Arti Topo dalam Primbon Jawa Ramalan Jodoh, Simak Tata Cara Hitungan dan Analisis Hasilnya


Berita | Kamis, 2 November 2023 17:22

Kapanlagi.com - Jodoh jadi salah satu misteri besar dalam kehidupan. Karenanya, banyak orang yang penasaran dengan siapa dirinya kelak akan berjodoh. Dalam upaya mencari petunjuk terkait jodoh, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan ramalan jodoh primbon. Pada ramalan jodoh menurut primbon terdapat hasil yang disebut topo.


Ramalan jodoh primbon dilakukan dengan metode hitungan. Nantinya dari hitungan tersebut bisa diperoleh berbagai prediksi terkait rumah tangga sepasang kekasih saat melangkah ke pelaminan. Oleh sebab itu, sampai sekarang masih banyak orang yang melakukan ramalan jodoh primbon jelang hari pernikahan. Lantas, sebagai salah satu hasil ramalan jodoh primbon, apa arti dari pasangan topo?

Untuk mengetahui primbon topo dalam ramalan jodoh, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Konsep Hitungan Neptu

Ilustrasi Konsep Hitungan Neptu (credit: unsplash)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya ramalan jodoh primbon Jawa dilakukand dengan sebuah metode hitungan. Adapun elemen yang dihitung dalam metode ramalan jodoh adalah neptu weton pihak laki-laki dan perempuan.

Oleh sebab itu, sebelum mengetahui lebih dalam apa itu ramalan jodoh primbon dan pasangan topo perlu dipahami dulu apa itu neptu. Bagi kalian yang mungkin masih merasa asing, neptu merupakan sebuah bilangan khusus diperoleh dengan menjumlahkan nilai yang terkait dengan hari kelahiran (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu) dengan nilai pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Untuk memahami konsep neptu dan cara hitungnya, simak uraian berikut ini:

Nilai Hari Lahir

- Hari Minggu bernilai 5

- Hari Senin bernilai 4

- Hari Selasa bernilai 3

- Hari Rabu bernilai 7

- Hari Kamis bernilai 8

- Hari Jumat bernilai 6

- Hari Sabtu bernilai 9.

Nilai Pasaran

- Pasaran Legi bernilai 5

- Pasaran Pahing bernilai 9

- Pasaran Pon bernilai 7

- Pasaran Wage bernilai 4

- Pasaran Kliwon bernilai 8.

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa diketahui bahwa weton Rabu Legi mempunyai neptu berjumlah 12 yang merupakan hasil dari:

7 (nilai hari lahir Rabu) + 5 (nilai pasaran Jawa Legi) = 12.

 

2 dari 5 halaman

2. Hitungan Ramalan Jodoh Primbon

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa meramalkan jodoh berdasarkan weton dilakukan dengan menghitung neptu pihak laki-laki dan perempuan. Caranya sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Kalian hanya perlu menjumlahkan neptu dari neptu sepasang kekasih untuk bisa mengetahui tingkat kecocokan mereka menurut Primbon Jawa. Nantinya hasil dari total neptu pasangan ini akan digunakan sebagai acuan dalam membaca ramalan Primbon Jawa.

Sebagai contoh:

- Pihak perempuan lahir Rabu Legi, sehingga neptu wetonnya adalah 12

- Pihak laki-laki lahir pada Jumat Wage, sehingga neptu wetonnya adalah 10

Dengan demikian, maka hitungan ramalan jodoh menurut primbon adalah sebagai berikut: 12 + 10= 22, menurut primbon Jawa angka hasil 22 berarti pasangan TOPO.

 

3 dari 5 halaman

3. Pasangan Topo Menurut Primbon

Ilustrasi Pasangan Topo Menurut Primbon (credit: unsplash)

Pasangan Topo merupakan satu dari beberapa hasil hitungan ramalan jodoh menurut primbon Jawa. Pasangan Topo meliputi mereka yang menurut hitungan hasilnya adalah bilangan 4, 13, 22, dan 31.

Menurut primbon, pasangan TOPO sebenarnya tidak dianjurkan untuk melangkah ke pernikahan. Pasalnya, pernikahan mereka nantinya akan sering mengalami tantangan pada awal perjalanan karena mereka masih saling beradaptasi dan memahami satu sama lain. Masalah yang muncul pun bisa silih berganti dan beragam, mulai dari masalah ekonomi dan lain sebagainya.

Meski begitu, tetap bisa saja berjodoh apabila mau saling memahami satu sama lain. Apalagi setelah memiliki anak dan menjalani pernikahan dalam waktu yang cukup lama, bisa jadi mereka akan meraih keharmonisan dan kebahagiaan di rumah tangga.

 

4 dari 5 halaman

4. Hasil Ramalan Jodoh Menurut Primbon Lengkap

Ilustrasi Hasil Ramalan Jodoh Menurut Primbon Lengkap (credit: unsplash)

Selain primbon Topo, masih ada beberapa kategori pasangan dalam ramalan jodoh primbon Jawa. Berikut adalah hasil ramalan jodoh menurut primbon Jawa secara lengkap.

1. Pasangan PEGAT (jika hasilnya adalah 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Pasangan Pegat diprediksi seringkali bakal menghadapi tantangan pada tahap lanjut hubungan mereka, mulai dari masalah ekonomi, persaingan kekuasaan, hingga potensi perselingkuhan yang dapat mengancam kelangsungan pernikahan mereka.

2. Pasangan RATU (Jika hasilnya adalah 2, 11, 20, 29)

Pasangan Ratu dapat dikatakan sebagai pasangan yang telah menemukan jodohnya. Mereka mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari lingkungan sekitar, menciptakan harmoni dalam rumah tangga mereka yang memicu rasa iri dari banyak orang.

3. Pasangan JODOH (Jika hasilnya adalah 3, 12, 21, 30)

pasangan Jodoh artinya memang cocok dan dijodohkan oleh takdir. Mereka saling menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain, menciptakan kebahagiaan dalam rumah tangga yang langgeng.

4. Pasangan TOPO (Jika hasilnya adalah 4, 13, 22, 31)

Pasangan Topo ini diramalkan bakal sering menghadapi tantangan awal dalam pernikahan mereka yang mencakup pemahaman satu sama lain, terutama dalam hal ekonomi. Namun, seiring berjalannya waktu dan memiliki anak, mereka akan meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

5. Pasangan TINARI (Jika hasilnya adalah 5, 14, 23, 32)

Pasangan Tinari diramalkan akan menikmati kebahagiaan dalam mencari rezeki, diberkahi dengan kemudahan dalam hal finansial. Mereka juga sering mendapatkan keberuntungan.

6. Pasangan PADU (Jika hasilnya adalah 6, 15, 24, 33)

Pasangan Padu diramalkan bakal seringkali menghadapi pertengkaran dalam rumah tangga mereka, meskipun pertengkaran tersebut umumnya tidak berujung pada perceraian. Kadang, pertengkaran mereka dipicu oleh hal-hal yang sepele.

7. Pasangan SUJANAN (Jika hasilnya adalah 7, 16, 25, 34)

Pasangan Sujanan diramalkan bakal sering mengalami pertengkaran dan risiko perselingkuhan dalam pernikahan mereka, baik dari pihak suami maupun istri yang dapat memicu masalah.

8. Pasangan PESTHI (Jika hasilnya adalah 8, 17, 26, 35)

Pasangan Pesthi cenderung memiliki keharmonisan dalam pernikahan mereka yang berlangsung damai hingga usia tua, tanpa banyak masalah yang mengganggu kedamaian keluarga mereka.

Itulah di antaranya penjelasan primbon topo dalam ramalan jodoh. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

 

(kpl/psp)

Topik Terkait