada juga sinonim lain untuk dipakai mengungkapkan rasa capek tersebut.

 

4 dari 5 halaman

4. Cara Mengatasi Rasa Lelah dan Capek

(credit: unsplash.com)

Terlepas dari pembahasan mengenai arti tired yang tak lain adalah lelah, ulasan tentang cara mengatasi rasa lelah dan capek sebagai berikut juga penting kalian ketahui. Karena ada acara mengatasi rasa lelah dan capek yang dapat muncul tanpa penyebab pasti. Berikut cara mengatasi rasa lelah dan capek untuk mengembalikan semangat kalian dalam berkegiatan.

Beristirahat dengan cukup untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras selama seharian. Untuk orang dewasa waktu tidur yang diperlukan umumnya 8 jam.

- Mengonsumsi makanan bergizi dan sehat.

- Menghindari dan membatasi minum kafein ataupun alkohol.

- Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tetap terhidrasi.

- Jadwalkan untuk berolahraga rutin setiap hari.

- Usahakan agar pikiran tetap baik agar terhindar dari stres yang menyebabkan rasa lelah, capek, lesu, letih.

KLovers, itulah pembahasan mengenai apa arti tired yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian dalam memahami penggunaan kata tired untuk percakapan sehari-hari.

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait