Keistimewaan Weton Sabtu Wage Menurut Primbon Jawa, Ketahui Watak, Karier, dan Nasib Percintaan!


Berita | Selasa, 19 September 2023 16:44

Kapanlagi.com - Sebagai orang Indonesia, terutama yang berasal dari Jawa, wajar jika kalian masih mempercayai soal primbon. Primbon sendiri merupakan salah satu warisan leluhur yang masih banyak dijadikan rujukan untuk mencari hari baik hingga kini. Oleh karena itu, wajar pula jika kalian penasaran dengan keistimewaan weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa.


Terlebih jika itu merupakan hari kelahiran kalian sendiri atau orang terdekat. Mengetahui watak, karier, dan nasib percintaan weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa bisa menjadi hal yang menarik. Meski tak selalu benar seratus persen, ramalan tersebut bisa dianggap sebagai suatu hal untuk meningkatkan kewaspadaan.

Nah, jika kalian penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang keistimewaan weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Watak Weton Sabtu Wage Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Watak Weton Sabtu Wage (Credit: Unsplash)

Sebagai orang yang lahir di hari Sabtu Wage, wajar jika kalian penasaran dengan ramalan watak yang melekat dengan diri kalian. Watak weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa diibaratkan seperti Lakuning Lintang. Maksudnya, orang ini merasa senang untuk menghabiskan waktunya sendiri. Bisa dibilang jika orang ini merupakan pribadi yang introvert.

Sayangnya, karena punya watak pendiam dan menyendiri, orang ini kerap disalahpahami hingga dipandang sebelah mata. Bahkan terkadang bisa juga diejek. Kemungkinan, kalian yang lahir dengan weton ini juga akan jadi bahan gosip hingga mendapat fitnah dari orang sekitar.

Meski begitu, di sisi lain weton ini bukan tipe pendendam, justru cenderung penyebar. Oleh karena itu, ia tak akan merasa takut saat dijauhi atau tidak punya teman. Selain kuat, dia juga pribadi yang mandiri dan punya kecerdasan dalam mengatur keuangan. Tak heran jika dia juga punya kemampuan untuk menolong sesama dengan harta yang dimiliki.

Meski punya watak dan kelebihan seperti di atas, kalian yang lahir di hari Sabtu Wage juga diramalkan punya kekurangan. Kekurangan ini terletak pada sifat yang pelupa. Terkadang, kalian juga bisa berubah menjadi emosional, tinggi hati, dan suka membantah. Oleh karena itu, kalian perlu berhati-hati dan waspada dalam mengendalikan emosi.

 

 

2 dari 7 halaman

2. Karier Weton Sabtu Wage Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Karier Weton Sabtu Wage (Credit: Unsplash)

Selain watak, kalian mungkin juga penasaran dengan rezeki atau karier weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa. Berdasarkan wataknya, kalian akan lebih suka menjalani pekerjaan yang tetap dengan gaji pasti. Memilih profesi di sebuah perusahaan atau instansi bisa jadi keputusan yang tepat.

Beberapa profesi yang bisa kalian jalani antara lain, polisi, TNI, PNS, dan karyawan swasta.

Hal ini tidak melulu benar seratus persen hingga menutup kemungkinan bagi kalian dalam membuka usaha sendiri. Namun, akan terasa lebih mudah bagi kalian untuk menerima perintah pekerjaan dari orang lain.

Meski begitu, weton ini tetap punya keistimewaan dalam hal mencari rezeki. Kalian tipe orang yang giat bekerja dan bisa dibilang pandai mencari uang. Perlu kalian ketahui bahwa arah keberuntungan weton ini bertempat di Barat daya serta Timur laut.

 

 

3 dari 7 halaman

3. Rezeki Weton Sabtu Wage Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Rezeki Weton Sabtu Wage (Credit: Unsplash)

Neptu 13 yang dimiliki Sabtu Wage terbilang cukup besar karena lebih dari 10. Hal ini berasal dari hitungan Sabtu (9) dan Wage (4). Rezeki weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa diibaratkan seperti tunggak semi yang artinya mudah mendapatkan keberuntungan.

Selain itu, weton Sabtu Wage juga diyakini mampu meningkatkan perekonomian keluarga dengan catatan bahwa weton ayah atau kakaknya lebih kecil daripada weton Sabtu Wage. Pasalnya, neptu weton ini bisa dikatakan besar.

Sayangnya, weton ini juga bisa berpeluang menurunkan perekonomian keluarga jika lebih sedikit dari weton ayah atau kakaknya.

Misalnya, jika neptu weton ayah atau kakak pertama kalian lebih kecil dari 13, kelahiran kalian dipercaya akan membawa keberkahan bagi keluarga. Sebaliknya, jika neptu weton ayah atau kakak kalian lebih dari 13, kelahiran kalian dipercaya bisa membuat keluarga mengalami kemunduran dalam hal ekonomi.

 

 

4 dari 7 halaman

4. Nasib Percintaan Weton Sabtu Wage Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Nasib Percintaan Weton Sabtu Wage (Credit: Unsplash)

Selanjutnya, ada ramalan mengenai nasib percintaan weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa. Orang yang lahir dengan weton ini diyakini punya karakter yang sangat setia dan murah hati sebagai pasangan. Ia juga mempunyai bakat luar biasa untuk mengontrol rumah tangga.

Menurut hitungan weton, kalian akan cocok jika memiliki pasangan yang memiliki neptu weton 11 atau 16.

Weton yang punya neptu di atas antara lain, Senin Pon, Selasa Kliwon, Jumat Legi, Rabu Wage, Rabu Pahing, Sabtu Pon, dan Kamis Kliwon. Jika berhasil menemukan seseorang dengan weton di atas, kehidupan percintaan kalian diramalkan akan bahagia dan mampu melengkapi satu satu sama lain.

 

 

5 dari 7 halaman

5. Hari Baik Sabtu Wage

Ilustrasi Hari Baik Sabtu Wage (credit: unsplash)

Menurut Primbon Jawa, setiap weton mempunyai hari-hari tertentu yang dianggap baik dan membawa keberuntungan. Adapun beberapa hari yang dianggap sebagai hari baik atau pembawa keberuntungan bagi pemilik weton Sabtu Wage, di antaranya hari Rabu Pon, Kamis Wage, Jumat Kliwon, Sabtu Legi, Minggu Pahing, Senin Pon, Selasa Wage, dan Rabu Kliwon.

Pada hari-hari yang dianggap baik itu, orang yang lahir pada weton Sabtu Wage dipercaya bakal mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Hari-hari beruntung tersebut bisa jadi waktu yang terbaik dan paling tepat untuk memulai usaha dan melakukan berbagai hal penting lainnya. Selain itu, jika di hari-hari itu pemilik weton Sabtu menjalankan suatu ujian, maka besar kemungkinan akan berhasil dengan hasil yang memuaskan.

6 dari 7 halaman

6. Hari Buruk Sabtu Wage

Ilustrasi Hari Buruk Sabtu Wage (credit: unsplash)

Sebaliknya, jika ada hari-hari yang dianggap baik, maka tentu ada pula hari-hari yang dianggap buruk karena diyakini bisa membawa kesialan. Untuk weton Sabtu Wage ada baiknya menghindari melakukan berbagai kegiatan-kegiatan penting seperti pernikahan, pertunangan, pindahan rumah, dan sebagainya di hari-hari tersebut. Namun jika terpaksa harus mengadakan kegiatan tersebut di hari-hari sial, ada baiknya untuk melakukan sebuah tirakat terlebih dahulu.

Adapun menurut kamus dalam kitab primbon Jawa kuno, weton Sabtu Wage mempunyai hari sial yang jatuh pada hari kelahirannya sendiri, yaitu Sabtu Wage. Selain itu hari-hari lain yang bisa dikatakan sebagai hari sial bagi weton Sabtu Wage salah satunya pada hari wetonnya sendiri, Sabtu Wage. Selain itu, hari-hari Selasa Legi, Selasa Pahing, Kamis Legi, Kamis Pahing, Kamis Kliwon, dan Kamis Pon juga dianggap kurang baik untuk pemilik weton Sabtu Wage.

Nah, KLovers, itulah keistimewaan weton Sabtu Wage menurut primbon Jawa untuk watak, karier, dan nasib percintaan yang perlu kalian ketahui.

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait