Cara Agar HP Tidak Disadap untuk Lindungi Data Pribadi, Ketahui Langkah-langkah Mengatasinya

Minggu, 16 Januari 2022 12:22
Cara Agar HP Tidak Disadap untuk Lindungi Data Pribadi, Ketahui Langkah-langkah Mengatasinya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Di zaman modern seperti sekarang, ada banyak kejahatan yang bisa dilakukan lewat gawai seperti hp. Penyadapan adalah salah satunya. Biasanya penyadapan dilakukan untuk memata-matai atau mencuri data pribadi. Maka dari itu, penting untuk tahu cara agar hp tidak disadap untuk mengantisipasi penyadapan.

Tindakan penyadapan biasanya dilakukan secara diam-diam. Oleh sebab itu, kebanyakan orang tidak sadar ketika hp-nya telah disadap. Sehingga terkadang, penyadapan bisa berjalan lama. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara agar hp tidak disadap. Penasaran, bagaimana saja caranya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara agar hp tidak disadap orang lain.

1. Cara Agar HP Tidak Disadap

Menjaga keamanan data pribadi di hp dari bahaya penyadapan saat ini jadi hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya penyadapan dan pencurian data pribadi, berbagai kejahatan dan kerugian yang lebih besar bisa terjadi. Untuk mewujudkannya, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Dilansir dari techwalla.com, berikut cara agar hp tidak disadap.

1. Matikan HP Sesekali

Mematikan hp sesekali waktu ternyata bisa jadi satu cara agar hp tidak disadap. Langkah sederhana ini ternyata bisa mencegah aktivitas menyadap yang berjalan konsisten, terlebih via pesan sms, chat, atau telepon. Selain itu mematikan hp, juga diyakini bisa menghalangi kerja aplikasi penyadap.

2. Matikan Koneksi Bluetooth dan GPS yang Mencurigakan

Aplikasi penyadap biasanya bekerja melalui sistem koneksi bluetooth. Meski begitu, terkadang aplikasi penyadap tetap bisa bekerja secara diam-diam. Selain bluetooth, matikan pula koneksi GPS dari perangkat yang tak dikenal. Sebab, hal ini bisa jadi awal dari penyadapan lokasi. Jadi, matikan koneksi bluetooth yang mencurigakan untuk menghindari penyadapan.

3. Menghubungi Pihak Provider

Setiap komunikasi via telepon atau sms berada di bawah pengawasan pihak provider. Oleh sebab itu, cara agar hp tidak sadap bisa dilakukan dengan menghubungi pihak provider. Pertanyakan apakah ada aktivitas yang mencurigakan dari nomor hp kalian. Jika perlu, kalian bisa meminta pihak provider untuk menghapus riwayat panggilan dan telepon untuk tindakan pencegahan ekstra.

4. Menginstal Aplikasi Khusus

Cara agar hp tidak dicegah juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus. Saat ini, terdapat beberapa program anti-virus dan anti-spyware untuk hp. Kalian bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sebagai langkah pencegahan tindak penyadapan.

2. Cara Mengetahui HP Disadap

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penyadapan hp bisa terjadi secara diam-diam. Bahkan, terkadang penyadapan baru diketahui setelah beberapa waktu berjalan. Maka dari itu, selain tahu cara agar hp tidak sadap, kalian perlu juga untuk tahu tanda-tanda saat hp disadap. Ada beberapa cara mengetahui hp disadap, berikut beberapa di antaranya.

1. Sering kali muncul spam atau iklan aneh di hp

Sering bermunculannya spam dan iklan aneh bisa jadi salah satu tanda hp kalian disadap. Pasalnya, iklan dan spam bisa membawa malware yang salah satu fungsinya adalah untuk menyadap. Biasanya, iklan dan spam ini relatif sulit untuk dihilangkan. Jadi jika kalian menjumpai banyaknya iklan aneh dan spam, kalian patut curiga.

2. Mendapatkan sms atau chat aneh

Selain spam berupa iklan, terkadang spam tanda penyadapan juga bisa berupa sms atau chat yang aneh. Dalam hal ini keanehan spam sms ini tidak saja terletak dari isinya. Melainkan juga jenis font yang digunakan.

3. Baterai Cepat Habis

Beberapa orang menyadap dengan cara memasang aplikasi di hp secara diam-diam. Maka dari itu, aktivitas penyadapan sering kali menyedot daya baterai lebih besar. Itu artinya, hp yang disadap dengan aplikasi umumnya akan lebih cepat habis baterainya.

4. Kinerja HP Lemot

Pemasangan aplikasi penyadap juga bisa berimbas pada kinerja hp seseorang. Aplikasi umumnya berukuran besar. Hal ini membuat hp yang dipasangi aplikasi penyadap akan cenderung bekerja lebih lemot dari biasanya.

5. Kuota Internet Cepat Habis

Selain baterai cepat habis, kegiatan penyadapan juga bisa berakibat pada pemborosan kuota. Sebab, aplikasi penyadapan akan mengirimkan data kepada penyadap secara konstan. Hal ini tentu akan berimbas pada kuota yang jadi lebih cepat habis.

3. Cara Mengatasi HP yang Disadap

Cara agar hp tak sadap bisa berguna sebagai langkah antisipasi. Lantas, bagaimana jika mendapati ternyata hp kita yang sudah disadap? Apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir, ternyata ada beberapa hal yang masih bisa dilakukan untuk mengatasi hp yang disadap. Berikut beberapa di antaranya.

1. Lakukan Factory Reset

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp disadap adalah dengan melakukan factory reset. Seperti yang kita tahu, factory reset akan mengembalikan hp ke settingan awal. Factory reset juga akan membersihkan hp dari berbagai aplikasi termasuk aplikasi penyadap.

2. Nonaktifkan Sementara

Jika kalian mendapati hp disadap melalui media sosial atau aplikasi chat. Ada baiknya, sementara waktu untuk menonaktifkan akun kalian lebih dahulu. Dengan begitu, aktivitas penyadapan yang dilakukan orang lain juga otomatis akan terhenti.

3. Aktifkan Verifikasi

Selain menonaktifkan akun, kalian juga perlu melakukan aktivasi verifikasi. Dengan mengaktifkan verifikasi, data pribadi di hp kalian akan lebih aman dari jangkauan penyadap atau hacker.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara agar hp tak disadap hingga tanda-tandanya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan kita lebih waspada!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI