Memahami Arti Last Seen dan Centang Biru di WhatsApp yang Sering Dimatikan Pengguna

Senin, 17 Januari 2022 11:44
Memahami Arti Last Seen dan Centang Biru di WhatsApp yang Sering Dimatikan Pengguna
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Arti last adalah akhir. Kata ini kerap digabungkan dengan kata lain untuk menyatakan maksud "yang terakhir" atau "penghabisan". Contoh kata yang sering dipakai antara lain, last day, last minute, dan last seen pada WhatsApp.

Arti last day adalah hari terakhir dan last minute adalah menit terakhir mendekati penghabisan waktu. Arti Last seen adalah fitur pada WhatsApp yang bisa menunjukkan waktu terakhir pengguna membuka aplikasi tersebut.

Nah, perlu kalian ketahui bahwa fitur last seen dan centang biru merupakan fitur yang sering dimatikan oleh pengguna. Jika kalian penasaran dengan bahasan mengenai last seen dan centang biru WhatsApp, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

 

1. Arti Last Seen

Arti last seen adalah "terakhir dilihat". Istilah ini digunakan untuk menyebut waktu terakhir pengguna dalam membuka WhatsApp. Status last seen dapat diatur pengguna untuk ditayangkan atau tidak.

Pengaturan tersebut berguna untuk menjaga privasi. Sebagai pengguna, kalian bisa memilih untuk mengaktifkan fitur last seen untuk kontak tertentu atau semua orang. Pilihan untuk mengaktifkan fitur tersebut antara lain,

"Everyone" (semua orang).

"My Contacts" (kontak saya).

"My Contacts Except (Kontak saya, kecuali...).

"Nobody" (tidak ada seorang pun yang bisa melihat last seen).

Ketika kalian mengaktifkan fitur last seen maka kalian juga tak bisa melihat status terakhir dilihat orang tersebut.

 

2. Centang Biru di WhatsApp

Setelah mengetahui arti last seen pada WhatsApp, mungkin kalian juga penasaran dengan keberadaan centang biru. Centang biru berguna untuk penanda bahwa pesan telah dibaca. Tanda centang tersebut muncul tepat di samping pesan yang kalian kirimkan.

Namun, ada situasi yang menyebabkan centang biru tak menyala meski pesan sudah dibaca. Sebelum masuk ke penjelasan tersebut, agar lebih paham, silakan baca arti beberapa centang pada WhatsApp berikut ini.

- Centang satu menjadi pertanda bahwa pesan yang telah dikirim tidak atau belum diterima pemilik nomor.

- Centang dua abu-abu menunjukkan bahwa pesan berhasil dikirim dan diterima namun belum dibaca oleh penerima

- Sementara centang dua biru menandakan pesan terkirim dan telah dibaca pemilik nomor. Tanda centang biru pada grup ditampilkan ke semua peserta grup yang telah membaca pesan kalian.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa situasi yang menyebabkan centang biru tak menyala. Hal tersebut karena si penerima sengaja mematikan centang tersebut. Dengan begitu, centang akan tetap berwarna abu-abu meski pesan sudah dibuka.

Namun, hal itu juga akan membuat centang biru orang lain jadi tidak aktif. Artinya, kalian juga tidak akan mengetahui apakah pesan yang kalian kirim sudah dibaca atau belum.

 

3. Alasan Orang Mematikan Last Seen dan Centang Biru

Bahasan mengenai arti last seen dan centang biru pada WhatsApp bukanlah hal yang asing. Pasalnya, fitur ini memang sudah banyak dimanfaatkan oleh orang. Ada berbagai alasan yang membuat pengguna mematikan last seen atau centang biru pada WhatsApp.

Selain untuk sekadar menjaga privasi, berikut ini sejumlah alasan yang sering dipakai orang untuk mematikan fitur last seen dan centang biru.

1. Mendapatkan Ketenangan

WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi yang cukup bisa diandalkan dalam berkomunikasi. Entah itu dengan keluarga, teman, hingga rekan kerja. Namun terkadang, kemudahan dalam menghubungi orang lain itu membuat pengguna jadi tak tenang.

Apalagi, pesan bisa masuk secara terus-menerus saat orang lain mengetahui bahwa kalian baru saja melihat WhatsApp. Dengan mematikannya, kalian mungkin bisa agak tenang dan terhindar dari orang yang menghubungi secara terus-terusan.

2. Menghindari Kekecewaan

Arti last seen adalah terakhir dilihat. Jika menonaktifkan fitur ini maka status orang lain juga tak terlihat. Hal ini bisa jadi salah satu cara untuk menghindari kekecewaan.

Banyak orang menaruh harapan pada pesan yang ia kirim untuk segera dibaca dan dibalas. Namun, dengan mematikan fitur last seen dan centang biru, rasa kecewa kalian bisa diminimalisir karena tak tahu pasti kapan orang yang dikirimi pesan melihat.

3. Tak Ketahuan Saat Melihat Status Orang Lain

Mematikan centang biru membuat kalian tak bisa mengetahui orang yang melihat status, begitu pula sebaliknya. Cara ini cocok diterapkan bagi kalian yang sedang kepo pada orang yang sedang dikagumi diam-diam.

4. Menghindari Prasangka

Melewatkan chat WhatsApp adalah hal biasa yang terjadi saat seseorang sedang sibuk. Hal seperti itu sering kali menyisakan prasangka pada orang yang pesannya kalian lewatkan.

Nah, dengan mematikan centang biru, kalian bisa merasa sedikit tenang karena tak ketahuan apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum meski sebenarnya tak sengaja kalian lewatkan. Dengan begitu, kalian pun bisa terhindar dari prasangka.

5. Sakit Hati

Orang bisa sakit hati ketika pesannya tak dibalas. Oleh karena itu, mematikan centang biru bisa jadi ajang balas dendam pada orang yang selama ini menghubungi jika hanya ada maunya saja.

Kalian bisa mematikan centang biru agar orang tersebut mengira kalian tak membaca pesannya. Padahal, kalian sudah membaca semuanya dan tak membalas hanya untuk melampiaskan rasa sakit hati saja.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti last seen dan centang biru di WhatsApp yang kerap dimatikan oleh para penggunanya.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI