Cara Reset Meteran Listrik Pulsa dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan Saat Darurat


Berita | Rabu, 23 Maret 2022 12:44

Kapanlagi.com - Pemakaian meteran listrik pulsa memberikan kemudahan bagi penggunanya. Dengan meteran listrik pulsa, pemilik rumah bisa melakukan kontrol kebutuhan listriknya setiap saat. Sehingga, pengguna tak perlu khawatir listrik mati karena kehabisan pasokan pulsa listrik. Selain itu, ketika terjadi masalah atau eror, pengguna juga bisa melakukan cara reset meteran listrik pulsa untuk mencoba memperbaikinya.


Ya, dalam beberapa kondisi, meteran listrik pulsa memang bisa direset ke pengaturan awal. Layaknya, handphone, laptop, atau gawai lainnya, melakukan reset bisa jadi solusi saat meteran listrik mengalami eror. Cara reset meteran listrik pulsa sebenarnya juga sangatlah mudah, tapi masih banyak pengguna yang tidak tahu langkah-langkah untuk melakukannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara reset meteran listrik pulsa yang sebenarnya bisa dilakukan saat darurat secara mudah dan praktis.

1 dari 4 halaman

1. Manfaat Reset Meteran Listrik Pulsa

Tak banyak yang tahu ternyata cara reset meteran listrik pulsa merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Seperti yang telah disinggung di awal, mereset meteran listrik bisa jadi cara untuk mengatasi eror. Jadi jika sewaktu-waktu listrik di rumah tidak bisa digunakan dan pada meteran tertulis "Eror" atau "Periksa", maka reset meteran listrik mungkin harus segera dilakukan.

Ketika meteran listrik eror, tak hanya aliran listrik ke rumah yang akan terganggu. Pengguna juga tidak akan bisa memasukkan kode pengisian pulsa listrik yang baru. Sehingga dengan kata lain, sebelum melakukan reset meteran listrik, aliran listrik di rumah akan padam sementara waktu. Itulah sebabnya, penting untuk tahu cara reset meteran listrik pulsa.

 

2 dari 5 halaman

2. Penyebab Meteran Listrik Eror

(credit: unsplash)

Sebelum tahu tata cara reset meteran listrik pulsa, tentu kalian juga perlu mengetahui apa saja penyebab meteran di rumah harus direset. Ya, ternyata ada beberapa hal yang diyakini bisa jadi penyebab meteran listrik eror sehingga harus direset. Sebagai pengetahuan tambahan, saat butuh direset, biasanya pada meteran akan muncul tulisan "Eror" atau "Periksa".

Adapun beberapa penyebab meteran listrik pulsa harus direset adalah sebagai berikut.

- Pertama, jaringan instalasi dalam rumah dalam kondisi kurang baik, bahkan bisa membahayakan keselamatan. Sehingga, kondisi meteran yang eror bisa jadi pertanda bahwa aliran listrik di rumah harus segera dicek ulang petugas PLN.

- Penyebab lainnya penggunaan kabel instalasi di rumah yang mungkin tidak memenuhi standar.

- Server PLN yang sedang mengalami eror.

- Meteran listrik pulsa yang terlalu sensitif pada jaringan. Biasanya hal ini terjadi ketika penggunaan melebihi limit KwH.

- Kondisi kabel grounding yang longgar atau tidak pas sesuai standar.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Cara Reset Meteran Listrik Pulsa

(credit: unsplash)

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, bahwa cara reset meteran pulsa listrik sebenarnya sangat mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan kode khusus pada meteran listrik pulsa. Namun, sebelum melakukannya ternyata ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara reset meteran listrik pulsa.

1. Matikan dan Cabut Semua Alat Elektronik

Sebelum memulai cara reset meteran listrik pulsa, terlebih dahulu kalian harus mematikan dan mencabut semua alat elektronik yang ada di rumah. Sebab apabila masih ada alat elektronik yang menyala atau mencolok pada stop kontak, itu artinya arus listrik masih akan mengalir. Sehingga, meteran listrik akan tetap menghitung pengeluaran listrik dan alat elektronik dapat tetap menyala.

Selain itu, kalian harus benar-benar memastikan semua alat elektronik sudah mati dan dicabut. Sebab jika tidak, melakukan reset meteran bisa berisiko pada kerusakan alat elektronik yang tetap menyala atau mencolok pada stop kontak.

2. Masukkan Kode Reset

Setelah dipastikan tidak ada alat elektronik yang menyala dan semua telah dicabut dari stop kontak, langkah berikutnya ialah memasukkan kode reset ke meteran. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Sebelumnya, silakan matikan meteran kira-kira selama 15 menit.

- Setelah 15 menit, hidupkan kembali meteran.

- Masukan kode 00 untuk memulai cara reset meteran listrik pulsa.

- Jika tidak yakin untuk melakukannya sendiri, kalian bisa menghubungi petugas PLN di nomor 123. Petugas PLN akan datang dan melakukan reset pada meteran listrik pulsa di rumah kalian.

 

4 dari 5 halaman

4. Kode Rahasia Meteran Listrik Pulsa

(credit: unsplash)

Selain kode 00 untuk cara reset meteran listrik pulsa, ternyata masih ada beberapa kode rahasia lainnya. Kode-kode ini bisa digunakan di saat darurat sesuai dengan fungsinya. Berikut beberapa kode rahasia meteran listrik pulsa.

3 Enter = total kwh listrik yang telah digunakan

7 Enter = batas kwh

9 Enter = data yang digunakan

41 Enter = voltase listrik

44 Enter = ampere yang sedang dipakai

47 Enter = data yang sedang dipakai

54 Enter = kode token terakhir

59 Enter = jumlah kwh pengisian terakhir

69 Enter = counter jumlah berapa kali mati

75 Enter = cek ID meter PLN Prabayar

78 Enter = cek delay alarm dalam menit

79 Enter = cek batas minimal alarm

123xx Enter = mengubah delay alarm, misalnya 12345 untuk 45 menit

456xx Enter = mengubah batas minimal alarm, misalnya 45610 untuk sisa 10 kwh

Itulah di antaranya ulasan tentang cara reset meteran listrik pulsa dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait