Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar Beserta Ketentuan dan Keuntungannya

Rabu, 08 Desember 2021 17:44 Penulis: Dhia Amira
Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar Beserta Ketentuan dan Keuntungannya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Listrik menjadi salah satu kebutuhan manusia. Hal ini karena semua kegiatan manusia terhubung dengan listrik. Di Indonesia sendiri ada dua jenis listrik yang digunakan, pertama listrik prabayar dan listrik pascabayar. Bagi kalian yang menggunakan listrik prabayar, begini cara mengisi pulsa listrik prabayar.

Bahkan kalian yang ingin mengganti listrik menjadi prabayar, ada pula ketentuan dan keuntungannya bila menggunakan listrik prabayar. Bahkan saat ini pembayaran listrik sudah dipermudah dengan kecanggihan teknologi. Sehingga kalian tidak perlu repot untuk mengisi pulsa prabayar atau biasa dikenal dengan listrik token.

Nah, untuk KLovers yang penasaran dengan bagaimana cara mengisi pulsa listrik prabayar yang mudah dan praktis. Berikut ini tahapan dan cara mengisi pulsa listrik prabayar beserta dengan ketentuan dan keuntungannya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Ketentuan Menggunakan Listrik Prabayar

Sebelum mengetahui cara mengisi pulsa listrik prabayar, maka kalian perlu tahu nih ketentuan apa saja yang perlu kalian lakukan bila menggunakan listrik prabayar. Dan berikut ini beberapa ketentuan yang peru kalian ketahui dan pahami dalam menggunakan listrik prabayar:

1. Pada sistem listrik pintar, pelanggan terlebih dahulu membeli pulsa (voucher/token) listrik isi ulang melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online.

2. Token atau pulsa listrik yang terdiri dari 20 digit angka ini dimasukkan atau diinput ke dalam kWh Meter khusus yang disebut Meter Prabayar (MPB).

3. Layar MPB akan menyajikan sejumlah informasi penting yang langsung bisa diketahui dan dibaca oleh pelanggan terkait dengan penggunaan listriknya, seperti jumlah energi listrik (kWH) yang sudah terpakai selama ini, jumlah energi listrik yang sedang terpakai saat ini, dan jumlah energi listrik yang masih tersisa.

4. Persediaan kWh tersebut bisa ditambah berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

5. Jika energi listrik yang tersimpan di MPB sudah hampir habis, maka MPB akan memberikan sinyal awal agar segera dilakukan pengisian ulang.

6. Pelanggan juga dapat mengoptimalkan konsumsi listrik dengan mengatur sendiri jadwal dan jumlah pembelian listrik.

2. Keuntungan Menggunakan Listrik Prabayar

Tidak hanya mengetahui ketentuan dalam penggunaan listrik prabayar, kalian juga bisa mengetahui keuntungan menggunakan listrik prabayar. Ya, keuntungan dalam menggunakan listrik prabayar tentu banyak loh KLovers. Dan berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan bila menggunakan listrik prabayar:

1. Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik

Melalui meter elektronik prabayar, pelanggan dapat memantau pemakaian listrik sehari-hari dan setiap saat. Di meter tersebut tertera angka sisa pemakaian kWh terakhir. Bila dirasa boros, pelanggan dapat mengerem pemakaian listriknya.

2. Privasi lebih terjaga

Bagi pelanggan yang menginginkan kenyamanan lebih, Listrik Pintar tidak akan membuat pelanggan menunggu dan membukakan pintu untuk petugas pencatatan meter, karena meter prabayar secara otomatis mencatat pemakaian listrik pelanggan.

3. Mudah dalam pembayaran listrik

Saat ini pembelian token atau pulsa Listrik (voucher) Pintar sudah bisa didapatkan di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Selain itu bisa juga didapatkan di loket pembayaran listrik online.

4. Tidak akan terkena biaya keterlambatan

Tidak ada lagi biaya tambahan bayar listrik dikarenakan terbebani biaya keterlambatan akibat lupa bayar tagihan listrik.

5. Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja

Dengan nilai Pulsa Listrik (voucher) bervariasi mulai Rp 20.000 s.d. Rp 1.000.000 memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

3. Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar

Nah, bila kalian sudah mengetahui ketentuan dan keuntungan dalam menggunakan listrik prabayar. Maka berikut ini cara mengisi pulsa listrik prabayar yang bisa kalian lakukan. Biasanya bila kalian sudah membayar untuk mendapatkan kode token, maka kalian bisa melakukan beberapa tahapan ini. Berikut beberapa cara mengisi pulsa listrik prabayar:

1. Cara yang pertama yaitu, setelah kalian mendapatkan struk yang berisi 20 angka kode token listrik. Maka kalian bisa masukkan 20 angka kode token listrik pada struk tersebut ke meteran listrik.

2. Kalian bisa langsung ketikkan 20 angka token listrik lalu tekan tombol "enter".

3. Jika salah mengetikkan kode token, cukup hapus dengan menekan tombol "backspace".

4. Setelah memasukkan 20 angka dan menekan "enter", maka akan muncul tulisan "Benar" atau "Accept". Bila sudah maka kode yang kalian masukkan benar dan kemudian akan ditampilkan pada layar MPB jumlah nilai kwh dan daya yang kalian beli.

5. Jika setelah masukkan 20 angka token listrik dan muncul tulisan "Salah" atau "Reject", maka ada kemungkinan kalian salah memasukkan 20 angka token pulsa tersebut. Cobalah untuk memasukkannya kembali.

4. Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar dengan MBangking

Bagaimana sih cara mendapatkan kode token listrik prabayar? Ya, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, salah satunya dengan menggunakan MBangking. Berikut ini ada beberapa cara mengisi pulsa listrik prabayar dengan menggunakan MBangking:

1. Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking Mandiri

- Pertama buka aplikasi Mandiri Online. Login dengan Username dan Password kalian. Jika belum memiliki aplikasi Mandiri Online, kamu bisa mengunduhnya terlebih dulu secara gratis.

- Masuk ke menu Beli.

- Tap di menu Buat Pembelian Baru, kemudian pilih PLN Prabayar.

- Tentukan "Rekening Sumber" yang akan kalian pakai, lalu tap isian "Penyedia Jasa".

- Pada pilihan "Penyedia Jasa", pilih PLN Prabayar.

- Masukkan IDPEL/No. Meter kalian, tentukan Nominal Token dan pilih Lanjut.

- Transaksi selesai setelah kalian Konfirmasi dan memasukkan MPIN.

2. Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking BNI

- Buka aplikasi. Bila menu utama muncul pilih "Pembelian".

- Selanjutnya pilih opsi "Token Listrik".

- Kemudian pilih "Beli Token PLN Prepaid".

- Kamu harus memasukkan nomor ID Pelanggan/Nomor meter. Pilih juga nominal token listrik yang ingin dibeli.

- Klik proses, minimal jumlah pembelian Rp20.000.

- Nanti akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah akan mengirim token listrik ke nomor meter tersebut. Pilih "Yes" bila kamu yakin.

- Kemudian kamu akan menerima SMS dari 3346 yang meminta memasukkan nominal token listrik diikuti dua angka pin SMS Banking BNI secara acak.

- Transaksi dinyatakan berhasil bila kamu telah menerima kode voucher token listrik yang bisa dimasukkan ke meteran listrik.

3. Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking BRI

- Buka aplikasi Mobile Banking BRI. Daftar menu akan muncul dan pilih opsi "Isi Ulang".

- Selanjutnya, pilih "PLN".

- Pilih jenis transaksi "PLN Prabayar".

- Kemudian masukkan ID pelanggan/nomor meteran prabayar.

- Pilih nominal token listrik yang akan dibeli mulai Rp20.000 hingga Rp1 juta. Setelah itu klik "OK".

- Masukkan PIN dan tekan "Send". Aplikasi akan mengonfirmasi apakah kamu akan melakukan transaksi menggunakan SMS. Klik saja "Ok".

- Setelah transaksi berhasil, cek kotak masuk SMS di HP.

- Akan ada SMS dari BRI yang disertai dengan identitas rekening PLN Prabayar serta kode voucher token listrik sebanyak 20 digit.

- Kode voucher ini bisa digunakan untuk menambah token listrik di rumah sehingga listrik akan terus menyala.

4. Cara Isi Pulsa Listrik dengan m-Banking BCA

- Pilih m-Commerce pada menu utama BCA Mobile.

- Pilih PLN Prabayar,

- Masukkan nomor meter/IDPEL.

- Pilih nominal pulsa token.

- Konfirmasi Pembelian lalu klik "Ok".

Itulah beberapa cara mengisi pulsa listrik prabayar yang bisa kalian gunakan dengan mudah dan praktis. Bukan hanya cara mengisi pulsa listrik prabayar saja, kalian juga bisa mengetahui ketentuan dan keuntungan dalam menggunakan listrik prabayar. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI