Cara Goreng Singkong yang Renyah, Merekah, dan Gurih Tanpa Direbus Dahulu


Berita | Senin, 8 Januari 2024 22:25
Editor : Sinta Arumayuni

Kapanlagi.com - Singkong goreng, sebagai cemilan dengan kelezatan tekstur renyah dan cita rasa yang menggugah selera, cocok dinikmati dalam berbagai situasi. Tidak hanya sebagai cemilan santai, tetapi juga sebagai alternatif pengganti nasi yang mengenyangkan.


Dalam proses pembuatannya, singkong tidak langsung digoreng tanpa melibatkan tahap pengolahan awal untuk mencapai tekstur yang empuk. Biasanya, langkah yang diambil untuk membuat singkong empuk adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Meskipun merebus singkong dapat memberikan tekstur empuk, metode ini sering memakan waktu lama dan gas yang cukup banyak. Selain itu, penggunaan peralatan dapur yang banyak juga bisa meninggalkan tumpukan cucian piring.

Namun, untuk mendapatkan tekstur singkong yang empuk, tidak selalu harus menggunakan metode merebus. Ada cara lain yang dapat diterapkan agar singkong tetap empuk, renyah, dan berkulit renyah. Salah satu cara tersebut dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @yuk_masakkk melalui sebuah video.

Dalam video tersebut, diungkapkan bahwa singkong hanya perlu digoreng, tetapi untuk mencapai tingkat keempukan yang optimal, singkong tersebut digoreng dua kali. Selama proses penggorengan, singkong direndam dengan bumbu di antara dua kali penggorengan untuk mendapatkan kelezatan yang maksimal.

Simak informasi selengkapnya, dirangkum dari salah satu pengguna TikTok, @yuk_masakkk, pada Senin (08/01/2024).

1 dari 11 halaman

1. Langkah Pertama

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Siapkan singkong terlebih dahulu, disarankan untuk memilih singkong yang masih segar agar dapat cepat empuk dan renyah. Kemudian, lakukan kupas kulit dan potong-potong singkong menjadi beberapa bagian. Penting untuk membersihkan singkong dengan mencucinya sambil menggosok bagian luarnya untuk menghindari rasa pahit.

2 dari 12 halaman

2. Langkah Kedua

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Kemudian, persiapkan bumbu marinasi. Pada video TikTok tersebut, pengguna menggunakan 4 siung bawang putih yang kemudian dihaluskan.

3 dari 12 halaman

3. Langkah Ketiga

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Berikutnya, tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk yang berisi air dingin. Selain bawang putih, campurkan juga garam, micin, dan ketumbar bubuk sesuai selera Anda. Aduk hingga rata.

4 dari 12 halaman

4. Langkah Keempat

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Dalam panci, tuangkan minyak secukupnya dan panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan singkong yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Goreng singkong hingga berwarna kuning, pastikan untuk membalik-balik singkong.

5 dari 12 halaman

5. Langkah Kelima

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Kemudian, angkat dan tiriskan singkong. Setelah ditiriskan, rendam singkong ke dalam wadah yang berisi air bumbu yang telah disiapkan. Aduk-aduk dan rendam singkong hingga merekah.

Biasanya, singkong akan segera merekah karena perbedaan suhu yang signifikan dari proses penggorengan ke air dingin. Hal ini juga membuat singkong semakin empuk.

6 dari 12 halaman

6. Langkah Keenam

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Jika beberapa bagian singkong telah merekah, segera angkat dan alihkan ke wadah lain. Jika masih ada bagian yang tetap keras, rendam lebih lama.

7 dari 12 halaman

7. Langkah Ketujuh

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Kemudian, lakukan penggorengan kedua pada singkong yang telah direndam sebelumnya dalam wajan berisi minyak panas. Goreng singkong dengan api kecil hingga mendapatkan warna coklat keemasan.

8 dari 12 halaman

8. Langkah Kedelapan

(Sumber: TikTok/@yuk_masakkk)

Terakhir, setelah singkong matang, angkat dan tiriskan. Singkong yang sudah digoreng dapat segera disajikan, cocok dinikmati dengan sambal atau saus favorit.

9 dari 12 halaman

9. Apakah Singkong Bisa Dikonsumsi Secara Langsung?

Riset dari Frontiers in plant science (2017) menyarankan untuk menghindari konsumsi singkong mentah karena terdapat kandungan racun sianida yang dapat berakibat fatal. Penelitian lain menyatakan bahwa singkong dapat menyerap racun tanah jika ditanam di daerah industri.

10 dari 12 halaman

10. Kenapa Singkong Harus Direndam Dulu?

Sebelum dikukus atau direbus, singkong bisa direndam terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemasakannya. Lamanya perendaman dapat disesuaikan sekitar 15 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan.

11 dari 12 halaman

11. Berapa Kalori Dalam Singkong Goreng?

Jumlah kalori pada 100 gram ubi rebus adalah sebanyak 100 kkal. Sedangkan, kalori pada 100 gram singkong goreng mencapai 197,2 kkal.

(kpl/saa)

Topik Terkait