8 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP dengan Mudah, Bisa Manfaatkan Bahan dan Benda Sehari-hari


Berita | Jum'at, 5 Januari 2024 20:33
Editor : Puput Saputro

Kapanlagi.com - Kamera saat ini jadi salah satu komponen penting di hp. Bahkan tak jarang, kualitas kamera menjadi pertimbangan seseorang saat membeli hp baru. Sayangnya, kamera hp yang bagus sekalipun bisa menurun kualitasnya akibat adanya embun. Maka dari itu penting untuk tahu cara menghilangkan embun di kamera hp.


Saat berembun, kualitas foto atau video yang dihasilkan. kamera hp akan juga akan menurun. Biasanya, embun akan membuat foto atau video jadi terkesan buram bahkan bisa sampai tak terlihat sama sekali. Sementara, kamera hp yang mengembun bisa terjadi sewaktu-waktu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti hp yang ketumpahan air, kehujanan, ruangan yang lembap, dan sebagainya.

Tapi jangan khawatir, sebab cara menghilangkan embun di kamera hp bisa dilakukan dengan mudah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara menghilangkan embun di kamera hp.

1 dari 9 halaman

1. Manfaatkan Sinar Matahari

Salah satu cara menghilangkan embun di kamera hp paling mudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan sinar matahari. Prinsipnya sama seperti embun di pagi hari yang akan hilang menguap karena sinar matahari. Namun cara ini harus dilakukan secara hati-hati, hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Pasalnya, sinar matahari langsung justru bisa menyebabkan kerusakan pada kamera hp. Jadi, simpan hp pada wadah yang bisa menghalau sinar matahari secara langsung. Letakkan wadah tersebut di bawah sinar matahari hingga embun di kamera hp menguap dengan sendirinya.

2 dari 10 halaman

2. Menggunakan Lampu

(credit: unsplash)

Di malam hari, kalian bisa menggunakan sinar lampu untuk cara menghilangkan embun di kamera hp. Cara ini tak kalah efektif dilakukan, bahkan bisa dibilang relatif lebih aman dibandingkan cara sebelumnya. Untuk melakukannya, kalian cukup meletakkan lensa kamera hp menghadap ke lampu. Biarkan sorot lampu mengarah ke kamera hp yang berembun. Tunggu sampai embun menghilang sendirinya.

3 dari 10 halaman

3. Menggunakan Beras

(credit: unsplash)

Selama ini beras sering dipakai untuk mengeluarkan air yang masuk ke hp. Siapa menyangka ternyata beras juga bisa dipakai untuk menghilangkan embun yang terdapat di kamera hp.

Caranya sangat mudah, kalian bisa siapkan beras dalam wadah seperti stoples atau baskom. Setelah itu, masukkan hp. Usahakan, hingga seluru bagian hp tertimbun beras. Lalu tutup wadah tersebut rapat-rapat. Untuk hasil yang maksimal, diamkan diamkan hp di dalam timbunan beras selama seharian penuh.

4 dari 10 halaman

4. Pakai Silica Gel

Selain beras, silica gel juga kerap dipakai untuk mengatasi hp yang kemasukan air. Sama seperti beras, silica gel juga bisa digunakan untuk menghilangkan embun di kamera hp. Silica gel terbukti ampuh menyerap kelembapan. Perlu diperhatikan, sebelum melakukannya kalian harus melepaskan baterai. Selanjutnya, simpan hp dalam wadah kemudian timbun hp dengan silica gel. Lalu, diamkan semalaman.

5 dari 10 halaman

5. Pakai Air Panas

Bahan lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan embun di kamera hp adalah air panas. Cara menghilangkan embun dengan air panas tak kalah praktis dengan cara-cara sebelumnya. Namun, kalian tetap harus melakukannya secara lebih berhati-hati karena bisa berbahaya.

Bukan dengan merendam hp ke dalam air panas. Pertama, kalian hanya perlu menyediakan air panas dalam suatu wadah. Kemudian pegang hp dan letakkan di atas wadah berisi air panas. Arahkan kamera hp menghadap ke air. Tahan beberapa saat dan lakukan secara hati-hati.

6 dari 10 halaman

6. Kipas Angin pada Laptop

(credit: unsplash)

Cara menghilangkan embun di kamera hp berikutnya yaitu bisa menggunakan laptop, khususnya pada bagian kipas angin. Ya, seperti yang kita tahu pada laptop umumnya terdapat kipas angin yang selalu berputar saat laptop digunakan. Biasanya, bagian kipas angin pada laptop terdapat di bagian samping.

Nah, untuk menghilangkan embun, caranya sangatlah mudah. Kalian cukup menaruh hp di sisi dekat bagian kipas tersebut. Kemudian hidupkan laptop. Diamkan beberapa saat hingga embun di kamera hp hilang dengan sendirinya. Selain dengan kipas angin laptop, kalian juga bisa menggunakan kipas angin berukuran kecil. Namun pastikan, day putar kipas angin yang dipakai tidak terlalu besar.

7 dari 10 halaman

7. Gunakan Hair Dryer

(credit: unsplash)

Apabila mempunyai hair dryer, kalian bisa menggunakannya untuk menghilangkan embun di kamera hp. Caranya sangat mudah, pertama matikan hp. Kemudian, menyalakan hair dryer. Setting hair dryer ke suhu terkecil. Perlu diketahui, jika suhu terlalu tinggi hal ini justru bisa merusak hp kalian.

Setelah dapat suhu yang pas langkah selanjutnya, kalian tinggal perlu mengarahkan ke kamera hp hingga embunnya menghilang dengan sendirinya. Setelah embun di kamera hp menghilang, kalian bisa langsung mencoba membuka aplikasi kamera untuk memastikannya.

8 dari 10 halaman

8. Menggunakan Kain Microfiber dan Air atau Alkohol

Cara mengatasi embun di kamera HP lainnya bisa dilakukan dengan mengelapnya menggunakan kain microfiber dan air atau alkohol. Caranya sangatlah mudah, ambil kain microfiber yang lembut lalu basahi sedikit air atau alkohol. Gosok-gosoklah lensa kamera HP dengan lembut menggunakan kain microfiber tersebut. Pastikan untuk tidak menggunakan kain yang kasar karena dapat merusak lensa kamera. Dengan melakukan ini, embun di kamera HP akan terangkat.

9 dari 10 halaman

9. Penyebab Embun di Kamera HP

Selain menerapkan cara-cara di atas, yang tak kalah penting adalah mengetahui penyebab kamera HP berembun. Sebab, dengan begitu kalian bisa lebih hati-hati dan mencegah hal tersebut terulang kembali. Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan embun di kamera HP adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Suhu Mendadak

Pergantian suhu drastis, seperti dari tempat dingin ke luar yang panas, atau sebaliknya, dapat menciptakan kondisi kondensasi di dalam kamera HP.

2. Kontak dengan Cairan

Paparan HP terhadap air atau cairan lainnya, seperti terjatuh ke dalam air atau terkena hujan, dapat memungkinkan cairan masuk ke dalam kamera HP, mengakibatkan embun di dalamnya.

3. Kerusakan pada Kamera

Kebocoran atau kerusakan pada bagian kamera, seperti seal yang tidak rapat atau lensa yang retak, dapat memungkinkan udara luar masuk ke dalam kamera, menyebabkan embun pada lensa atau bagian lainnya.

Itulah di antaranya beberapa cara menghilangkan embun di kamera hp yang bisa kalian coba. Jika cara tersebut tidak bisa berhasil, kalian bisa langsung membawa hp tersebut ke tempat reparasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINIYA, KLOVERS!

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait