7 Buku Biografi Gus Dur, Sang Bapak Bangsa dengan Perjalanan Hidup Sekaligus Pemikirannya


Berita | Kamis, 27 April 2023 15:44

Kapanlagi.com - Gus Dur merupakan tokoh Indonesia yang pernah menjabat sebagai Presiden RI ke-4. Tak hanya kiprahnya di dunia politik, Gus Dur yang berasal dari kalangan keluarga ulama ini juga memiliki sejumlah peran penting dalam organisasi Islam besar di Indonesia.


Abdurrahman ad-Dakhil atau Gus Dur merupakan cucu dari pendiri organisasi Nahdlatul Ulama yakni KH Hasyim Asy'ari. Tidak heran mengapa, Gus Dur juga dikenal sebagai cendikiawan muslim ternama di Indonesia. Salah satu pemikiran Gus Dur yang paling fenomenal adalah mengenai toleransi.

Beliau bahkan dijuluki dengan sebutan bapak perdamaian dan toleransi. Sementara itu, menilik biografi Gus Dur, beliau juga pernah menjabat sebagai presiden Indonesia ke-4 di tahun 1999 silam hingga 2001. Untuk lebih dekat mengenal sosoknya, berikut ini ada rekomendasi buku biografi Gus Dur lengkap dari profil, latar belakang keluarga, hingga pemikirannya. Yuk simak apa saja buku biografi Gus Dur di bawah ini KLovers.

1 dari 7 halaman

1. Gus Dur KH Abdurrahman Wahid: Biografi Singkat 1940 - 2009

(credit: gramedia.com)

Buku biografi Gus Dur yang pertama salah satunya berjudul Gus Dur KH Abdurrahman Wahid: Biografi Singkat 1940 - 2009. Buku ini berisikan biografi singkat mengenai Gus Dur yang bisa kalian jadikan pertimbangan bacaan. Diterbitkan oleh Garasi, Gus Dur KH Abdurrahman Wahid: Biografi Singkat 1940 - 2009.

Di buku ini pembaca akan diajak mengenal lebih dekat sosok Gus Dur dari beliau lahir, saat beliau menjabat sebagai presiden Indonesia ke-4 hingga wafat di tahun 2009 silam. Nggak ada salahnya memasukkan buku biografi Gus Dur ini ke dalam bacaan kalian KLovers.

 

 

2 dari 8 halaman

2. Gus Dur: Jejak Bijak Sang Guru Bangsa

(credit: gramedia.com)

Buku biografi Gus Dur berikutnya adalah Gus Dur: Jejak Bijak Sang Guru Bangsa. Buku ini diterbitkan oleh Mitra Media Nusantara Cv yang tulis Anom Whani Wicaksana. Dalam buku berjumlah 154 halaman tersebut, pembaca diajak mengenal sosok Gus Dur dari latar belakang keluarganya, kehidupannya, perjalanan karirnya di dunia politik ataupun organisasi Islam, pemikiran, dan masih lengkap lagi.

Sehingga bisa jadi pilihan buat kalian baca tentang buku biografi Gus Dur. Selain itu, dari buku ini kalian dapat mengambil pesan bijak mengenai sosok Gus Dur yang dikenal rendah hati, humoris, berani dan sikap positif lainnya.

 

 

3 dari 8 halaman

3. Kiai Menggugat Gus Dur Menjawab

(credit: gramedia.com)

Kiai Menggugat Gus Dur Menjawab juga termasuk buku tentang Gus Dur yang bisa kalian jadikan pilihan bacaan. Buku ini ditulis oleh RMI (ED.) Yang berisikan mengenai gagasan atau pemikiran Gus Dur yang memicu perdebatan.

Sehingga buku ini akan membahas mengenai berbagai dialog antara Gus Dur dan para penggugat gagasannya. Pembaca akan diajak melihat bagaimana Gus Dur menjawab 200 Kiai penggugat dalam sidang gugatan pada tahun 1989 silam.

 

 

4 dari 8 halaman

4. Gus Dur: Islam Nusantara & Kewarganegaraan Bineka

(credit: gramedia.com)

Buku biografi Gus Dur berikutnya adalah Gus Dur: Islam Nusantara & Kewarganegaraan Bineka. Buku ini diterbitkan oleh Gramedia yang ditulis Ahmad Suaedy. Buku ini akan membahas mengenai sejarah masa kepemimpinan Gus Dur saat menjabat sebagai presiden ke-4 RI.

Karena, buku Gus Dur: Islam Nusantara & Kewarganegaraan Bineka berisikan pemikiran dan langkah Gus Dur dalam menangani sejumlah konflik yang muncul. Termasuk sikapnya menghadapi konflik Aceh dan Papua pada masa kepemimpinannya. Buat yang ingin mengenali secara lebih dalam tentang sosok Gus Dur pada masa kepemimpinan, Gus Dur: Islam Nusantara & Kewarganegaraan Bineka bisa dijadikan pilihan.

 

 

5 dari 8 halaman

5. Biografi Gus Dur

(credit: gramedia.com)

Buku biografi Gus Dur berikutnya adalah berjudul Biografi Gus Dur karya Greg Barton. Buku ini ditulis oleh orang Australia yang telah menjadi rekan baik Gus Dur. Perjalanannya dimulai saat Greg mengenal Gus Dur ketika tahun 1989 silam.

Sementara itu, dalam buku Biografi Gus Dur akan membahas mengenai sosok Gus Dur dengan beragam pemikiran dan kehidupannya yang dikagumi banyak orang bahkan dicela. Sehingga kalian dapat menggali lebih dalam mengenai biografi Gus Dur lewat tulisan Greg Barton tersebut.

 

 

6 dari 8 halaman

6. Gus Dur Bertahta di Sanubari

(credit: goodreads.com)

Buku tentang Gus Dur berikutnya adalah Gus Dur Bertahta di Sanubari. Buku ini menjadi buku yang di terbitkan oleh Wahid Institute dengan editor Anita Wahid, putri Gus Dur. Di mana, buku berjudul Gus Dur Bertahta di Sanubari tersebut berisikan mengenai pendapat sejumlah kalangan tentang sosok Gus Dur.

Sehingga pembaca dapat melihat bagaimana pandangan sejumlah kalangan tentang Gus Dur dari rangkuman beragam tulisan yang telah terbit di media cetak atau online. Tidak ada salahnya memasukkan buku ini sebagai salah satu bacaan kalian KLovers.

 

 

7 dari 8 halaman

7. Perjalanan Politik Gus Dur

(credit: gramedia.com)

Buat yang ingin mengenal lebih dalam tentang Gus Dur dan kiprahnya di dunia politik, buku Perjalanan Politik Gus Dur ini bisa jadi pertimbangan. Karena buku ini berisikan mengenai sepak terjang Gus Dur di dunia politik.

Termasuk masa-masa ketika Gus Dur menjabat sebagai presiden ke-4 RI. Kalian bisa melihat seperti apa perjalanan politik Gus Dur yang bersejarah. Buku ini diterbitkan oleh Kompas Penerbit Buku dengan jumlah halaman sebanyak 314.

Itulah buku biografi Gus Dur yang bisa kalian baca untuk mengenal sosok Sang Guru Bangsa. Rekomendasi di atas merupakan salah satu di antara banyaknya buku-buku tentang Gus Dur.

 

 

(kpl/nlw)

Topik Terkait