5 Rekomendasi Buku Biografi Jokowi, Bisa Jadi Bacaan Penuh Motivasi dan Inpirasi

Diterbitkan:

5 Rekomendasi Buku Biografi Jokowi, Bisa Jadi Bacaan Penuh Motivasi dan Inpirasi
Buku Biografi Jokowi (credit: goodreads/gramedia.com)

Kapanlagi.com - Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama Jokowi merupakan Presiden ketujuh Republik Indonesia. Sebelum menjadi orang nomor satu di negeri ini, sebelumnya Jokowi dikenal sebagai seorang pengusaha yang kemudian jadi Walikota Solo. Banyak penulis yang mengangkat kisah dan perjalanan hidup beliau dalam buku biografi Jokowi. 

Selain karena sepak terjangnya di dunia politik, Jokowi juga dikagumi karena sosoknya yang sederhana dan bersahaja. Ada cukup banyak buku biografi yang mengungkap sisi-sisi humanis dari Jokowi. Dengan membaca buku-buku tersebut, kita bisa lebih mengenali dan meneladani nilai-nilai dalam diri Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tertarik membaca buku biografi Jokowi? Jika iya, langsung saja simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

1. Jokowi: Kisah, Perjuangan, dan Inspirasi

Jokowi: Kisah, Perjuangan, dan Inspirasi merupakan buku biografi Joko Widodo karya Punto Ali Fahmi. Lewat buku ini, Punto Ali Fahmi mengisahkan berbagai fase hidup Presiden Jokowi. Lewat kisah yang dituturkan, pembaca bisa memetik berbagai inspirasi dari perjalanan hidup Jokowi dari bawah sampai jadi tokoh besar seperti saat ini.

Tak hanya hal-hal manis, buku ini juga menampilkan sisi-sisi lain dari Jokowi. Bagaimana sosoknya yang sederhana tapi tetap saja ada orang yang membenci. Namun berbagai cercaan terkait kekurangan Jokowi tersebut digambarkan sebagai hal manusiawi yang patut dimaklumi. Buku ini juga menampilkan sisi Jokowi yang penuh kredibilitas, sangat dihormati, dan disegani.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana

Rekomendasi buku biografi Jokowi lainnya yang patut kalian baca adalah Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana. Buku biografi ini merupakan hasil karya dari penulis Eko Supriyanto. Sama sesuai dengan judulnya, buku ini mengulas perjalanan hidup Jokowi sedari masih tinggal dan hidup sederhana di Solo hingga menjadi Presiden Republik Indonesia.

Buku biografi Jokowi mengulas kisah-kisah inspiratif dari Jokowi. Pembaca bisa menyaksikan perjuangan Jokowi dari awal yang merupakan hanya seorang pengusaha mebel kecil, berhasil membangun karirnya di dunia politik hingga jadi orang nomor satu di Indonesia. Semua itu, beliau lakukan dengan tekad yang bulat dan kerja keras.

Menariknya, buku ini menghadirkan cerita yang berimbang dari kehidupan Jokowi di politik dan sehari-hari. Di buku ini di ulas, kisah kepemimpinan Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, hingga jadi Presiden RI. Selain itu, buku ini juga mengupas sisi lain Jokowi jarang diketahui publik, seperti hobinya berolahraga dan memancing.

3. Jokoway: Jalan Kepemimpinan Jokowi

Untuk kalian yang mengagumi gaya kepemimpinan Joko Widodo, buku biografi Jokoway: Jalan Kepemimpinan Jokowi karya Eko Sulistyo bakal jadi bacaan yang pas. Pasalnya, buku ini mengulas gaya kepemimpinan Jokowi selama jadi pemimpin yang berhasil menjabat sampai dua periode.

Buku ini menggabarkan Jokowi sebagai pemimpin yang punya kuat sekaligus santun. Meskipun dirinya bukanlah seorang peimimpin partai sebagaimana pesaingnya di dunia politik. Tak sampai di situ, buku ini juga menunjukkan sisi-sisi keunggulan seorang Jokowi sebagai manusia biasa, ayah, dan seorang pemimpin. Sehingga, pembaca bisa mengenal sosok Jokowi secara utuh.

4. Salam Tiga Jari: Leadership ala Jokowi

Rekomendasi buku biografi Jokowi yang selanjutnya adalah Salam Tiga Jari: Leadership ala Jokowi . Buku karya Tria Sastri ini menceritakan sosok Jokowi sebagai seorang yang fenomenal di dunia politik. Jokowi muncul dengan secara mengejutkan banyak pihak.

Bagaimana tidak, Jokowi yang merupakan seorang anak dari keluarga biasa bahkan yang serba kekurangan, tumbuh dan besar dengan berkarir sebagai pengusah. Sampai akhirnya tak banyak yang menyangka, Jokowi kemudian terpilih menjadi Walikota, Gubernur, bahkan kini Presiden ketujuh Republik Indonesia.

Namun untuk mencapai titik sekarang ini, tentu bukanlah hal yang mudah bagi Jokowi. Buku ini juga mengupas berbagai rintangan yang dihadapi Jokowi untuk sampai di titik ini. Lewat buku ini, pembaca bisa meneladani nilai kearifan, spirit, dan semangat yang membuat kita selalu terinspirasi untuk tidak mudah menyerah.

5. Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia

Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia merupakan rekomendasi buku biografi Jokowi yang kelima sekaligus terakhir. Buku ini, sang penulis yaitu Darmawan Prasodjo mengulas berbagai kebijakan dan program pembangunan yang digagas oleh Jokowi selama jadi Presiden. Buku ini akan mengulas bagaimana Jokowi memimpin pembanguann berbagai infrastruktur di berbagai daerah.

Bukan itu saja, buku ini juga memperlihatkan bagaimana Jokowi memunculkan inovasi-inovasinya seperti saat memperkenalkan delapan kartu sakti, dan mengembangkan berbagai sektor sentral, merupakan beberapa program yang sedang berusaha dijalankan di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Lewat buku ini, kalian akan semakin dibuat terkagum dengan pemimpin bergaya sederhana asal Solo ini.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi buku biografi Jokowi yang penuh isnpirasi. Selamat membaca!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/psp)

Rekomendasi
Trending