Arti K-Pop, Sejarah, dan Karakteristiknya dalam Korean Wave

Jum'at, 25 Februari 2022 11:33
Arti K-Pop, Sejarah, dan Karakteristiknya dalam Korean Wave
BTS (Credit: Instagram/bts.bighitofficial)


Kapanlagi Plus - Nama grup seperti BTS, EXO, TWICE, hingga BLACKPINK, sepertinya sudah tak terdengar asing lagi. Nama besar grup K-Pop tersebut sudah dikenal di berbagai belahan dunia. Sebagai Kpopers atau penggemar dari idola Korea, apa kalian tidak penasaran dengan arti K-Pop?

Arti K-Pop dipahami sebagai Korean Pop atau musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Musik tersebut dibawakan oleh grup baik berisi member laki-laki maupun perempuan. Jumlah member grup tersebut beragam, mulai empat hingga puluhan orang.

Para penggemar tentu sudah memahami apa arti K-Pop. Namun, bagi kalian yang mungkin baru saja tertarik pada grup idola asal Korea, informasi mengenai arti K-Pop, sejarah, dan karakteristiknya, mungkin bisa jadi suatu hal yang menarik. Nah, jika kalian ingin menelusuri hal ini lebih lanjut, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Arti K-Pop

Arti K-Pop adalah Korean Pop atau musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Genre dari musik yang dimaksud pun beragam, bisa dari hip-hop, jazz, rock, electronic dance, dan lain sebagainya.

Biasanya musik ini dibawakan oleh sebuah grup yang terdiri dari empat sampai tujuh member. Namun, jumlah tersebut bukan patokan. Pasalnya, ada grup K-Pop yang diisi hingga belasan hingga puluhan member.

Hingga saat ini, K-Pop dan Kdrama menjadi dua hal tak terpisahkan dari Gelombang Korea (Korean Wave) di berbagai negara di seluruh dunia. basis penggemar yang besar untuk K-Pop membuatnya makin dikenal. Arti K-Pop di Indonesia pun kini bukan lagi hal asing.

2. Sejarah K-Pop dalam Korean Wave

Bicara soal arti K-Pop tak lengkap rasanya jika tak membicarakan sejarahnya. Di balik kemajuan musik Korea Selatan yang sudah diterima secara luas ini, ada sejarah panjang yang menarik untuk ditelisik.

1. Changga

Pada tahun 1885-an, muncul genre musik yang disebut changga di Korea Selatan. Musik ini terdiri dari alunan instrumental modern, seperti gitar, flute, drum, dan lain sebagainya. Lagu-lagunya berasal dari adaptasi musik pop barat.

Selanjutnya, pada tahun 1910-1945 saat penjajahan Jepang atas Korea berlangsung, changga digunakan sebagai genre untuk mengekspresikan kesedihan dan harapan penduduk Korea. Namun, Jepang menyita musik-musik tersebut dan menerbitkan buku lirik sendiri. Ada changga yang populer dan dikenal hingga sekarang, judulnya "Huimangga" yang berarti harapan.

2. Pop Korea

Awalnya, musik Pop Korea terdiri dari banyak genre, antara lain "oldies" yang terpengaruh dari musik barat populer tahun 60-an. Selanjutnya, ada musik rock dan trot yang juga cukup digemari.

3. Pop Modern Korea

Pop modern Korea ditandai dengan debut penampilan grup Seo Taiji and Boys pada tahun 1992. Musik pop Korea lebih berwarna dengan dimasukkannya unsur rap, rock, techno Amerika. Hip hop dan dance mendominasi tren musik di tahun 90-an. Warna musik di era tersebut cukup menjadi pengaruh pada musik berkualitas yang dihasilkan saat ini.

4. K-Pop

Masuk tahun 2000-an, pendatang baru berbakat telah disiapkan. Genre musik R&B dan hip hop dibawakan dengan apik oleh Rain, Super Junior, Big Bang dan lain sebagainya. Hingga kini, telah banyak bermunculan grup K-Pop yang kariernya gemilang baik di dalam hingga luar negeri.

 

3. Karakteristik K-Pop

Tak cukup hanya mengetahui sejarah dan arti K-Pop saja, karakteristiknya pun menarik untuk ditelisik. Sebagian orang sering menyebut segala hal yang berbau Korea dengan istilah K-Pop. Padahal K-Pop punya karakteristik tertentu, seperti berikut ini.

- Grup Besar

Grup K-Pop terdiri dari beberapa member, empat, tujuh, belasan, hingga puluhan. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa penggemar mendapatkan banyak idola untuk dipilih.

- Punya Berbagai Genre Musik

Grup K-Pop biasanya memang punya ciri khas tertentu. Tapi itu tak membatasi genre yang dibawakan. Bahkan, sering kali mereka memadukan musik tradisional Korea dengan jazz, funk, hingga hip hop.

- Gaya Busana Unik

Busana para idol K-Pop sering kali unik dan menarik. Gaya yang dipakai bisa merujuk pada mode street wear, baju elegan, hingga tema tertentu. Wajar jika kemudian para idol ini didapuk untuk jadi influencer mode terkini.

- Latihan Intensif

Mungkin kalian pernah mendengar istilah training bagi para idol. Ya pada masa training itu mereka mendapat pelatihan intensif berupa vokal, koreografi, hingga publik speaking. Tak tanggung-tanggung, para calon idola itu bisa menjalani latihan dalam hitungan bulan hingga bertahun-tahun.

Semua itu dilakukan untuk mempersiapkan diri saat tampil di depan panggung. Mereka harus memiliki skill mumpuni, penampilan yang menarik, dan kepribadian baik.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti K-Pop beserta sejarah dan karakteristiknya. Sebagai Kpopers pemula, informasi ini tentu menjadi hal yang kalian butuhkan.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI